Informasi Jadwal dan Jalur Masuk Program Profesi

Halaman ini berisi informasi tentang informasi jalur masuk dan jadwal kegiatan terkait seleksi penerimaan mahasiswa baru.



Ujian Tulis Profesi (PPAK)

PENDAHULUAN

Pendidikan Akuntansi di Indonesia memasuki era baru dengan berlakunya SK Menteri Pendidikan Nasional No.179/U/2001. Dengan adanya aturan baru tersebut, sebutan profesi akuntan hanya dapat diberikan kepada mereka yang telah selesai menempuh Pendidikan Profesi Akuntansi.

Dahulu sebutan akuntan hanya diberikan kepada alumni S-1 Jurusan/Program Studi Akuntansi dari PTN atau alumni S-1  Jurusan/Program Studi Akuntansi dari PTS yang lulus Ujian Negara Akuntansi (UNA). Sekarang ini, dengan adanya aturan tersebut, alumni PTN dan PTS mempunyai derajat dan kesempatan yang sama untuk menggapai gelar profesi akuntan.

Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) tidak saja memberikan hak formal sebutan Akuntan, tetapi juga sebagai wadah pengembangan keahlian profesional sehingga mampu memiliki keunggulan kompetitif dalam memasuki dunia kerja, sekaligus sebagai media standarisasi dan distribusi kompetensi profesi bagi calon akuntan.

Universitas Sebelas Maret yang merupakan salah satu institusi yang mendapat ijin menyelenggarakan Program Pendidikan Profesi Akuntansi  berdasarkan SK No.2274/D/T/2003, memberikan kesempatan kepada lulusan S-1 Jurusan/Program Studi Akuntansi yang ingin memperoleh sebutan akuntan dengan mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi.

TUJUAN PROGRAM

Menghasilkan lulusan yang menguasai keahlian profesi bidang akuntansi dan memberikan kompetensi akuntansi.

LINGKUP PROFESI

Lulusan Program Pendidikan Profesi Akuntansi berkesempatan untuk bekerja dalam bidang profesi: Akuntan Manajemen, Audit internal, Auditor Keuangan Negara (BPK, BPKP, Inspektorat Daerah/Kota, Akuntan Syariah, Akuntan Publik, Auditor Sektor Publik, Konsultan Pajak.

JANGKA WAKTU DAN BEBAN STUDI

Lama studi pada program Pendidikan Profesi AKuntansi Universitas Sebelas Maret adalah 2 semester dan menyelesaikan 25 SKS.

METODE PERKULIAHAN

Pendidikan diselenggarakan dengan metode perkuliahan :

  1. Perkuliahan dengan sistem kredit semester.
  2. Perkuliahan teori, berupa pengkajian dan penguasaan teori/konsep.
  3. Perkuliahan kasus, berupa pelatihan pemecahaan masalah yang berkaitan dengan operasionalisasi teori/konsep.
  4. Praktikum, berupa aplikasi teori dan teknik dalam situasi dan kondisi tertentu
  5. Penulisan makalah, telaah makalah, dan studi kasus.
  6. Kuliah oleh dosen tamu, baik pakar maupun praktisi terkemuka untuk meningkatkan wawasan.

KURIKULUM

Kurikulum mengacu pada kurikulum 2014 yang telah ditetapkan untuk program Pendidikan Profesi Akuntansi oleh Komite Evaluasi dan Rekomendasi Pendidikan Profesi Akuntansi (KERPPA), dengan daftar mata kuliah dan bobot studi sebagai berikut :

No

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

SMT

1

0414101

AKUNTANSI MANAJEMEN LANJUTAN

3

1

2

0414102

ETIKA PROFESI DAN TATA KELOLA KORPORAT

3

1

3

0414103

MANAJEMEN STRATEGIK DAN KEPEMIMPINAN

3

1

4

0414104

PELAPORAN KORPORAT

4

1

5

0414201

MANAJEMEN KEUANGAN LANJUTAN

3

2

6

0414202

MANAJEMEN PERPAJAKAN

3

2

7

0414203

SISTEM INFORMASI DAN PENGENDALIAN INTERN

3

2

8

0414204

PENGAUDITAN PEMERINTAHAN

3

2

STAF PENGAJAR

Staf pengajar PPAk UNS terdiri dari pengajar yang berkualitas serta berdedikasi tinggi, berasal dari akademisi serta para profesional yang kompeten di bidangnya. Staf Pengajar tersebut antara lain adalah :

  1. Prof. Dr. Bambang Sutopo, M.Com., Ak. (Guru Besar Ilmu Akuntansi FEB - UNS, ahli di bidang pasar modal)
  2. Prof. Dr. Rahmawati, M.Si., Ak. (Guru Besar Ilmu Akuntansi FEB - UNS)
  3. Dr. Djoko Suhardjanto, M.Com (Hons), Ak. (Guru Besar Ilmu Akuntansi FEB UNS)
  4. Dr. Payamta, M.SI., Ak. (Akuntan Publik pada KAP PAYAMTA)
  5. Dr. Bandi, M.Si., Ak.
  6. Drs. Wartono, M.SI., Ak. (Akuntan Publik pada KAP WARTONO dan Rekan)
  7. Drs. Hanung Tri Atmoko, M.SI., Ak. (Akuntan Publik pada KAP Hanung TA)
  8. Drs. Jaka Winarna, M.SI., Ak. (Konsulltan Akuntansi Pemerintahan/Sektor Publik)
  9. Drs. Eko Arief Sudaryono, M.SI., Ak., BKP. (Konsultan Pajak bersertifikat)
  10. Drs. Sri Hartoko, MBA., Ak. (Konsultan Akuntansi Pemerintahan/Sektor Publik)
  11. Immanuel Haryanto, SE., Ak. (BPK - Yogyakarta)
  12. Sri Suranta, SE., M.Si., Ak., BKP. (Konsultan Pajak, Bersertifikat Konsultan Pajak)
  13. Agung Nurmansyah, SE., M.M., Ak., CA., BKP. (Konsultan Akuntansi Keuangan dan Perpajakan)
  14. Drs. Santoso Tri Hananto, M.Si., Ak., (Ketua Jurusan Akuntansi FEB - UNS)
  15. Agung Nur Probohudono, SE., M.Si., Ph.D. (PUSTAKAPO- UNS)
  16. Ari Kuncoro Widagdo, SE., M.Si., Ph.D.

MASA AWAL PENDIDIKAN

Pendidikan Profesi PPAk UNS dapat dibuka dua kali dalam satu tahun; yaitu periode:

  1. Agustus – Januari yang dimulai bulan Agustus dan
  2. Februari – Juli yang dimulai bulan Februari.
Syarat-syarat pendaftaran

Syarat Pendaftaran

Calon mahasiswa adalah lulusan S-1/D4 Program Studi Akuntansi yang telah terakreditasi BAN PT.

Prosedur Pendaftaran

  1. Calon mengisi formulir pendaftaran melalui internet pada situs http://www.spmb.uns.ac.id klik “Pendaftaran”, kemudian cetak hasil pendaftaran online tersebut sebagai bukti telah berhasil melakukan pendaftaran online.
  2. Calon melakukan pendaftaran online calon membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,- (Tiga ratus ribu rupiah) diseluruh Kantor Cabang Bank Mandiri dengan menuliskan Nama dan Nomor Pendaftaran Program PPAk pada Slip Setoran.
  3. Calon mahasiswa mengunggah:
  4. File Foto Berwarna Formal/Resmi (Format: *.jpg, Pixel: 150px X 200 px, Size: Maksimum 30kb)
  5. Ijasah dan transkrip nilai (Format: *.pdf)
  6. TPA Bappenas (bila ada).
  7. Sertifikat TOEFL international atau yang dikeluarkan UNS (bila ada).
    • Nilai TOEFL ≥ 450, diterima tanpa kewajiban kursus bahasa Inggris;
    • Nilai TOEFL≤ 450, dipertimbangkan untuk diterima secara bersyarat dengan kewajiban kursus di UNS hingga nilai TOEFL ≥ 450;
  8. Panitia melakukan verifikasi data.
  9. Calon mencetak Kartu Tanda Peserta PPAk.
  10. Mengikuti Tes masuk sesuai jadwal yang telah ditetapkan panitia SPMB UNS (kecuali bagi yang sudah mempunyai TPA Bappenas dan Sertifikat TOEFL yang sudah memenuhi syarat).
Informasi Prosedur Pendaftaran

Materi tes seleksi meliputi:

  1. Tes Potensi Akademik (TPA)
  2. Bahasa Inggris
Jadwal SPMB
Kegiatan Jadwal
Pendaftaran dan pembayaran SUDAH BERAKHIR
  1. Pendaftara Periode I: 29 Maret 2017 12:00:00 WIB - 25 April 2017 16:00 WIB
  2. Periode II: 11 September - 11 Oktober 2017
Upload Berkas SUDAH BERAKHIR

Upload Berkas berakhir pada 25 April 2017 Pukul 23:59 WIB

Ujian khusus/keterampilan SEDANG BERLANGSUNG
  1. Periode I: 5 Mei 2017
  2. Periode II: 20 Oktober 2017
Ujian tulis SEDANG BERLANGSUNG
  1. Periode I: 6 Mei 2017
  2. Periode II: 21 Oktober 2017
Pengumuman SEDANG BERLANGSUNG
  1. Periode I: 16 Mei 2017
  2. Periode II: 31 Oktober 2017
Matrikulasi SEDANG BERLANGSUNG
  1. Periode I: 1 Juni - 31 Agustus 2017
  2. Periode II: 15 Nopember 2017 - 15 Pebruari 2018

Bagi peserta yang dinyatakan Lulus Bersyarat 

Registrasi
Online dan Ondesk:
  1. Periode I: diumumkan kemudian
  2. Periode II: diumumkan kemudian
Informasi biaya pendidikan

Biaya Pendidikan untuk menempuh studi selama 2 semester adalah sebesar Rp. 11.500.000,- (Sebelas juta lima ratus ribu rupiah),  atau  Rp 5.750.000,- (Lima juta tujuh ratus limapuluh ribu rupiah) Per Semester.

Daya Tampung Prodi

Daya tampung berikut adalah total daya tampung prodi dari semua jalur, bukan hanya dari jalur PPAK

Jurusan Jumlah Daya Tampung