Prodi Doktor (S3) Pendidikan Sejarah UNS didirikan pada tahun 2018. Prodi Doktor (S3) Pendidikan Sejarah mengembangkan teori dan praksis pendidikan sejarah berdasarkan pada sejarah lisan (indigenous history), sejarah lokal (local history), dan kearifan lokal (local wisdom) masyarakat Indonesia.  Konsentrasi yang dikembangkan untuk membekali peserta didik (mahasiswa) adalah penguatan bidang ilmu pendidikan dan ilmu sejarah dengan konten yaitu sejarah lisan (indigenous history), sejarah lokal (local history), dan kearifan lokal (local wisdom) yang berguna untuk penelusuran dan analisis networking collective memories nationhood (jejaring memori kolektif) bangsa Indonesia. Pemaduan bidang ilmu pendidikan dan sejarah lisan (indigenous history) dan sejarah lokal (local history) juga berperan untuk mengeksplorasi kearifan lokal (local wisdom) bangsa Indonesia.

Pada ranah praksis, Prodi Doktor (S3) Pendidikan Sejarah UNS mengembangkan perangkat pembelajaran sejarah dan produk pembelajaran sejarah inovatif, kreatif, dan aksesibel berdasarkan kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Terdapat tiga keunggulan di ranah pengembangan praksis yaitu: 1) konservasi warisan budaya dan pengetahuan lokal untuk menjaga kebinekaan Indonesia, 2) aktualisasi modes of potentiality (warisan budaya dan pengetahuan lokal) dalam ranah pendidikan sejarah, 3) reinvensi warisan budaya dan pengetahuan lokal sebagai upaya penguatan masyarakat Indonesia dalam bentuk pengelaborasian dan pengaktualisasian nilai-nilai lokal menuju global (glokalisasi). Pengembangan konsep teoretik ini diperlukan sebagai landasan pelaksanaan pembelajaran sejarah melalui kearifan lokal yang selaras dengan karakter dan kepribadian masyarakat nusantara (oksidentalisme). Pengembangan teori ini juga berperan penting untuk memberikan pemahaman terhadap berbagai permasalahan dan fenomena di ranah pendidikan sejarah dan umumnya pendidikan di Indonesia.

Visi

Menjadi program studi rujukan pengembang teori dan praksis pendidikan sejarah di tingkat nasional dan internasional berlandaskan nilai-nilai kearifan budaya dan peradaban bangsa pada tahun 2023

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pembelajaran, dan bimbingan secara efektif untuk menghasilkan dosen, guru, widyaiswara, dan peneliti ahli pendidikan sejarah yang unggul, berdaya saing tinggi, mandiri, dan berkepribadian santun.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan di ranah teoretik dan praksis di bidang pendidikan sejarah untuk mendukung pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran, serta menghasilkan berbagai inovasi dalam bidang ilmu Pendidikan Sejarah.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat bidang kependidikan yang bermanfaat untuk melestarikan sejarah lisan (indigenous history), sejarah lokal (local history), dan kearifan lokal (local wisdom) untuk reinvensi budaya masyarakat Indonesia menghadapi globalisasi dan disrupsi pendidikan dan tatanan kehidupan sosial

Informasi Umum

Kepala Program Studi

Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd.