Magister Teknik Sipil UNS mulai melakukan perkuliahan pada tahun Akademik 2006/2007. Dengan jumlah awal mahasiswa sebanyak 11 orang. Pada tahun 2007 dimulai kerjasama Pendidikan Kedinasan antara Kementerian PU dengan Magister Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret dan saat ini  memasuki Angkatan ke VII.  

Pada awalnya, program Magister Teknik Sipil UNS hanya membuka satu konsentrasi yaitu Teknik Rehabilitasi dan Pemeliharaan Bangunan Sipil. Mulai tahun Akademik 2014/2015, konsentrasi ini berubah menjadi Pemeliharaan dan Rehabilitasi Infrastruktur dengan sub-konsenstrasi : Keairan, Jalan & Jembatan, Gedung & Pemukiman.

Mulai tahun ini pula akan dibuka konsentrasi baru, yaitu Pengelolaan Sumberdaya Air, bekerjasama dengan Karlsruhe Institute of Technology, Jerman danKementerian PU

 

 

 

Visi

Mewujudkan Program Magister Teknik Sipil UNS yang unggul, berbudaya, dan berdaya saing tinggi, ditingkat nasional maupun internasional, dalam bidang Teknik Sipil

 

 

 

Misi Program Studi Magister Teknik Sipil UNS:

1.    Menyelenggarakan pendidikan pascasarjana bidang teknik sipil  yang berbudaya ilmiah sesuai dengan kemutakhiran teknologi dan  informasi dalam mendukung pascakonstruksi bangunan sipil.

2.    Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada
    pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi  pascakonstruksi bangunan sipil untuk menjawab permasalahan  bangunan sipil baik lokal, nasional, maupun regional.


3.    Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dalam rangka  penerapan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi  pascakonstruksi bangunan sipil.


4.    Mengadakan kerjasama dengan berbagai pihak di tingkat lokal,  regional, nasional, maupun internasional di bidang Tri Dharma perguruan tinggi dengan menciptakan budaya akademik kondusif dan berorientasi pada pengembangan keilmuan dan pemecahan permasalahan bangsa, khususnya yang terkait dengan pascakonstruksi bangunan sipil.


6.    Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada   
    pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi  pascakonstruksi bangunan sipil untuk menjawab permasalahan  bangunan sipil baik lokal, nasional, maupun regional.


7.    Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dalam rangka penerapan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi pascakonstruksi bangunan sipil.
8.    Mengadakan kerjasama dengan berbagai pihak di tingkat lokal,  regional, nasional, maupun internasional di bidang Tri Dharma perguruan tinggi dengan menciptakan budaya akademik  kondusif dan berorientasi pada pengembangan keilmuan  dan pemecahan permasalahan bangsa, khususnya yang terkait  dengan pascakonstruksi bangunan sipil.

 

 

 

 

Informasi Umum

Kepala Program Studi

Dr.Eng. Ir. Syafi'i, M.T.