Akselerasi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi informasi produk pembangunan (development) telah berdampak munculnya perubahan dan pergeseran sosial masyarakat Indonesia di segala lapisan. Peningkatan angka pertumbuhan ekonomi, perluasan kesempatan kerja serta terbukanya kesempatan akses informasi adalah salah satu implikasi signifikan dari pembangunan. Kendati demikian, pada saat bersamaan sejumlah persoalan kritis sebagai produk dari fenomena yang sama senantiasa hadir mengiringinya. Kemiskinan, kesenjangan sosial-ekonomi, ketimpangan desa-kota, menurunnya kualitas lingkungan fisik dan sosial, lahirnya konsentrasi modal oleh kelompok elit dan sektor-sektor tertentu, membengkaknya kuantitas  pengangguran adalah kenyataan yang terus menyelimuti pelaksanaan pembangunan itu sendiri.

Hal ini berarti diperlukan sejumlah visi, metode, dan strategi perencanaan yang tepat sebagai bentuk intervensi sosial, dengari sifatnya inovatif dan partisipatoris. Paralel dengan upaya terwujudnya peran universitas sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berfungsi pengembangan, perluasan dan penerapan ilmu pengetahuan, maka salah satu tugas terpenting didalamnya adalah menjawab sejumlah persoalan sosial di atas. Dengan pendekatan kritis, argumentatif dan solusi alternatif, peran ilmu sosial kiranya memiliki signifikansi untuk mengantisipasi tantangan dan prospek pembangunan itu semua. Dengan demikian hadirnya Program Studi S2 Sosiologi Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta diharapkan mampu menjawab kebutuhan itu, dan menjadi media pengembangan ilmu-ilmu sosial, khususnya Sosiologi dengan pendekatan alternatif.

Magister Sosiologi memiliki kemampuan untuk mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah dalam bidang sosial yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah, serta mencari solusi atau pemecahan masalah yang tengah dihadapi oleh masyarakat, sekaligus juga mecarikan  jalan keluar (way-out) dari berbagai situasi dan masalah sosial, sekaligus mencandra kencenderungan dan mengantisipasi berbagai dampak perubahan sosial.

 Oleh karena itu diperlukan Magister Sosiologi yang mampu melakukan validasi akademik atau kajian sosiologis dalam menyelesaikan masalah di masyarakat melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya. Dalam rangka menghasilkan Magister Sosiologi yang memiliki kemampuan diatas dan menjawab kebutuhan pengguna lulusan Perguruan Tinggi akan kompetensi lulusan, maka

Program Studi Magister Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta mengembangkan Kurikulum Program Studi S2 Sosiologi Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI) yang menjadi landasan bagi upaya untuk melahirkan Magister Sosiologi dengan kemampuan mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah dalam bidang sosial yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah.

Visi

Menjadi Progam Studi Magister Sosiologi yang dikenal luas dan unggul dalam kualitas, profesionalisme dan etika di tingkat nasional dan global.

  1. Menyelenggarakan pendidikan magister di bidang sosiologi yang berkualitas dengan mengacu pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia dalam suasana akademik yang sehat dan demokratis, efektif dan efisien serta profesional.
  2. Mengembangkan konsentrasi pendidikan di bidang Sosiologi Ekonomi, Pemberdayaan Masyarakat, dan Sosiologi Pendidikan.
  3. Melakukan penelitian dan mengembangkan gagasan-gagasan baru untuk meningkatkan kualitas kajian terhadap fenomena kemasyarakatan.
  4. Melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai perwujudan integritas dan komitmen institusi terhadap pengembangan masyarakat (community development/community organizing)

Informasi Umum

Kepala Program Studi

Dr. Argyo Demartoto, M.Si