Assalamu’alikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, atas berkah dan karunia Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa Prodi S2 PPKn berdiri pada tanggal 14 September 2016 berdasarkan SK MENRISTEKDIKTI No. 411/KPT/2016, setelah melalui proses yang cukup panjang. Pendirian Prodi S2 PPKn diawali melalui perintisan yang dimulai sejak tahun 2015 oleh tim pendiri yang terdiri dari: Dr. Sri Haryati, M.Pd; Dr. Winarno, Msi; Dr. Triana Rejekiningsih, M.Pd; dan Dr. Triyanto, M.Hum. Tim ini menyusun borang dan mengirimkannya ke DIKTI secara online. Setelah keluarnya SK tersebut, Dewan Dosen Prodi S1 PPKn bermusyawarah secara mufakat memilih Dr. Moh. Muchtarom, MSI sebagai Kepala Prodi S2 PPKn yang pertama, dan sekaligus menentukan dosen-dosen yang masuk dalam home basenya disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku. Prodi S2 PPKn membuka pendaftaran mahasiswa baru pertama kali pada tanggal 29 Maret 2016 mengikuti jadwal seleksi di Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret untuk tahun kalender pendidikan 2017/ 2018.

Prodi magister PPKn mengimplementasikan misinya dengan melaksanakan program perkuliahan, penelitian, pengabdian, dan bekerjasama dengan lembaga akademik dan profesi lain untuk mewujudkan visi “Menjadi lembaga pengembang ilmu kewarganegaraan dan pendidikan kewarganegaraan untuk menghasilkan tenaga pendidik dan ilmuwan bidang kewarganegaraan yang berkarakter keIndonesiaan”.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan program magister PPKn UNS yaitu: (a) menghasilkan lulusan magister bidang pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan yang memiliki kemampuan menyelenggarakan pembelajaran bidang PKn di institusi pendidikan sebagai aktualisasi dari PKn dimensi program kurikuler, (b) menghasilkan lulusan magister bidang pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan yang memiliki kemampuan memberdayakan anggota masyarakat untuk berpartisipasi sebagai warga negara Indonesia yang cerdas dan berkarakter sebagai aktualisasi dari PKn dimensi program kemasyarakatan, (c) menghasilkan lulusan magister bidang pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan yang memiliki kemampuan melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan akademik ilmiah lainnya pada bidang PKn sebagai aktualisasi dari PKn dimensi program akademik, (d) menghasilkan produk ilmiah akademik hasil kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat pada bidang pengkajian Pancasila, ilmu kewarganegaraan dan pendidikan kewarganegaraan. Untuk mencapai tujuan tersebut, Prodi S2 PPKn berusaha; (a) menghasilkan magister bidang pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dilaksanakan sistem perkuliahan jenjang S2 selama 4 semester yang diakhiri tugas mahasiswa menempuh tesis sebagai salah satu persyaratan meraih gelar magister bidang pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (M. Pd), dan (b) menghasilkan produk ilmiah akademik bidang Pancasila dan kewarganegaraan dilaksanakan dengan kegiatan-kegiatan di luar kegiatan perkuliahan tetapi tetap menunjang kegiatan perkuliahan, seperti tugas ko kurikuler, seminar, lokakarya, pengabdian, penulisan jurnal, penulisan buku, studi banding, presentasi ilimiah dan sebagainya, yang dilakukan mahasiswa selama kurun waktu 4 semester.

Mahasiswa akan mendapatkan gelar Magister Pendidikan (M.Pd) setelah menyelesaikan studinya dengan beban 44 sks. Adapun perinciannya sebagai berikut; Mata Kuliah Dasar (MKD) 10 sks, Mata Kuliah Keahlian Wajib (MKKW) 30 sks, dan Mata Kuliah Wajib Pilihan (MKKP) 4 sks dari 12 sks yang ditawarkan/ disediakan.

Semoga uraian pengantar ini dapat memberikan gambaran yang jelas terkait dengan penyelenggaraan program magister PPKn di Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat kami,

Kepala Prodi

 

Dr. Moh Muchtarom, MSI

 

Visi

Menjadi lembaga pengembang ilmu kewarganegaraan dan pendidikan kewarganegaraan untuk menghasilkan tenaga pendidik dan ilmuwan bidang kewarganegaraan yang berkarakter keIndonesiaan

  1. Menyelenggarakan program pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan jenjang strata 2 bagi para guru, tenaga pendidik lain atau anggota masyarakat profesi lainnya.
  2. Menyelenggarakan penelitian, kajian akademik dan kegiatan ilmiah lainnya pada bidang ilmu Pancasila, ilmu kewarganegaraan dan pendidikan kewarganegaraan
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat dari hasil program pendidikan dan penelitian bidang pendidikan kewarganegaraan dan disiplin ilmu kewarganegaraan dan kajian Pancasila
  4. Melakukan kerjasama dengan lembaga akademik dan profesi lain guna menunjang pengembangan ilmu kewarganegaraan dan pendidikan kewarganegaraan di Indonesia

Informasi Umum

Kepala Program Studi

Dr. Moh. Muchtarom, MSI

Website