Program Studi PPDS Obstetri dan Ginekologi Universitas Sebelas Maret Surakarta sudah didirikan sejak Tahun 1999. Sampai tahun 2017 jumlah total lulusan PPDS Obstetri dan Ginekologi sebanyak 152 orang dengan persebaran lulusan dari provinsi Papua hingga provinsi Nangroe Aceh Darussalam. PPDS Obstetri dan Ginekologi Universitas Sebelas Maret merupakan prodi Pendidikan Dokter Spesialis yang diminati di Indonesia. Persaingan seleksi masuk cukup ketat dengan pendaftar sekitar 200 dokter untuk setiap gelombang (semester) dengan diterima sekitar 5 sd 8 orang. Kualitas seleksi dengan standar yang tinggi tersebut diharapkan meningkatkan profesionalitas proses pendidikan serta kuailtas luaran prodi.

Mengapa PPDS Obstetri Ginekologi Universitas Sebelas Maret sangat diminati karena beberapa alasan antara lain Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi sangat dibutuhkan ditengah masyarakat. Angka pertumbuhan penduduk yang tinggi sekitar 5 juta pertahun dan mayoritas penduduk Indonesia (70%) adalah wanita maka angka kebutuhan untuk kesehatan reproduksi, kehamilan dan persalinan sangat tinggi. Angka pertumbuhan rumah sakit dan faskes yang tinggi harus diimbangi dengan ketersediaan tenaga medis dengan pertumbuhan yang tinggi. Salah satu program SDGs dan juga program pemerintah dalam percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi dibutuhkan tenaga profesional yang berkompetensi tinggi dengan standar dunia dan berdedikasi, serta memiliki visi riset serta pengembangan keilmuan, pendidikan, dan pengabdian masyarakat. Diperlukan pendidikan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi berkelas dunia yang mampu berperan dalam era globalisasi dan disrupsi moderenisasi.

Solo memiliki kultur budaya yang santun serta kesederhanaan dalam keseharian, memberikan keunggulan tersendiri dalam proses pembelajaran dengaan mental karakter yang komunikatif, santun, berdedikasi, sederhana dalam perilaku, dan profesional kompeten dalam bekerja. Solo mudah diakses dari seluruh penjuru tanah air dan menjadi salah satu kota dengan pertumbuhan ekonomi serta infrastruktur tercepat di Indonesia dengan biaya hidup yang terjangkau. Dari segi keilmuan dan penelitian Solo telah berkembang menjadi salah satu barometer di bidan Fetomaternal, Onkologi Ginekologi, Fertilitas dan Endokrinologi Reproduksi, Obstetri dan Ginekologi Sosial serta Uroginekologi. Perkembangan ini telah mendapat apresiasi yang luar biasa dari organisasi profesi yakni POGI, HKFM, HOGI, HIFERI, HOGSI dan HUGI.

Lokasi pendidikan utama mudah dijangkau yaitu di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret dan RSUD dr. Moewardi; PPDS Obstetri dan Ginekologi Universitas Sebelas Maret sudah terakreditasi B oleh Kolegium Obstetri dan Ginekologi Indonesia tahun 2013; biaya hidup dan pendidikan cukup terjangkau; Rumah Sakit Pendidikan Utama RSUD dr. Moewardi terakreditasi Tipe A Pendidikan, salah satu pusat rujukan di Jawa Tengah dan jenis kasusnya banyak bervariatif dengan infrastruktur termodern serta salah satu yang terlengkap di Tanah Air. Solo menjadi salah satu pusat Prenatal Diagnostik serta Fetal Terapi di Jawa Tengah dan sekitarnya, Solo juga mempunyai program pelatihan magang laparoskopi yang sudah rutin diadakan sejak 12 November 2016 serta pusat layanan infertilitas modern untuk bayi tabung (IVF). PPDS Obgin Solo memiliki beberapa interkoneksi dengan institusi bereputasi dunia semisal Dutch School, Royal College of Surgeon, Royal College of Obstetrics and Gynecology (RCOG), Adelaide University, serta beberapa Organisasi Profesi berlevel dunia seperti ISUOG, ISSHP, FIGO dan AOCOG.

Grup riset Obstetri dan Ginekologi yang terpadu dengan grup riset UNS serta grup institusi di luar UNS yang telah menghasilkan banyak publikasi internasional pada jurna internasional bereputasi. Hal ini merupakan kesempatan dalam pengembangan keilmuan serta penelitian bagi peserta pendidikan.

PPDS Obgin secara aktif menyelenggarakan berbagai pertemuan ilmiah berlevel nasional maupun internasional semisal PIT Fetomaternal 2013, ISSHP Internasional 2015, PIT POGI 2017 serta berbagai acara seperti ODFC dan SOU.

PPDS obgin bergerak aktif dalam pemberdayaan dan pengabdian masyarakat melalui berbagai bakti sosial yang rutin diselenggarakan semisal IVA tes serta ANC gratis serta pemeriksaan USG obgin gratis diberbagai kawasan Solo Raya secara maraton. Pendidikan dan pelatihan nakes berupa pelatihan bidan serta perawat semisal perawat onkologi maupun pelatihan PONED, CTU, dan Midwefery Update diselenggarakan rutin dan berkala sebagai ujud pemberdayaan dan pengabdian masyarakat.

Visi

Membangun pusat pendidikan yang menghasilkan dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi yang mumpuni dalam bidangnya, berdedikasi untuk pengembangan ilmu, bermoral dan menjunjung tinggi etika kedokteran, serta berkualitas internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.

  1. Membentuk pusat pendidikan yang memenuhi standar nasional maupun internasional
  2. Membentuk staf yang berdedikasi dan berkualitas tinggi untuk mendidik, meneliti dan melayani pasien dan masyarakat
  3. Menggunakan dan menyesuaikan teknologi kedokteran yang mutakhir dalam bidang pendidikan, penelitian dan pelayanan
  4. Menyerap kebutuhan masyarakat regional dan nasional di bidang kesehatan reproduksi untuk diimplementasikan pada materi pendidikan

Informasi Umum

Kepala Program Studi

Dr. Sri Sulistyowati, dr. SpOG(K)