Tantangan dalam pengembangan dunia peternakan di Indonesia adalah upaya untuk meningkatkan produktivitas ternak. Hal demikian sejalan dengan peningkatan permintaan produk pangan hewani sebagai akibat pertambahan jumlah penduduk, secara lokal, nasional dan global. Potensi sumber daya alam dan ketersediaan ternak lokal memerlukan aset yang memerlukan penanganan serius guna mencapai kemandirian pangan asal ternak. Kedepan tantangan pembangunan peternakan menjadi lebih kompleks terkait dengan masalah-masalah strategis seperti penyakit zoonosis, perubahan iklim (climate change) dan erosi genetik baik tanaman maupu hewan. Untuk tujuan tersebut diperlukan sumber daya manusia yang kompeten yang dapat mengendalikan program pembangunan peternakan menjadi lebih terarah, selain itu juga mampu menguasai teknologi yang senantiasa berkembang untuk menyelesaikan masalah bidang peternakan. Peternakan, bukan lagi menjadi bidang yang bisa dianggap sebelah mata, berkompetensi rendah dan tanpa teknologi. Saat ini peternakan bertransformasi menjadi bidang yang memegang peranan penting bagi kesehatan, pembangunan generasi mendatang dan penuh dengan aplikasi bioteknologi yang modern. Untuk itu Sarjana Peternakan dibutuhkan untuk menjawab tantangan industrialisasi bidang peternakan yang ramah lingkungan, berkelanjutan dan menguntungkan. 

Visi

Visi Prodi Pertenakan FP Universitas Sebelas Maret, yaitu menjadi lembaga pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan/teknologi di bidang peternakan terpadu yang berkelanjutan.

Misi Prodi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, antara lain:

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang peternakan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berguna bagi pengembangan peternakan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk menerapakan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Informasi Umum

Kepala Program Studi

Dr. Ir. Eka Handayanta, M.P.