Indonesia merupakan negara agraris yang mendasarkan kebutuhan pangan pada budidaya biomassa yang menggunakan tanah sebagai media tanam. Fakta menunjukkan bahwa mayoritas tanah pertanian di Indonesia telah terdegradasi dan produktivitas terus menurun. Degradasi tanah dan kerusakan lahan tidak hanya melanda Indonesia, namun juga sudah menjadi persoalan global. Kerusakan tanah dan lahan jika tidak dikendalikan akan mengakibatkan berbagai dampak negatif terhadap kehidupan manusia, seperti terjadinya bencana longsor, erosi, kekeringan, dan banjir. Degradasi tanah juga terdampak oleh perubahan iklim sehingga perlu upaya mitigasi dan adaptasi dalam pengelolaan tanah supaya produktivitas tanah tetap berlanjut dan ketahanan pangan tetap terpelihara. Jika ketahanan pangan sudah terancam maka akan muncul berbagai persoalan sosial. UUD 1945, Pasal 33 Ayat 3 menyebutkan bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Supaya dapat memberikan kemakmuran bagi rakyat secara berkelanjutan, tanah dan kekayaan yang terkandung di dalamnya harus dilestarikan. Pelestarian dan peningkatan fungsi tanah memerlukan Magister Ilmu Tanah.

Program Studi Magister Ilmu Tanah Universitas Sebelas Maret Surakarta memberikan kesempatan kepada lulusan Sarjana Ilmu Tanah ataupun program studi lain yang berkaitan dengan bidang Ilmu Tanah, seperti program studi di bidang Pertanian, Kehutanan, Perikanan, Peternakan, Teknologi Pertanian, Geografi, Kimia, Biologi, Ilmu Lingkungan, Perencanaan Pembangunan Wilayah, dan sebagainya, untuk melanjutkan studi sesuai dengan kompetensinya.

Program Studi Magister Ilmu Tanah UNS didirikan dengan tujuan untuk (1) Menghasilkan lulusan magister yang kompeten dan profesional di bidang Ilmu Tanah yang berkelanjutan berbasis Low External Input Sustainable Agriculture (LEISA) di kawasan tropis; (2) Menghasilkan karya penelitian yang inovatif dan unggul yang mampu menyelesaikan permasalahan di bidang Ilmu Tanah yang berkelanjutan berbasis Low External Input Sustainable Agriculture (LEISA) di kawasan tropis, dan (3) Menyebarluaskan hasil penelitian dalam bidang Ilmu Tanah yang berkelanjutan berbasis Low External Input Sustainable Agriculture (LEISA) di kawasan tropis.

Visi

Mengembangkan ilmu dan teknologi yang unggul pada tingkat nasional maupun internasional dalam bidang Ilmu Tanah yang berkelanjutan berbasis Low External Input Sustainable Agriculture (LEISA)  di kawasan tropis.

  1. Menyelenggarakan pendidikan magister yang berkualitas untuk menghasilkan Master  di bidang Ilmu Tanah yang berkelanjutan berbasis Low External InputSustainable Agriculture (LEISA)  di kawasan tropis.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu dan teknologi di bidang Ilmu Tanah yang berkelanjutan berbasis Low External InputSustainable Agriculture (LEISA)  di kawasan tropis.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil-hasil penelitian dalam bidang Ilmu Tanah yang berkelanjutan berbasis Low External InputSustainable Agriculture (LEISA)  di kawasan tropis.

Informasi Umum

Kepala Program Studi

Dwi Priyo Ariyanto, S.P., M.Sc., Ph.D.