Prodi S-1 Farmasi FMIPA Universitas Sebelas Maret mempunyai posisi yang sangat penting terhadap bidang ilmu yang lain, baik ilmu-ilmu basic science untuk memperkuat riset tentang obat-obatan maupun untuk ilmu terapan seperti dunia kesehatan dan kedokteran yang sangat tergantung pada pengkajian dan pengembangan dunia pengobatan. Pelayanan kesehatan dan pengobatan menjadi begitu sangat penting di mana kehadiran pelayanan kesehatan, terutama pengobatan merupakan sebuah keniscayaan. Bahkan, sampai pada titik tertentu sudah berfungi sebagai urat nadi yang menentukan hidup matinya manusia. Pada posisi ini, peran pelayanan kesehatan tentang pengobatan bergeser menjadi salah satu unsur yang menentukan keunggulan kompetitif (competitive advantage). Prodi S-1 Farmasi yang bernaung dalam pengelolaan FMIPA Universitas Sebelas Maret berfokus pada bahan kajian di bidang bidang sains murni yang dikaitkan langsung dengan aspek pengobatan ilmiah untuk penerapan ke arah pelayanan kesehatan dan kedokteran. Berangkat dari fokus bahan kajian di bidang sains, kurikulum jurusan farmasi disusun dengan dasar ilmu kimia, fisika, dan biologi. Fondasi ilmu sains diberikan melalui mata kuliah dasar tersebut hanya sekitar 10%, selebihnya adalah matakuliah spesifik yang tidak dipunyai oleh jurusan mana pun karena farmasi adalah sebuah ilmu yang mencetak tenaga profesi di bidang kesehatan yang berbeda juga dengan ilmu kedokteran ataupun ilmu kesehatan yang lain.

Visi

Sesuai visi FMIPA Universitas Sebelas Maret sebagai lembaga pendidikan yang mempunyai visi menyiapkan tenaga terdidik yang unggul dalam bidang ilmu dasar dan terapan di tingkat nasional maupun internasional, maka dalam penyelenggaraannya Prodi S-1 Farmasi FMIPA Universitas Sebelas maret mengemban visi:“Menjadi program studi yang menghasilkan tenaga farmasi yang mampu menghadapi persaingan serta tantangan global”.

Misi yang dijalankan oleh Prodi S-1 Farmasi FMIPA Universitas Sebelas Maret adalah : (1) Menyelenggarakan pendidikan, pembelajaran, dan bimbingan secara efektif untuk menghasilkan tenaga farmasi yang unggul, berdaya saing tinggi, mandiri, dan berkepribadian; (2) Melaksanakan penelitian dan pengembangan yang mendukung pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran serta mampu menghasilkan berbagai inovasi dalam bidang Farmasi; (3) Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Farmasi yang bermanfaat bagi masyarakat; dan (4) Mengembangkan ilmu, teknologi, dan seni/kemampuan berinovasi dalam memunculkan peluang kerja di bidang farmasi yang menunjang pengembangan bidang farmasi.

Informasi Umum

Kepala Program Studi

Ahmad Ainurofiq,M.Si.,Apt.