Peran teknik mesin mengantarkan menuju era modern yang menjadikan hidup semakin mudah telah dirasakan bersama. Orientasi dalam mengembangkan keilmuan teknik mesin saat ini berdasar pada pengembangan teknologi yang berbasis pada sumber dayayang terbarukan dan berkelanjutan (renewable and sustainable-based technology) yang ramah lingkungan. Konsentrasi keilmuan teknik mesin di bidang energy terbarukan dan material pendukung energi terbarukan menjadi penting untuk dikuasai.

Program Pascasarjana Teknik Mesin diselenggarakan untuk menghasilkan lulusan tingkat Magister dan Doktor yang berkompeten dan berkualitas di bidang teknologi konversi energi terbarukan dan rekayasa material pendukung konstruksi energi terbarukan.

Visi

Sebagai pusat pendidikan, penelitian dan pengembangan bidang teknik mesin yang berkuailitas menuju prestasi internasional untuk menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten, bermoral, dan berwawasan lingkungan yang terus berkelanjutan.

1.  Menyelenggarakan pendidikan lanjut dengan proses belajar-mengajar yang efektif, dalam lingkungan akademis yang kondusif guna menghasilkan Doktor Ilmu Teknik Mesin yang kompeten, beretika, dan berwawasan lingkungan yang terus berkelanjutan.

2.  Melakukan kegiatan penelitian guna menggali, mengembangkan dan menghasilkan inovasi bidang teknik mesin dan menyebarluaskan pencapaiannya.

3.  Menumbuhkan kapasitas sebagai pusat informasi iptek bidang teknik mesin.

4.  Melaksanakan pengelolaan pendidikan tinggi yang efektif, efisien dan akuntabel.

Informasi Umum

Kepala Program Studi

Agung Tri Wijayanta, S.T., M.Eng., Ph.D.

Website

Teknik Mesin