Prodi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret merupakan program pendidikan pada tingkat pascasarjana yang dibuka pada tahun 1999. Program ini merupakan program pendidikan manajemen yang berjenjang S-2. Program Studi MM FEB Universitas Sebelas Maret didirikan berdasarkan SK Ditjen Dikti Depdikbud RI Nomor 128/DIKTI/Kep/1999, tentang Pembentukan Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Binsnis Universitas Sebelas Maret tanggal 7 April 1999. Prodi Magister Manajemen telah memperoleh akreditasi A dari BAN-PT sejak tahun 2010. Pada re-akreditasi terakhir tahun 2015, MM UNS kembali memperoleh akreditasi A berdasarkan SK dari BAN-PT No. 1152/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2015. Prodi Magister Manajemen terakreditasi Internasional ABEST21 (The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st Century Organization). Sertifikat akreditasi internasional tersebut diserahkan langsung oleh Prof. Fumio Itoh (Presiden ABEST21) kepada Dr. Hunik Sri Runing Sawitri, MSi (Dekan FEB UNS) pada hari Rabu, tanggal 8 Maret 2017 di Sony University, Tokyo, Jepang. ABEST21 memberikan apresiasi kepada Prodi MM FEB UNS yang mempunyai keunggulan good practice ‘Case-Based Teaching and Learning’. ABEST21 yang berpusat di Tokyo menggunakan konsep continous improvement dalam proses akreditasi dan pemeliharaan akreditasi. Ketika suatu program studi sudah terakreditasi ABEST21, setiap tahun harus mengirimkan Kaizen Report (laporan continous improvement) yang telah dilakukan.

Visi

Visi Prodi S-2 Magister Manajemen FEB Universitas Sebelas Maret (MM FEB UNS) adalah menjadi Prodi Magister Manajemen yang unggul di tingkat nasional dan internasional.

Visi prodi MM ini konsisten dengan Visi Universitas Sebelas Maret, yaitu menjadi pusat pengembangan ilmu, teknologi, dan seni yang unggul di tingkat internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.Universitas Sebelas Maret bertekad menjadi World Class University pada tahun 2023. Visi prodi MM FEB Universitas Sebelas Maret tersebut juga sejalan dengan Visi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (FEB UNS), yaitu menjadi pusat pengembangan ilmu ekonomi dan bisnis yang berkinerja tinggi dan berkelanjutan di tingkat nasional dan internasional berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya lokal.FEB UNS merupakan anggota The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) sejak tahun 2010. Untuk merealisasikan visi tersebut, Prodi MM melakukan berbagai program, antara lain berupaya untuk memperoleh pengakuan di tingkat internasional yaitu akreditasi internasional dari ABEST21.

Saat ini Prodi MM UNS telah memperoleh akreditasi ABEST21 dan merupakan prodi pertama di UNS yang memperoleh akreditasi internasional. Selain itu MM FEB UNS juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa institusi bereputasi di luar negeri antara lain dengan University of La Rochelle, Perancis (double degree), University of Twente, Belanda (double degree), Pusat Studi Ekonomi Islam Shalih Kamil Universitas Al Azhar Cairo, Mesir (double degree), Purdue University Calumet USA (riset dan pertukaran dosen) dan University of Limoges, Perancis (riset kolaborasi). Mendatangkan visiting professor dari perguruan tinggi di luar negeri serta mengirimkan dosen dan mahasiswa untuk mendiseminasikan karya ilmiah di pertemuan ilmiah di level internasional juga merupakan program regular MM FEB UNS.

Program Studi MM FEB UNS menerbitkan Jurnal Bisnis dan Manajemen 2 kali dalam setahun sebagai media diseminasi hasil penelitian. Untuk mendukung program internasionalisasi MM FEB UNS, telah memiliki jurnal internasional dengan nama ‘Sebelas Maret Business Review’ dengan fokus pada karya berupa business and management cases.

Misi Prodi MM FEB Universitas Sebelas Maret, antara lain:

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dan profesional dalam bidang manajemen untuk menghasilkan magister manajemen yang handal dan berwawasan global;

2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang manajemen yang dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu dan pemecahan masalah  bisnis; dan

3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang bermanfaat bagi pengembangan dunia usaha.

 

 

Informasi Umum

Kepala Program Studi

Prof. Dr. Asri Laksmi Riani, MS.i