Program studi Pendidikan Biologi merupakan salah satu program studi yang bernaung di bawah jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP UNS. Program studi Pendidikan Biologi berasal dari jurusan Ilmu Hayat Fakultas Keguruan dan Ilmu Eksakta (FKIE) IKIP Negeri Surakarta yang berdiri dengan SK Menteri Pendidikan Nasional No. 316/SK.Pet/BRI/66 tertanggal tertanggal 23-1-1966. Pada tahun 1976, melalui SK Presiden No. 5 tahun 1976 tertanggal 1 maret 1976 diresmikan berdirinya Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan IKIP Negeri Surakarta melebur sebagai bagian dari Universitas Sebelas Maret tersebut. Satu tahun kemudian berdasarkan SK Rektor UNS no 4/P.1/000/1977 nama baru untuk Jurusan Ilmu Hayat  diubah menjadi Jurusan Ilmu Biologi. Pada tahun 1982 melalui SK Presiden No. 55 tahun 1982 mengenai peleburan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan Fakultas Ilmu Keguruan (FKg) menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 39/DIKTI/ Kep/1984 Jurusan Biologi mengalami perubahan status dan nama menjadi Program Studi Pendidikan Biologi di bawah Jurusan Pendidikan MIPA hingga saat ini.Program studi Pendidikan Biologi beralamat di Gedung D kompleks gedung FKIP Universitas Sebelas Maret Jl. Ir Sutami No 36 A Kentingan, Jebres, Surakarta. Telp. (0271) 646994 fax (0271) 646655.

Program studi Pendidikan Biologi memiliki visi, misi, tujuan dan sasaran yang ditetapkan bersama dengan ketercapaian yang secara rutin dievaluasi. sebagai institusi LPTK penghasil dan pengembang tenaga pendidik di bidang biologi yang berkarakter kuat dan cerdas serta unggul dalam penguasaan inovasi pembelajaran biologi. Visi, misi, tujuan dan sasaran yang ditetapkan tersebut dirumuskan, dilaksanakan dan dicapai dengan melibatkan peran (kontribusi) seluruh konstituen di program studi. Upaya penjaminan mutu telah dilaksanakan di program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS merujuk pada persyaratan mutu ISO 9001:2008.

Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNS merupakan mahasiswa yang memenuhi passing grade dan masuk melalui mekanisme jalur undangan, test bersama dan jalur test mandiri. Input mahasiswa yang dimiliki oleh program studi Pendidikan Biologi UNS termasuk baik. Jumlah pendaftar hingga tahun terakhir tercatat lebih dari 1800 calon dengan daya tampung yang berkisar pada rerata 80 mahasiswa. Berdasarkan jumlah pendaftar, angka keketatan untuk masuk program studi berkisar pada rerata 1:20 dengan hanya pada kisaran 5% dari pendaftar yang diterima di program studi. Layanan mahasiswa baik akademik maupun non akademik dapat terjamin dengan baik. Layanan non akademik pada tujuh aspek layanan yaitu konseling, minat dan bakat, pembinaan soft skills, Pemberian Beasiswa, Kesehatan dan kesejahteraan serta mimbar akademik dapat tersedia dan terakses. Layanan berupa kebebasan mimbar akademik dan organisasi juga dapat dinikmati oleh mahasiswa program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS. Kesempatan berkiprah di Ficos, BEM, DEMA, Himpunan Mahasiswa Jurusan dan Himabi (Himpunan mahasiswa Biologi) merupakan contoh pemberian kebebasan berorganisasi dan berkiprah sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa. Beberapa sub organisasi minat dan bakat dibawah Himabi yaitu Bio food, Bio Plant, Bio Zoo, Bio Art, Bio Sport, Bio IT juga merupakan fasilitasi kebebasan berekspresi sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa.

Jumlah total dosen tetap yang dimiliki oleh program studi Pendidikan hingga tahun borang diusulkan adalah 22 personel. Perbandingan antara jumlah dosen dan  mahasiswa di program studi Pendidikan Biologi telah ideal yaitu 1: 16. Relatif terhadap jumlah dosen yang dimiliki, proporsi antara dosen dengan kualifikasi S3 telah ideal mencapai hampir 60% tanpa dosen bergelar S1. Berdasarkan kepangkatan fungsional dosen, golongan  kepegawaian dan status sertifikasinya mayoritas dosen program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS telah memiliki kualifikasi pendidikan dan kepangkatan yang memadai terkait dengan penyelenggaraan perkuliahan di S1 prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Kurikulum di program studi Pendidikan Biologi telah dikembangkan dengan mengacu pada visi, misi, dan tujuan program studi dan dirumuskan secara prosedural melalui prosedur rekonstruksi yang telah mengakomodasi masukan dari beberapa pihak termasuk alumni dan pengguna. Kurikulum.yang dirumuskan mengandung sejumlah mata kuliah yang terbagi menurut kompetensi utama sebagai penciri prodi serta kompetensi pendukung dan kompetensi lain sebagai penciri fakultas. Masing-masing mata kuliah dalam kelompok kompetensi dapat ditarik relevansinya dengan profil lulusan dan profil kompetensi lulusan. Mata kuliah dalam kelompok kompetensi disusun menurut elemen kompetensi dalam SK Mendiknas No 045/U/2002. Struktur kurikulum berdasarkan hasil peninjauan kurikulum 2012 meliputi 14 SKS mata kuliah pengembangan kepribadian, 121 SKS mata kuliah keilmuan dan keterampilan, 25 vSKS mata kuliah keahlian berkarya, 5 SKS mata kuliah perilaku berkarya dan 4 SKS mata kuliah berkehidupan bersama.

Pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan mengikuti ketentuan rektor UNS SK rektor nomor: 553/H27/PP/2009 tentang pembelajaran berbasis kompetensi dalam kredit semester. Pembelajaran yang dilaksanakan di program studi Pendidikan Biologi telah dilaksanakan berdasarkan perencanaan dan pemantauan menurut standar ISO 9001:2008. Pembelajaran telah menerapkan beberapa strategi untuk mencapai pembelajaran bermakna dan didukung oleh sarana penunjang pembelajaran seperti koneksi internet dan LCD di setiap ruangan. Pendekatan kontekstual juga telah diterapkan pada beberapa mata kuliah. Aktivitas akademik pembelajaran di program studi Pendidikan Biologi juga telah didukung dengan sarana prasarana dan suasana akademik yang kondusif. Kebebasan mahasiswa untuk beraktualisasi telah dijamin dengan memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk menggeluti bidang prestasi, minat dan bakat. Secara akademik arana komunikasi ilmiah berupa jurnal internal, langganan jurnal, seminar nasional dan kuliah dosen tamu juga secara rutin telah terselenggara.

Kegiatan akademik yang berjalan di program studi Pendidikan Biologi telah didukung oleh  dana yang memadai dari RBA, sumber lain (penelitian dan pengabdian) maupun gaji dosen.   Kegiatan akademik yang berlangsung juga telah didukung dengan sarana laboratorium dan ruang kuliah yang memadai serta ruang kerja dosen yang cukup baik dan terkoneksi. Pemanfaatan ruang laboratorium telah ditertibkan melalui sistem informasi online sehingga pemanfaatan ruang tersebut dapat tertib dan optimal. Sarana lain berupa ruang baca juga telah tersedia secara memadai dengan koleksi yang cukup memfasilitasi. Kegiatan akademik yang berlangsung di program studi Pendidikan Biologi telah didukung oleh sistem informasi yang baik. Sistem informasi terkomputerkan telah memfasilitasi mahasiswa, dosen dan karyawan untuk dapat beraktivitas sebagaimana tupoksinya.

Visi

Menjadi LPTK penghasil dan pengembang tenaga pendidik di bidang biologi yang berkarakter kuat dan cerdas serta unggul dalam penguasaan inovasi pembelajaran biologi.

Merujuk pada I pasal 1 UU Sisdiknas No 20 tahun 2003, Cerdas didefinisikan sebagai sifat yang meliputi beberapa kemampuan yaitu:

  1. Memiliki kemampuan dalam penguasaan materi bidang studi biologi untuk disampaikan di sekolah menengah.
  2. Memiliki kemampuan merancang proses pembelajaran untuk materi bidang studi biologi secara subject specific paedagogi di sekolah menengah.
  3. Memiliki kemampuan merancang rumusan pembelajaran bidang studi  biologi untuk sekolah menengah.
  4. Memiliki kemampuan pengembangan diri melalui riset yang relevan dengan permasalahan pengembangan pembelajaran di sekolah menengah.
  5. Memiliki kemampuan terkait kepemimpinan, bekerjasama dan berkomunikasi dalam tatanan sosial.
  6. Memiliki kemampuan dalam pemanfaatan TIK untuk menunjang pembelajaran biologi di sekolah menengah.
  7. Memiliki kemampuan dalam menggunakan bahasa Inggris dalam menunjang kegiatan pembelajaran biologi di sekolah menengah.

Penguasaan TIK, penggunaan bahasa Inggris dan penguasaan strategi dan model merupakan bekal untuk melaksanakan pembelajaran biologi yang inovatif. Berkarakter didefinisikan sebagai sifat yang meliputi beberapa hal sebagai berikut:

  1. Memiliki integritas moral/akhlak
  2. Memiliki mental sportif dan nasionalis
  3. Memiliki orientasi positif dalam kehidupan sosial
  4. Memiliki jiwa mandiri dalam konteks kewirausahaan

 

Misi yang dirumuskan tidak dapat dilepaskan dari core bisnis pendidikan tinggi yang terangkum dalam tri dharma perguruan tinggi. Berdasarkan visi dan tri dharma perguruan tinggi, rumusan misi program studi Pendidikan Biologi adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan efektif sesuai dengan kompentensi bidang keilmuan pendidikan biologi.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan yang berkaitan dengan pengembangan keilmuan bidang pendidikan biologi.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama lain sebagai bentuk aktualisasi kompetensi dan pengembangan institusi.
  4. Melaksanakan pengembangan model-model pembelajaran biologi yang  inovatif.
  5. Membangun atmosfer akademik yang kondusif untuk pengembangan kompetensi, life skill dan pengembangan diri (minat dan bakat).

Informasi Umum

Kepala Program Studi

Puguh Karyanto, S.Si, M.Si, Ph.D