Prodi S2 Pendidikan Biologi bertujuan menghasilkan tenaga akademik yang profesional dalam bidang pendidikan Biologi yang memiliki kemampuan mengembangkan ilmunya dalam membina dan mengajar matakuliah bidang pendidikan Biologi serta pengembangan pendidikan Biologi.

Prodi S2 Pendidikan Biologi memiliki posisi strategis dalam bidang keilmuan Biologi maupun Pendidikan Biologi baik ditingkat nasional dan internasional. Prodi S2 Pendidikan Biologi berada pada ranah kajian ilmu Biologi dan ilmu Kependidikan. Namun, Prodi S2 Pendidikan Biologi memiliki kajian berbeda dibandingkan keilmuan Biologi atau Kependidikan. Imu Pendidikan Biologi mengkaji aspek bagaimana membelajarkan dan mendeseminasikan perkembangan keilmuan Biologi kepada siswa dan masyarakat. Menyadari pentingnya hal ini Pemerintah lewat Mata Pelajaran Biologi di Sekolah Dasar dan Menengah perlu membekali siswa dengan kajian-kajian Biologi. Dengan demikian, Prodi S2 Pendidikan Biologi memegang peran penting untuk menambah pengetahuan masyarakat terkait perkembangan kajian Biologi.

Keberadaan Prodi S2 Pendidikan Biologi di UNS memiliki peran penting baik ditingkat nasional maupun internasional. Ditingkat nasional, Prodi S2 Pendidikan Biologi UNS akan memiliki kekhususan yang berbeda dengan Prodi S2 Pendidikan Biologi di Universitas lain di Indonesia. Adapun kekhususan Prodi S2 Pendidikan Biologi UNS menekankan pada hal-hal berikut. (1) Pengembangan model-model pembelajaran Biologi inovatif berbasis karakteristik Biologi. (2) Pengembangan bahan ajar Biologi inovatif berbasis karakteristik Biologi. (3) Pengembangan autentik assesmen berbasis karakteristik Biologi. (4) Pemberdayaan soft skils masa depan seperti keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thingking Skills), metakognisi, kemandirian, dan lain-lain yang terintergrasi dalam kajian pendidikan Biologi secara holistik. (5) Mengintegrasikan kearifan lokal  “pendidikan jawa” dalam pendidikan dan pembelajaran Biologi.

Karakteristik khas prodi S2 pendidikan Biologi UNS ini didukung oleh keahlian dosen yang berada pada area keahlian pengkajian model pembelajaran, bahan ajar, evaluasi dan pemberdayaan soft skills yang terintegrasi dalam kajian pendidikan Biologi. Posisi strategis UNS Surakarta di pusat Budaya Jawa memungkinkan untuk dikaji kearifan lokal “Pendidikan Jawa” yang dapat diintegrasikan dalam Pendidikan Biologi.

Visi

MENJADI PROGRAM STUDI MAGISTER PENGEMBANG IPTEKS YANG UNGGUL DI BIDANG PENDIDIKAN BIOLOGI DAN BEREPUTASI DI TINGKAT INTERNASIONAL

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang inovatif berdasarkan perkembangan mutakhir di bidang Pendidikan biologi.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan IPTEKS di bidang Pendidikan biologi yang bereputasi di tingkat internasional.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama sebagai bentuk aktualisasi kompetensi dan pengembangan institusi.

Informasi Umum

Kepala Program Studi

Prof. Dr. MARIDI. M.Pd.