Program studi S2 Fisika, Program Pascasarjana (PPs) Universitas Sebelas Maret (UNS) didirikan berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 2360/D/T/2008. Kegiatan akademik dimulai sejak tahun ajaran 2008/2009. Prodi S2 Fisika PPs UNS telah terakreditasi oleh BAN-PT dengan akreditasi A berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 2612/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2017 yang berlaku sejak tanggal 1 Agustus 2017 sampai dengan 1 Agustus 2022. Kegiatan akademik  dimulai tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah mahasiswa angkatan pertamanya 12 mahasiswa. Sampai akhir tahun ajaran 2016 kita sudah meluluskan lebih dar 60  mahasiswa dan sudah bekerja di perbagai lembaga khususnya di dunia pendidikan.

          Selama kurun waktu sekitar 8 tahun berdirinya PS ini, tentu mengalami pasang surut dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui proses pembelajaran.  Akan tetapi usaha usaha positif telah dilakukan untuk tetap ikut berpatisipasi dalam memajukan dunia pendidikan yang telah diamanatkan oleh  UUD 1945 hasil amandemen dimana  para penyelenggara Negara untuk menambah porsi anggaran pendidikan 20%  dalam rangka menciptakan SDM yang handal melalui pembelajaran dan penelitian.  

          Itu semua bias dicapai jika PS selalu mengikuti perkembangan yang ada di dunia pendidikan khususnya yang menyangkut perubahan kurikulum yang berbasis kompetensi yang dikenal sebagai  KBK ke sistem  Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia  (KKNI).  Dalam sistem KKNI PS Pascasarjana khusus Magister  masuk pada level ke 8. Pada level ini PS selalu memperhatikan capaian lulusan yang sesuai harapan yaitu mencakup Sikap, Pengetahuan, dan Ketrampilan Umum dan Khusus. 

         Dalam kurun waktu 8 tahun sejak berdirinya PS ini telah memberikan konstribusi karya ilmiah baik berupa jurnal maupun prosiding yang berindeks scopus lebih dari 100 dan non scopus lebih dari 200. Disamping itu PS ini telah menghasilkan 4 hak paten dalam bidang material dan optik.

Visi

Mampu menghasilkan lulusan yang unggul dalam pengembangan ilmu-ilmu fisika dengan berorentasi pada hasil penelitian di tingkat nasional dan internasional pada tahun 2025

  1. Menyelenggarakan sistem pembelajaran yang berorentasi pada pengembangan keilmuan fisika
  2. Menyelenggarakan pengembangan keilmuan melalui penelitian yang bersifat aplikatif dan teoritis
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil pengembangan keilmuan yang bersifat terapan

Informasi Umum

Kepala Program Studi

Prof. Drs. Cari, M.A., M.Sc., Ph.D.