Ilmu Pengetahuan Alam, ditinjau dari perannya merupakan bidang ilmu yang sangat strategis, yakni sebagai ilmu dasar yang melandasi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), sehingga bidang IPA harus senantiasa dikembangkan secara berkelanjutan. Untuk itu, perlu didukung oleh sumber daya pendidikan bidang IPA yang kompeten dan profesional, maka perlu diupayakan pengembangan dan peningkatan mutu sumber daya pendidikan melalui pendidikan lanjutan khususnya melalui Program Doktor (S3) Pendidikan IPA. Sebagai seorang calon Doktor, mahasiswa akan diminta bergabung dengan kelompok yang dinamis dan memiliki semangat belajar tinggi dengan keberagaman perbedaan latar belakang, ketertarikan akan sesuatu hal, dan perspektif. Dengan bergabung bersama PS S3 P. IPA, mahasiswa akan diberikan berbagai peluang untuk belajar bersama ahli-ahli yang memiliki pengalaman dan pengetahuan pada bidangnya. 

Visi

Menjadi pusat pengembangan ilmu dan pembelajaran IPA yang unggul di tingkat internasional pada tahun 2024 dengan berlandaskan pada nilai-nilai pendidikan dan budaya nasional

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran IPA yang berorientasi pada perkembangan IPTEK dan nilai-nilai pendidikan dan budaya nasional.  
  2. Menyelenggarakan pengkajian pendidikan dan pembelajaran IPA melalui penelitian dosen dan mahasiswa.
  3. Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dan pembelajaran IPA yang bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kerjasama profesional dengan berbagai pihak dalam lingkup nasional maupun internasional.

Informasi Umum

Kepala Program Studi

Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D.