Secara umum tujuan Program Studi Magister Pendidikan Kimia UNS adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang pendidikan kimia dengan kemampuan untuk menjadi pendidik, peneliti dan pengembang/tenaga ahli yang berkualifikasi magister dalam bidang pendidikan kimia.

Secara khusus tujuan Program Studi Magister Pendidikan Kimia UNS adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan penguasaan konsep-konsep dasar yang mantap dalam bidang pendidikan Kimia.
  2. Mampu meningkatkan pelayanan profesi pendidikan Kimia melalui penelitian dan pengembangan.
  3. Memiliki kemampuan melakukan penelitian ilmiah bidang pendidikan Kimia yang mandiri;
  4. Mampu menggunakan ilmu pendidikan Kimia untuk memecahkan permasalahan Kimia dalam masyarakat dengan pendekatan interdisipliner dan komparatif;
  5. Memiliki sikap kritis dan responsif terhadap perkembangan ilmu, dan pengetahuannya dapat dikomunikasikan baik dengan masyarakat akademik kampus maupun masyarakat umum
  6. Meningkatkan kemampuan dalam menganalisis masalah secara mendalam dan melakukan penelitian pada taraf yang lebih komprehensif serta dapat mengekspresikan buah pikirannya dalam karya ilmiah (jurnal) yang terakreditasi.
  7. Memberikan bekal ilmu pengetahuan dan kemampuan serta keterampilan yang cukup untuk melaksanakan penelitian dalam rangka studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (S3).

Visi

Sebagai Program Studi pembangun Menjadi Program studi bereputasi di tingkat internasional dengan berlandaskan pada nilai nilai luhur budaya nasional untuk menghasilkan tenaga pendidik, peneliti, dan pengembang dalam bidang pendidikan kimia yang profesional, cerdas, dan inovatif 

 

 

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pembelajaran, dan bimbingan secara efektif untuk menghasilkan tenaga pendidik kimia yang unggul, berdaya saing tinggi, mandiri dan berkepribadian. tenaga pendidik, peneliti, dan pengembang dalam bidang pendidikan kimia yang profesional, cerdas, dan inovatif.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi yang mendukung pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran  serta mampu menghasilkan berbagai inovasi dalam bidang pendidikan kimia.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai penerapan  hasil-hasil penelitian
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan lembaga terkait dalam rangka peningkatan tata kelola secara profesional, akuntable, dan transparan

Informasi Umum

Kepala Program Studi

Dr. Sri Yamtinah, M.Pd.