Informasi Umum Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret [UNS Solo] memiliki 10 Fakultas dengan 64 program studi Sarjana dan 24 program studi Diploma (terdiri dari 22 program studi D-3 dan 2 program studi D-4), didukung oleh Tenaga Pendidik dengan pendidikan tertinggi adalah: 439 orang Doktor (109 orang diantaranya sudah sebagai guru besar/ profesor, 1.115 orang Magister, 39 orang Spesialis, dan 41 orang profesi.

  1. Prestasi UNS
    1. Peringkat 568 dunia dan 3 nasional, versi 4 International Colleges and Universities [4ICU].
    2. Peringkat 97 dunia dan 5 nasional, versi UI GreenMetric World University Ranking.
    3. Peringkat A (unggul) untuk Akreditasi Institusi dari BAN-PT, berdasarkan Keputusan BAN-PT     Nomor 016/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014.
    4. Peringkat 12 Perguruan Tinggi terbaik versi Kemenristek Dikti.

    Capaian prestasi ini akan lebih memacu pelaksanaan program strategis UNS dengan motto luhur yang dicanangkan “Mangesthi Luhur Ambangun Nagara”, serta penerapannya dalam UNS BISA yaitu  Berbudaya kerja UNS Active (Achievement Orientation, Customer Satisfaction, Team Work, Integrity, Visionary dan Entrepreneurship), Internasionalisasi, Sinergi. Akselerasi.

  2. Beasiswa
    1. UNS peduli pada mahasiswa yang berprestasi tetapi kurang mampu.
    2. Beasiswa yang bersumber dari Pemerintah serta hasil kerja sama antara UNS dengan pemberi beasiswa baik negeri maupun swasta, diantaranya Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Bidik Misi, Afirmasi Papua, Bank Indonesia, Bank Mandiri, Lotte Foundation, Yayasan Toyota & Astra, Yayasan Pelayanan Kasih A & A Rachmat, Yayasan Salim, Yayasan Hidup Bahagia, Pembangunan Jaya Group (CSR) Margajaya, dan lain-lain.
  3. Layanan bagi Calon Mahasiswa dan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus

    Bagi calon mahasiswa berkebutuhan khusus diberikan pendampingan selama mengikuti seleksi dan bagi  mahasiswa berkebutuhan khusus dan diterima di UNS, akan diberikan pendampingan selama perkuliahan jika diperlukan.

  4. Sarana dan Prasarana Pendukung

    UNS menyediakan fasilitas yang memadai untuk mendukung pembelajaran, diantaranya:

    1. Layanan Akademik yang sudah bersertifikat ISO 9001:2008.
    2. Layanan ICT [Hotspot Area, Jaringan Internet dan Intranet yang terhubung ke seluruh unit] yang mempermudah mahasiswa untuk terhubung dan memperoleh informasi terkini.
    3. Perpustakaan yang didukung oleh UNS LA [Library Automation] dan Digital Library
    4. UNS Book Store, menyediakan koleksi buku yang dibutuhkan mahasiswa.
    5. Medical Center, menjadi solusi apabila terjadi masalah dalam kesehatan.
    6. Bus Kampus yang menghantar mahasiswa untuk berkeliling kampus.
    7. Asrama Mahasiswa dengan kapasistas 700 unit untuk memberikan kemudahan bagi mahasiswa yang berasal dari luar daerah.
    8. Pusdiklat UNS.
    9. Tempat Ibadah yang lengkap [Masjid dan Islamic Center, Gereja, Pura, dan Vihara] untuk menambah asupan rohani mahasiswa yang menjadi penyeimbang dalam proses pembelajarannya.
    10. Sistem Pengolahan Air Minum UNS (SPAM UNS) dialirkan 50 titik dispenser air siap minum dan 100 titik water tap yang tersebar di jurusan dan unit kerja di lingkungan UNS.
    11. Rumah Sakit Pendidikan UNS (RSP UNS).