Persaingan global, baik di tingkat ASEAN maupun dunia terpacu oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cepat. Globalisasi juga berdampak pada "borderless world", sehingga persaingan sumberdaya manusia (SDM) menjadi sangat ketat, termasuk SDM bidang pertanian. Hal ini merupakan ancaman yang perlu disikapi secara serius, yakni dengan menyiapkan kebutuhan SDM bidang pertanian yang unggul. Atas dasar pemikiran tersebut, Pascasarjana UNS membuka Program Studi S3 Ilmu Pertanian berdasarkan Ijin Penyelenggaraan: Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 274/E/O/2011.

Visi

Mewujudkan pendidikan Doktor (S3) ilmu pertanian yang unggul dan bereputasi internasional dalam penyelenggaraan pembelajaran dan penelitian bidang pertanian berbasis lingkungan tropika.

1. Menyelenggarakan pembelajaran bidang Ilmu Pertanian guna meningkatkan kompetensi dan kemandirian mahasiswa melalui peningkatan pengetahuan dan teknik terdepan bidang Ilmu Pertanian.
2. Menyelenggarakan penelitian melalui pemecahan permasalahan kritis dan kompleks, baik dengan pendekatan mono atau multidisiplin guna mengembangkan pengetahuan dan teknologi baru di bidang pertanian lingkungan tropika.
3. Menyelenggarakan penyebarluasan pengetahuan dan teknologi bidang pertanian kepada masyarakat guna ikut mendorong peningkatan taraf dan kualitas kehidupan masyarakat.

Informasi Umum

Kepala Program Studi

Dr. Ir. Supriyadi, MS