Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN Tahun 2019 yang memilih Program Studi di Universitas Sebelas Maret

  1. Setiap peserta dapat memilih program studi, dengan syarat:
    • Siswa pelamar dari SMA/MA IPA dapat memilih semua program studi baik kelompok Saintek maupun Soshum.
    • Siswa pelamar dari SMA/MA IPS dapat memilih semua program studi kelompok Soshum, Psikologi, Agribisnis, Penyuluhan dan komunikasi Pertanian.
    • Siswa pelamar dari SMA/MA Bahasa dapat memilih semua program studi kelompok Soshum, Agribisnis, Penyuluhan dan komunikasi Pertanian.
    • Siswa pelamar dari SMK/MAK MA Jurusan Keagamaan dapat memilih program studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Ilmu Lingkungan, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Ilmu Hukum, Ilmu Sejarah, Sastra Indonesia, Sastra Daerah untuk Sastra Jawa, Kriya Seni, Seni Rupa, Desain Interior, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Pendidikan Luar Biasa/Khusus, Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Pen Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, PGSD, PG PAUD, Sastra Arab, Pen Bahasa Jawa.
    • Siswa pelamar dari SMK/MAK hanya dapat memilih program studi yang serumpun.
  2. Setiap peserta dapat menyertakan Portofolio Prestasinya jika peserta mempunyai prestasi di bidang:
    • Olahraga atau Seni di tingkat Nasional (Juara I, II, atau III) yang diselenggarakan KONI, POPSI dan atau institusi/badan yang sesuai dengan bidangnya (pada 2 tahun terakhir).
    • Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang diselenggarakan oleh institusi/badan yang berkompeten dan memiliki kredibilitas tinggi (pada 2 tahun terakhir).
    • Hafidzul Qur’an (Penghafal Al Qur’an, minimal 15 juz) yang dinyatakan dengan ”sertifikat tahfidz” dari lembaga berkompeten yang memiliki kredibilitas tinggi (pada 2 tahun terakhir).
      Catatan:
      1. Mengunggah File scan ”sertifikat tahfidz” melalui menu Prestasi pada saat melakukan pendaftaran SNMPTN, dengan memilih Bidang Prestasi: Lainnya, dan Tingkat Prestasi: Internasional.
      2. Mengirimkan surat rekomendasi dari Kepala Sekolah yang bersangkutan dengan melampirkan ”sertifikat tahfidz” kepada:
        Ketua SPMB UNS d/a. Sekretariat SPMB UNS, Jl. Ir. Sutami No. 36A Surakarta Jawa Tengah
        Paling lambat diterima panitia pada tanggal 15 Februari 2019
  3. Memenuhi persyaratan kesehatan yang tidak mengganggu kelancaran belajar di prodi pilihannya:
    • Untuk Prodi: Pendidikan Dokter, Arsitektur, Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), Teknik Kimia, Kimia, Farmasi, Kriya Seni (Desain Tekstil), Seni Rupa Murni (Seni Lukis, Grafis, Patung, Keramik), Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Pendidikan Kimia, Pendidikan Seni Rupa, dipersyaratkan tidak boleh buta warna keseluruhan, tidak boleh buta warna sebagian.
    • Untuk Prodi: Teknik Sipil, Teknik Industri, Agroteknologi/Agroekoteknologi, Agribisnis, Peternakan, Ilmu dan Teknologi Pangan, Fisika, Biologi, Pend. Fisika, Pend. Biologi, dipersyaratkan tidak boleh buta warna keseluruhan, boleh buta warna sebagian.
    • Untuk Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, dipersyaratkan Tinggi Badan minimal Putra 160 cm, sedangkan tinggi badan Putri minimal 155 cm.
  4. Informasi bagi peserta penyandang disabilitas dapat dilihat di laman http://www.spmb.uns.ac.id.