Sebanyak 29.786 Peserta Mengikuti UTBK 2024 di UNS

Oleh Admin pada 2024-04-30

 

Siaran Pers
Nomor: 41/HUMAS/UNS/IV/2024
Selasa, 30 April 2024

Sebanyak 29.786 Peserta Mengikuti UTBK 2024 di UNS

UNS — Sebanyak 29.786 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. UNS merupakan salah satu dari 74 Pusat UTBK di Indonesia. UTBK ini digelar serentak secara nasional untuk menseleksi calon mahasiswa baru PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Ketua Pusat UTBK UNS sekaligus Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S., menyampaikan bahwa UNS saat ini menyelenggarakan UTBK di 14 lokasi yang tersebar di kampus-kampus UNS, termasuk di Kampus Mesen dan di Kampus Pabelan.

“Kami bertugas menyelenggarakan ujian sebanyak 14 sesi di Gelombang I dan 14 sesi di Gelombang II. Total kapasitas ruang ujian kami sebanyak 1.125 peserta per sesi, termasuk di antaranya ada ruang khusus untuk peserta dengan kebutuhan khusus,” papar Yunus. 

Sesuai jadwal, UTBK Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) akan diselenggarakan dalam dua gelombang yaitu gelombang 1 yang digelar pada 30 April dan 2-7 Mei 2024 serta gelombang 2 yang akan diselenggarakan pada 14-20 Mei 2024. Pelaksanaan UTBK SNBT 2024 di UNS dibagi menjadi dua sesi setiap hari. Sesi pagi dimulai dari pukul 06.45 WIB hingga 10.30 WIB. Sementara itu sesi siang diawali pukul 12.30 WIB hingga 16.15 WIB (kecuali hari Jumat, pukul 13.15 WIB hingga 17.00 WIB). Adapun Materi ujian UTBK tahun ini meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS), literasi dalam Bahasa Indonesia, literasi dalam Bahasa Inggris dan penalaran Matematika. 

Ditemui di sela-sela melakukan monitoring pelaksanaan UTBK, Plt. Rektor UNS, Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H. menyatakan, fasilitas ruang ujian yang disediakan oleh panitia sudah sangat memadai, sehingga peserta dapat nyaman dalam mengerjakan soal-soal UTBK. “Panitia juga sudah menyiapkan komputer cadangan di setiap ruang ujian,” terang Dr. Chatarina.
UNS juga memberikan perhatian khusus terhadap para peserta berkebutuhan khusus dengan menyediakan fasilitas ujian yang ramah dengan kondisi mereka. Terdapat 5 orang peserta tuna netra yang terdaftar di Pusat UTBK UNS. Mereka akan mengikuti ujian pada Hari Kamis, 2 Mei 2024 sesi 3 pukul 06.45 WIB di UPT TIK - Laboratorium Komputer 2 UNS. 

Turut hadir dalam monitoring pelaksanaan UTBK diantaranya Plt. Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S.; Plt. Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Irwan Trinugroho, S.E., M.Sc.. Ph.D.; Kepala UPT SPMB UNS, Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, M.Si.; dan para pimpinan UNS lainnya. Mereka melakukan monitoring di seluruh lokasi yang digunakan sebagai lokasi UTBK. 
“Sesi pertama hari ini diikuti oleh 1.060 peserta dari total 1.105 peserta yang terdaftar. Ada 45 peserta atau 4,07% yang tidak hadir mengikuti ujian,” papar Dr. Chatarina. 

Dr. Chatarina berpesan kepada seluruh peserta untuk tidak tergiur dengan oknum yang menjanjikan diterima pada program studi tertentu dengan membayar sejumlah uang.  “UTBK SNBT dilaksanakan dengan akuntabel dan transparan. Jangan percaya kalau ada yang mengiming-imingi dengan membayar sejumlah uang lalu diterima. Kami berharap semua peserta UTBK tidak percaya dengan tawaran tersebut dan melakukan proses UTBK sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku,” tambah Dr. Chatarina.

Untuk mengantisipasi perjokian, panitia UTBK di UNS memastikan peserta yang mengikuti UTBK sesuai dengan foto kartu peserta. “Sebelum masuk, peserta kami periksa dengan metal detector, dan kami pastikan kesesuaian foto pada kartu peserta dengan kartu identitas maupun wajah peserta. Kita akan menindak tegas jika ketahuan ada perjokian dalam pelaksanaan UTBK ini,” imbuhnya.

Dr. Chatarina berharap, pelaksanaan UTBK SNBT tahun 2024 di UNS baik gelombang 1 maupun gelombang 2 dapat berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan suatu apapun. “Saya berharap semoga UTBK lancar, tidak ada gangguan sampai gelombang 2 nanti,” pungkasnya. HUMAS UNS


https://uns.ac.id/
https://www.instagram.com/uns.official/
https://twitter.com/11MaretUniv
https://www.facebook.com/UNSOfficial/ 

#uns 
#universitassebelasmaret