Di era global, banyak peluang dan tantangan yang kita hadapi. Profesionalisme dan dedikasi kerja yang tinggi mutlak diperlukan untuk dapat tetap survive di masa yang amat kompetitif ini. Prodi S-2 Akuntansi FEB Universitas Sebelas Maret berkomitmen tinggi untuk menjadi institusi pengembangan ilmu, riset, dan teknologi di bidang akuntansi dan bisnis mandiri, independen, dan kredibel di tingkat nasional maupun internasional. 

Prodi S-2 Akuntansi FEB Universitas Sebelas Maret telah banyak menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri. Beberapa lembaga di dalam negeri telah menyalurkan berbagai macam beasiswa, di antaranya: Beasiswa STAR-SDP (2007), STAR_BPKP (2013), Beasiswa Unggulan BKLN-DIKTI, Beasiswa BPPS, Beasiswa Unggulan untuk para guru SMU & SMK, dan Beasiswa Institusi. Selain itu, Prodi S-2 Akuntansi telah mencoba mengembangkan program dual degree dengan Universitas di luar negeri. Pada tahap awal telah terjalin kerja sama dengan Curtin University, Australia dan Twenty University, Belanda. Ke depan, bentuk kerja sama ini akan ditingkatkan lagi. Setiap tahun ada sekitar 60 mahasiswa mendapatkan beasiswa. Prodi S-2 Akuntansi juga telah menjalin kerja sama dalam bentuk program dual degree dengan School of Business Curtin University - Australia. Mahasiswa menempuh studi selama 2 semester di Prodi S-2 Akuntansi Universitas Sebelas Maret dan 2 semester di Curtin University.

Prodi S-2 Akuntansi telah banyak memberi kesempatan kepada para praktisi akuntansi di lingkungan organisasi pemerintahan, baik di pemerintah daerah, departemen maupun kalangan pendidikan untuk mengembangkan kompetensinya di bidang akuntansi sektor publik, akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, dan auditing.  Sebagai bentuk partisipasi untuk mengatasi persoalan bangsa Indonesia dewasa ini dilakukan berbagai upaya peningkatan kualitas pendidikan, yaitu memberi kesempatan kepada para guru untuk mengembangkan kompetensinya di bidang akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, dan akuntansi sektor publik/akuntasi pemerintahan. 

Pada konsentrasi akuntansi sektor publik diberikan pembekalan materi yang mengarah kepada terwujudnya suatu kondisi organisasi yang akuntabel, transparan, dan beretika sesuai dengan budaya bangsa Indonesia yang luhur.  Mahasiswa Prodi S-2 Akuntansi  diharapkan juga kompeten di bidang akuntansi keuangan maupun bidang akuntansi manajemen, dan auditing. Dalam bidang akuntansi  keuangan dewasa ini kita dihadapkan kepada perbaikan kualitas standar akuntansi skala global, sedangkan di bidang akuntansi manajemen dihadapkan pada masalah-masalah  dampak kemajuan tehnologi informasi terhadap sistem informasi manajemen  di perusahaan. Pada bidang auditing, mahasiswa Prodi S-2 Akuntansi diberikan pembekalan pada materi auditing, audit keuangan negara, dan etika bisnis dan profesi yang bermanfaat untuk berpartisipasi dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia dewasa ini dan bidang akuntansi syari'ah berkenaan dengan pembekalan pendalaman materi dan literatur yang sedang berkembang saat ini, membuat Akuntansi Islam tidak akan berada dalam satu situasi statis terus menerus, tetapi dinamis dan maju menuju suatu kesempurnaan yang akan dicapai.

Alumni dari Magister Akuntansi FEB Universitas Sebels Maret telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia, baik di sektor pemerintahan, seperti:   pengelola keungan negara, auditor keuangan negara, akuntan publik, dan perusahaan nasional maupun perusahaan multinasional.

 

Visi

Visi Prodi S-2 Akuntansi FEB Universitas Sebelas Maret, yaitu menjadi salah satu program Magister Akuntansi yang bereputasi baik di tingkat nasional dan internasional. 

Misi Prodi S-2 Akuntansi FEB Universitas Sebelas Maret, antara lain:

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas di bidang akuntansi yang menuntut pengembangan diri dosen dan kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap dengan menjunjung tinggi etika;

2. Menyelenggarakan penelitian ilmiah dan terapan yang berkualitas dalam bidang akuntansi dan mendiseminasi hasil-hasil penelitian pada tingkat nasional dan internasional;

3. Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dengan berorientasi pada pemberdayaan segenap lapisan masyarakat, dunia usaha dan pemerintahan dalam bidang akuntansi.

 

Informasi Umum

Kepala Program Studi

Dr. Payamta, SE, Ak.CA, CPA., CPI