Pembelajaran pada Program Studi Doktor Pendidikan Ekonomi (S3) dirancang berdasarkan kebutuhan publik dengan mempertimbangkan muatan unggulan yang tidak didapatkan pada program studi yang lain, lulusan dapat merencanakan, mengembangkan, dan mengimplementasikan pembelajaran ekonomi secara professional sebagai jawaban atas tantangan menghadapi problematika saat ini masa mendatang untuk mencapai nation competitiveness yang lebih baik.

Rancangan model pendidikan ekonomi yang dikembangkan merupakan kombinasi dari pendekatan, metode, dan strategi pembelajaran ekonomi  yang sesuai dengan tuntutan pembelajaran kekinian. Model pendidikan ekonomi dengan berlandaskan nilai-nilai edupreneur berbasis pada pendidikan kreatif dan kearifan lokal dengan filosofi pembelajaran “Ing Ngarso Sung Tuladho, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani”, bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan pemerataan akses pendidikan untuk semua. Hasil dari pengembangan model pendidikan ekonomi berupa norma, standar, prosedur penyelenggaraan pendidikan ekonomi yang mampu menjawab perkembangan dan dinamika kebutuhan masyarakat.

Profil lulusan program studi ini diharapkan memiliki keahlian subspesifik dalam melakukan penelitian yang tepat guna, terkini dan termaju berkaitan aspek prioritas dalam era revolusi industri 4.0. Yaitu Pendidik yang memiliki keahlian dalam pengembangan model pendidikan ekonomi; Peneliti ahli di bidang pendidikan ekonomi yang memiliki keahlian subspesifik dalam melakukan penelitian yang tepat guna, terkini dan termaju berkaitan aspek prioritas dalam era revolusi industri 4.0; dan Pengembang Pendidikan Ekonomi dan infrastruktur digital dalam merancang kurikulum, model, strategi pembelajaran, dan perangkat pembelajaran pendidikan ekonomi.

Visi

Menjadi pusat pengembang ilmu dan teknologi pada model pendidikan ekonomi yang unggul dan berdaya saing internasional, berlandaskan nilai-nilai edupreneur serta budaya nasional.

  1. Menyelenggarakan pendidikan kreatif, inovatif, dan mandiri di bidang pendidikan ekonomi secara integratif dan berkelanjutan yang berorientasi kepada pengguna.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan model pendidikan ekonomi yang unggul dan dinamis.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari berbagai model pendidikan ekonomi yang telah dikembangkan berlandaskan nilai-nilai edupreneur.
  4. Membangun jalinan dan jaringan kerjasama dengan berbagai pihak terkait/stakeholders, baik nasional maupun internasional.

Informasi Umum

Kepala Program Studi

Prof.Dr.Trisno Martono

Website