Program studi Pendidikan Luar Biasa (dalam Nomenklatur keilmuan Kemenristek Dikti disebut Program Studi Pendidikan Khusus) sebagai  cabang  ilmu Pendidikan  yang mempelajari pendidikan bagi individu berkebutuhan khusus atau individu berkelaian/individu cacat yaitu  salah satu bentuk perkembangan individu  yang memiliki kekhususan, bersifat spesifik berbeda dengan perkembangan individu seusianya. Individu berkebutuhan khusus  memiliki berbagai potensi yang perlu dikembangkan secara optimal.

Program studi Pendidikan Luar Biasa (PLB) mencakup program sarjana, program magister  dan program doctor. Program sarjana bertujuan menghasilkan lulusan yang  memiliki kompetensi umum menerapkan keilmuan PLB dengan profil lulusan sebagai guru pendidikan khusus. Program magister menghasilkan lulusan memiliki kompetensi tenaga ahli mengkaji dan mengembangkan  teori dan praktik pendidikan khusus sesuai jenis kekhususan dan kebutuhan belajar. Program doktor menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi menemukan menkonstruksi  teori bidang pendidikan khusus.

Program Magister PLB Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, dibuka berdasarkan Surat Ijin Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor. 419/E/O/2014, menerima mahasiswa baru pertama kali pada semester Pebruari – Juli 2015.  Saat ini Prodi S2 PLB Pascasarjana UNS telah terakreditasi  B berdasar­kan SK BAN-PT No.0322/SK/BAN-PT/Akred/M/I/2017 tanggal 10 Januari 2017

Visi

VISI PROGRAM MAGISTER PLB PASCASARJANA UNS

Pada tahun 2030 diharapkan prodi S2 PLB :

Menjadi lembaga pengembang IPTEKS di bidang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus yang kompetitif  dan bereputasi tingkat internasional.

MISI PROGRAM MAGISTER PLB PASCASARJANA UNS

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang mendorong tumbuhnya budaya inovasi dan kreativitas dalam bidang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus,
  2. Mengembangkan IPTEKS di bidang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus melalui penyelenggaraan penelitian dan pengabdian yang memberdayakan masyarakat.
  3. Memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni bidang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus melalui pendekatan inter dan multidisipliner.
  4. Mengelola sumber daya pendidikan secara kreatif, inovatif dan akseleratif untuk pengambilan kebijakan strategis dalam mengembangkan manajemen Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus.

Informasi Umum

Kepala Program Studi

Dr. ABDUL SALIM, M.Kes.