Informasi Jadwal dan Jalur Masuk Program Profesi

Halaman ini berisi informasi tentang informasi jalur masuk dan jadwal kegiatan terkait seleksi penerimaan mahasiswa baru.


Seleksi Masuk Program Studi Program Profesi Insinyur (SPMB PS PPI)


Deskripsi

Penerimaan PS PPI dibuka dua kali dalam satu tahun; Yaitu :

  1. Periode I,
  2. Periode II,

Kegiatan

Jadwal

Pendaftaran Online

  1. Periode I: 6 – 26 Mei 2023
  2. Periode II: diumumkan kemudian
  3. Periode III: diumumkan kemudian

Pembayaran Biaya Pendaftaran

  1. Periode I: 6 – 26 Mei 2023
  2. Periode II: diumumkan kemudian
  3. Periode III: diumumkan kemudian

Upload Dokumen/Berkas

  1. Periode I: 6 – 26 Mei 2023
  2. Periode II: diumumkan kemudian
  3. Periode III: diumumkan kemudian

Verifikasi Dokumen/Berkas

  1. Periode I: 6 – 29 Mei 2023
  2. Periode II: diumumkan kemudian
  3. Periode III: diumumkan kemudian

Cetak Kartu Peserta

  1. Periode I: 6 – 29 Mei 2023
  2. Periode II: diumumkan kemudian
  3. Periode III: diumumkan kemudian

Pengumuman Hasil Seleksi

  1. Periode I: 31 Mei 2023
  2. Periode II: diumumkan kemudian
  3. Periode III: diumumkan kemudian

Untuk mendaftar syarat lolos administrasi. Calon mahasiswa PS PPI disyaratkan memiliki persyaratan:

  1. Berlatar belakang Sarjana (S1) bidang Sarjana Teknik, Sarjana Teknik Terapan, Sarjana Pertanian, Sarjana pendidikan Teknik, dan Sarjana Sains yang disetarakan dengan sarjana bidang teknik atau sarjana terapan bidang teknik maupun program penyetaraan.
  2. Pengalaman kerja signifikan dibidang keinsinyuran minimal 2 (dua) tahun untuk Sarjana Teknik, Sarjana Teknik Terapan, Sarjana Pertanian, dan 5 (lima) tahun untuk Sarjana Pendidikan Teknik dan Sarjana Sains.
  3. Mengirimkan daftar kelengkapan seleksi form dan administrasi:
    1. Ijazah dan transkrip nilai pendidikan Sl (dilegalisir)
    2. Photo copy Kartu Tanda penduduk (KTP)
    3. Surat Keterangan Pengalaman Bekerja dari Instansi/perusahaan
    4. Surat keterangan berbadan sehat.
    5. Pas photo terbaru
    6. Salinan bukti pelunasan biaya pendaftaran
  4. Curriculum Vitae sesuai format yang ditetapkan FT UNS ditandatangani bermeterai (diperoleh setelah melakukan pendaftaran online)
  5. Surat Ijin Belajar/ Tugas Belajar :
    1. Bagi PNS/ PTT : dari Kepala Daerah (Bupati, Gubernur)/BKD/Sekretaris Daerah.
    2. TNI/POLRI : harus ada ijin dari Mabes dan surat perintah tugas belajar dari Ditjen.
    3. Bagi yang bekerja di instansi : surat ijin dari Kepala Instansi/Lembaga.
  6. Surat Keterangan Pertanggung jawaban Sumber Pembiayaan Studi:
    1. Surat pernyataan kesanggupan membayar biaya pendidikan di atas meterai untuk mandiri.
    2. Surat keterangan Sponsorship/surat keterangan pembiayaan dari instansi jika mahasiswa tugas belajar dari daerah /kiriman dari instansi.
  7. Surat pernyataan kesediaan mengikuti Program Profesi Insinyur UNS dan Surat Pernyataan Keaslian Dokumen.
  1. Calon mengisi formulir pendaftaran dari internet pada laman : https://spmb.uns.ac.id  Pilihlah Program Studi yang dipilih, kemudian cetak hasil pendaftaran online tersebut sebagai bukti telah berhasil melakukan pendaftaran online.
  2. Calon membayar biaya pendaftaran *) sebesar Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah) di Bank Mandiri, BNI, BTN, Bank Jateng, atau BRI dengan menuliskan Nama dan Nomor Pendaftaran Program Studi PPI pada slip pembayaran.
  3. Calon mengunggah file syarat pendaftaran yang telah discan melalui internet pada laman : https://spmb.uns.ac.id dengan menggunakan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses yang tercantum dislip pembayaran.
  4. Setelah Panitia melakukan Verifikasi Data, Peserta mencetak Kartu Tanda Peserta Tes melalui internet pada laman : https://spmb.uns.ac.id dengan menggunakan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses.
  5. Melihat pengumuman hasil seleksi PS PPI di laman https://spmb.uns.ac.id pada tanggal yang telah ditentukan.
  6. Bagi calon yang lolos seleksi diwajibkan :
    1. Menyerahkan berkas pendaftaran di Sekretariat SPMB UNS :
      1. Print Out Formulir pendaftaran online rangkap 3
      2. Bukti biaya pendaftaran
      3. Dokumen persyaratan beserta lampirannya (masing-masing rangkap 3 di masukan kedalam 3 amplop cokelat) Melakukan Medical Chek Up (MCU) di Rumah Sakit Umum Daerah (biaya ditanggung peserta)
    2. Melakukan registrasi ulang bagi yang diterima seleksi pada jadwal yang ditentukan

Keterangan :

*) Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali

Biaya UKT Rp. 7.500.000,00

Seleksi Masuk Program Studi Profesi Apoteker (SPMB PSPA)


Deskripsi

Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) tahun 2023 dapat dilihat di web SPMB UNS: https://spmb.uns.ac.id/. Pendaftaran tahun 2023 dibuka 2 (dua) periode, yaitu:

  1. Periode I:  Pendaftaran Januari 2023, masuk kuliah Semester Februari – Juli 2023
  2. Periode II: Pendaftaran Juli 2023, masuk kuliah Semester Agustus 2023 – Januari 2024

Kegiatan

Jadwal

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online: 08 - 26 Mei 2023

Pembayaran Biaya Pendaftaran

Pembayaran Biaya Pendaftaran: 08 - 26 Mei 2023

Upload Dokumen/Berkas

Unggah Dokumen Pendaftaran: 08 - 26 Mei 2023

Verifikasi Dokumen/Berkas

Verifikasi Dokumen Oleh Panitia:  08 - 26 Mei 2023

Cetak Kartu Peserta

Cetak Kartu Peserta: 08 - 26 Mei 2023

Ujian

  1. Latihan ujian online 08 Juni 2023
  2. Ujian Tulis kefarmasian (online) 09 Juni 2023
  3. Ujian Online TPA dan TOEFL (online) 10 Juni 2023

Ujian Khusus/Keterampilan/Wawancara

Ujian Wawancara : 13 - 14 Juni 2023

Pengumuman Hasil Seleksi

Pengumuman Hasil Seleksi: 21 Juni 2023

Registrasi

Registrasi/Daftar Ulang: 27 - 30 Juni 2023

Awal Perkuliahan

Awal Perkuliahan: Agustus 2023

Syarat Umum:

  1. Lulusan S1 Farmasi<
    1. Bagi pendaftar dari alumni S1 Farmasi UNS, IPK minimal 2,75 dengan masa studi maksimal 5 tahun dengan melampirkan scan asli Ijazah S1 (S.Farm.) / asli Surat Keterangan Lulus (SKL)/ asli Berita Acara Yudisium beserta scan transkrip asli atau KHS asli.
    2. Bagi pendaftar dari non alumni S1 Farmasi UNS lulus dengan IPK minimal 3,00 dengan masa studi maksimal 5 tahun dengan melampirkan scan asli Ijazah S1 (S.Farm.) beserta scan transkrip asli.
  2. Tidak sedang bekerja (tugas belajar) bagi pegawai negeri sipil/instansi swasta (bukan ijin belajar).
  3. Bersedia menjalani penempatan PKPA dimanapun è dibuat pernyataan bersedia ditempatkan dimanapun
  4. Bersedia mengikuti aturan dan tata tertib Universitas Sebelas Maret
  5. Lolos Ujian Seleksi Program Studi Profesi Apoteker, Fakultas MIPA, Universitas Sebelas Maret

Syarat Kesehatan:

  1. Surat keterangan sehat (asli) dan tidak buta warna dari fasilitas pelayanan kesehatan tingkat 1 atau dokter rumah sakit pemerintah
  2. Surat keterangan sehat rohani (asli) dari dokter jiwa rumah sakit pemerintah

Komitmen:

  1. Surat pernyataan (bermaterai) kesanggupan membayar biaya studi dan pembiayaan yang menyertai kegiatan pembelajaran dari sponsor atau wali mahasiswa yang ditandatangani oleh orang tua/penanggung biaya (bermeterai) (form terlampir)
  2. Surat pernyataan (bermaterai) bersedia menjalani penempatan PKPA dimanapun
  3. Surat pernyataan (bermaterai) jaminan keaslian dokumen (form terlampir)

Administrastif:

  1. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 3 lembar
  2. Identitas diri (KTP/SIM/Paspor) yang masih berlaku
  3. Slip Bukti Pembayaran Pendaftaran dari Bank

Catatan: Kesalahan upload dokumen menjadi tanggung jawab calon mahasiswa. Apabila berkas persyaratan tidak lengkap, maka tidak akan diterima atau dianggap gugur dan Uang Biaya Pendaftaran tidak dapat diminta kembali.

PROSEDUR PENDAFTARAN

Prosedur pendaftaran secara online. Tata cara dan tahap pendaftaran dapat dilihat dan dipahami  di web SPMB UNS: https://spmb.uns.ac.id/

  1. Calon mahasiswa mengisi formulir pendaftaran melalui internet pada laman https://spmb.uns.ac.id klik menu “Pendaftaran”:
    a. Calon akan mendapatkan Nomor Pendaftaran SPMB PSPA UNS.
    b. Calon mencetak Tagihan Pembayaran.
  2. Calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran*) sebesar Rp 500.000,- (lima ratus ribu rupiah) melalui Bank Mandiri, BTN, BNI, Bank Jateng, atau Bank Rakyat Indonesia dengan menuliskan Nama dan Nomor Pendaftaran. Lihat Tata Cara Pembayaran Biaya Pendaftaran SPMB UNS
    Keterangan:
    *) Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali
  3. Calon mahasiswa mengunggah dokumen persyaratan (perhatikan juga peringatan tentang syarat file yang bisa diupload beserta informasi materai yang harus dipakai untuk berkas pernyataan), pada laman https://spmb.uns.ac.id dengan terlebih dahulu login menggunakan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses:
  4. Setelah Panitia melakukan verifikasi data, Calon mencetak Kartu Tanda Peserta pada laman https://spmb.uns.ac.id dengan menggunakan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses apabila sudah data sudah diverifikasi oleh panitia.
  5. Mengikuti tes masuk sesuai jadwal yang telah ditetapkan panitia.

MATERI UJIAN

  1. Sesi 1: ujian Tes Potensi Akademik (TPA)
  2. Sesi 2: ujian Bahasa Inggris (TOEFL)
  3. Sesi 3: ujian kefarmasian
    Materi ujian bidang kefarmasian metode CBT (computer based test) jumlah soal 100 yang meliputi: Kimia farmasi, Biologi farmasi, Teknologi farmasi, Farmakologi, Farmasi Klinik dan Komunitas
  4. Wawancara
    Materi ujian meliputi praktek kemampuan dasar bidang kefarmasian

PENGUMUMAN HASIL

Pengumuman hasil terdiri atas pengumuman lolos administrasi dan pengumuman akhir mahasiswa baru yang diterima. Mahasiswa yang berhak melanjutkan ke tahapan tes seleksi adalah yang sudah diumumkan lolos administrasi. Mahasiswa yang sudah diumumkan diterima sebagai mahasiswa baru wajib melaksanakan registrasi, dan akan kehilangan haknya sebagai mahasiswa baru jika tidak melaksanakan registrasi sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Pengumuman hasil PMB dapat dilihat melalui web: http://spmb.uns.ac.id/

REGISTRASI/DAFTAR ULANG/PEMBERKASAN

Setelah dinyatakan lulus seleksi, calon mahasiswa baru bisa melakukan daftar ulang dengan menyerahkan berkas-berkas yang telah diupload secara online sesuai poin B di atas dan melakukan pembayaran UKT pada tanggal yang telah ditentukan.

LAMPIRAN

  1. Form Surat Pernyataan kesanggupan membayar biaya studi dari sponsor atau wali mahasiswa
  2. Form Surat Pernyataan Kebenaran Data
  3. Form Surat Pernyataan Kesediaan Penempatan PKPA

BIAYA PERKULIAHAN

Daya tampung dan biaya kuliah Pendaftaran Mahasiswa Baru Periode I Tahun 2023 adalah sebagai berikut:

Daya Tampung

UKT*

(Rp)

SPI*

(Rp)

20

12.500.000

10.000.000

*UKT = Uang Kuliah Tunggal, dibayarkan tiap semester

**SPI = Sumbangan Pengembangan Institusi, dibayarkan satu kali selama studi