Mahasiswa Program Studi Kimia telah menunjukkan prestasi di antaranya menjadi pembicara di forum nasional dan internasional serta membuat artikel di jurnal nasional terakreditasi dan internasional terindeks SCOPUS

Profesi dan Bidang Pekerjaan

Program studi S2 Ilmu Kimia Universitas Sebelas Maret diselenggarakan untuk menghasilkan Lulusam Strata II (Magister) yang memiliki keahlian dan keterampilan profesional di bidang Ilmu Kimia. Lulusan Program Studi S2 Ilmu Kimia akan berkerja sebagai ahli kimia (akademisi dan peneliti) ataupun praktisi di bidang kimia. Sifat pekerjaan ahli kimia merupakan pengembangan keilmuan kimia baik dalam hal konseptual, metode maupun aplikasinya. Sedangkan praktisi lebih banyak menerapkan pemahaman ilmu kimia kimia dalam penentuan kebijakan dan strategi.

Bidang pekerjaan, atau keahlian yang dapat diisi oleh lulusan Program studi S2 Ilmu Kimia Universitas Sebelas Maret adalah di berbagai jenis industri, misalnya industri pupuk, industri berbagai pestisida, industri pengolahan hasil hutan dan perkebunan, industri pengolahan minyak dan gas, berbagai macam bahan baku plastik dan polimer, industri hasil tambang, industri kimia dasar, industri aneka gas, industri obat-obatan & kosmetika, industri bahan makanan dan minuman. Lulusan Program studi S2 Ilmu Kimia juga bisa bekerja sebagai akademisi (dosen di perguruan tinggi negeri maupun swasta), peneliti (misalnya di Lembaga Penelitian Indonesia (LIPI)) atau bekerja di lembaga pemerintahan yang lain (misalnya di Departemen Pertambangan Dan Energi, Departemen Perindustrian atau Departemen Lingkungan Hidup). Selain itu, mereka juga bisa sebagai konsultan atau berwirausaha mendirikan industri kecil skala rumah tangga, misalnya, industri keramik, sabun, dan sebagainya.

Daftar Alumni S2 Ilmu Kimia Universitas Sebelas Maret :

1. Viona Natalia, S.Si., M.Si (tahun lulus 2018)

2. Heriyanto, S.Si., M.Si (tahun lulus 2018)

3. Riandy Putra, S.Pd., M.Si (tahun lulus 2019)

4. Rujito Sesariojiwandono Ridho Suharbiansah, S.Si., M.Si (tahun lulus 2019, saat ini sedang studi doktoral di Leipzig University, Germany)

5. Venansia Avelia Rosari, S.Si., M.Si (tahun lulus 2019)

6. GESYTH MUTIARA HIKHMAH AL ICHSAN, S.Si., M.Si (tahun lulus 2019)