Profil Program Studi Ilmu Gizi


Pencarian khusus

Nama program studi : Ilmu Gizi

Ketua program studi : Dr Diffah Hanim, Dra MSi

Website program studi : http://s2gizi.pasca.uns.ac.id

Email program studi : s2ilmugizi@mail.uns.ac.id

Daya Tampung : 0

Program Studi Magister Ilmu Gizi Pascasarjana Universitas Sebelas Maret dirancang sebagai Program Studi S2 multi disiplin dari S1 dan yang  sederajad  di bidang ilmu gizi, kesehatan masyarakat, dan ilmu pangan dengan tatakelola di bawah Pascasarjana. Kualifikasi kompetensi lulusan di bidang IPTEK gizi, sikap, tingkah laku, dan kemampuan sebagai ilmuwan gizi pada taraf S-2 (Magister) menjadi produk layanan Program Studi Magister Ilmu Gizi Pascasarjana UNS. Kemampuan yang dimiliki oleh para lulusan adalah kemampuan untuk melaksanakan pendidikan, penelitian, dan publikasi hasil Tesis di bidang IPTEK Ilmu Gizi, yang diserasikan dengan kepentingan stakeholder dan kebutuhan masyarakat, serta berlandaskan nilai-nilai kejujuran dan keterbukaan dengan tetap memperhatikan perkembangan ilmu gizi secara global.  Sejak tahun 2013 Program Studi Magister Ilmu Gizi Pascasarjana UNS telah membuka dua peminatan yaitu Gizi Manusia (Human Nutrition) dan Gizi klinik (Clinical Nutrition).

Program Studi Magister Ilmu Gizi Pascasarjana Universitas Sebelas Maret memiliki tanggung jawab secara akademis maupun non akademis dalam melaksanakan pendidikan yang berkualitas, objektif,dan inovatif dalam menghadapi trend perubahan lingkungan global, dengan keunikan dan nilai tambah sebagai bagian dari jati dirinya. Sistem penjaminan mutu akademik dirancang dan dilaksanakan untuk dapat menjamin mutu gelar akademik yang diberikan kepada lulusan dengan kompetensi peminatan Human Nutrition maupun Clinical Nutrition.

Syarat diterima menjadi mahasiswa S2 Ilmu Gizi Pascasarjana UNS adalah:

No

Kriteria

Data/Informasi

1

Persyaratan IPK minimal 3.00

IPK minimal ≥ 3.00

2

Akreditasi PS S-1 asal oleh BAN-PT/ LAM-PTKes minimal B

Akreditasi PS S-1 asal oleh BAN-PT/LAM-PTKes minimal B

3

TOEFL minimal 450

English for Academic Purposes(EAP) dengan skor minimal

0 (setara dengan TOEFL skor minimal 450)

4

TPA minimal 450

lulus Tes Potensi Akademik (TPA) dengan skor minimal 450

5

Ada kepastian Sumber Dana Studi S-2

Beasiswa / Mandiri

 

Kegiatan akademik dan kemahasiswaan pada mahasiswa baru dimulai dengan program matrikulasi (selama 1 bulan) pada bulan Juli setiap tahunnya. Adapun rutinitas jadwal akademik PS Magister Ilmu Gizi Pascasarjana UNS adalah:

No

Waktu pelaksanaan

Jenis kegiatan

Keterangan

1

1 – 30 Juli

Matrikulasi kerjasama dengan AIPGI

Diikuti seluruh mahasiswa baru bersifat wajib

2

Agustus – Januari

Kuliah Semester I

Praktikum HN dan CN pada Semester III

Mahasiswa kelas Human Nutr dan Clinical Nutr sudah beraktifitas sesuai konsentrasi peminatan

3

September - Nop

Praktikum HN di Puskesmas

Pradik CN di RSUDM

Praktik Rotasi Gizi Klinik

Laporan hasil praktik

4

Oktober

Kuliah pakar Nasional / Internasional

Pakar internasional diadakan dengan kerjasama PS lain

5

Februari - Juli

Kuliah Semester II

Tahapan Tesis

Ada 4 Tahap Ujian Tesis

 

PS Magister Ilmu Gizi UNS memiliki sumber daya dan kapabilitas yang unggul yaitu :

 

Sistem pembelajaran setiap Semester diaudit mutu internal (AMI). Untuk pelaksanaan AMI setiap Semester telah dikoordinasikan oleh Lembaga Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNS laman https://lppmp.uns.ac.id Fungsi pengkajian dan pengembangan sistem mutu pembelajaran yang mengarah pada “Student Centered Learning” (SCL). Pascasarjana UNS telah mengembangkan berbagai jenis dan mekanisme pelaksanaan usaha penciptaan suasana akademis yang kondusif bagi proses pembelajaran PS Magister Ilmu Gizi sesuai Peraturan Rektor No: 585/UN27/HK/2016 dan No: 17/UN27/HK/2018. Selanjutnya mahasiswa S2 Ilmu Gizi dalam menyusun Tesis akan dibimbing Dosen sesuai keahliannya yaitu:

  1. Peminatan Human Nutrition
  1. Community Nutrition
  2. Public Health Nutrition
  3. Promotion and Education of Nutrition
  4. Gizi 1000 HPK
  1. Peminatan Clincal Nutrition
  1. Nutrition Therapy
  2. Gizi Biomedik
  3. Gizi dan Penyakit Tidak Menular
  4. Gizi dan Infeksi

 

Pelaksanaan pelaporan kegiatan dan kemajuan PS Magister Ilmu Gizi dalam tatakelola http://s2gizi.pasca.uns.ac.id  dan beberapa aplikasi sistem informasi telah tersedia pada http://pasca.uns.ac.id Bandwith sudah tersedia memadai untuk kepentingan akses informasi mahasiswa.

 

VISI PRODI MAGISTER ILMU GIZI

"Menjadi program studi magister di bidang ilmu gizi manusia dan gizi klinik yang unggul di tingkat internasional (2029)"

MISI PRODI MAGISTER ILMU GIZI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berkualitas di bidang gizi manusia dan gizi klinik
  2. Mengembangkan IPTEK Gizi melalui penelitian mutakhir di bidang gizi manusia dan gizi klinik yang berorientasi pada masa kini maupun ke masa depan
  3. Menerapkan dan mendayagunakan IPTEK di bidang gizi manusia dan gizi klinik untuk mencapai kualitas kehidupan masyarakat yang lebih baik (sehat, aktif, cerdas, produktif dan inovatif)
  4. Mengembangkan kegiatan kemitraan dengan berbagai stakeholder di bidang gizi manusia dan gizi klinik

Ruang kuliah di Program Studi Ilmu Gizi dilengkapi dengan fasilitas AC dan LCD yang permanen untuk menunjang proses belajar mengajar dan kegiatan mahasiswa. Jumlah kursi yang dilengkapi tempat menulis sesuai kebutuhan. Ketersediaan kursi dan meja di ruang komputer yang dapat digunakan oleh satu mahasiswa. Sarana sistem informasi terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Kualitas perangkat keras yang sangat baik dan didukung oleh komputer personal yang canggih, terkoneksi dalam jaringan dan menggunakan Operating System Microsoft Windows 2010. Perangkat komputer yang digunakan mahasiswa dalam proses belajar serta keperluan mahasiswa lainnya meliputi: Komputer Personal Multimedia (Processor Intel Dual Core 3.0 GHz), berada di laboratorium komputer terhubung ke dalam jaringan LAN dan internet; dilengkapi dengan Power Supplay (Nexus) dan printer. Jumlah perangkat keras sudah memadai dengan mempertimbangan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki notebook dan bisa melakukan akses internet melalui hotspot.

Semua komputer yang ada telah terkoneksi dengan jaringan internet. Tersedia fasilitas Local Area Network (LAN) yang terhubung secara online dengan internet dan koneksi dedicated broadband 24 jam, dengan pengaturan-pengaturan untuk efektivitas penggunaannya. LAN di PPs UNS dikembangkan dari jaringan tulang punggung (backbone) UNS berbasis media serat optic dengan menggunakan kabel Unshileded Twisted Pair (UTP) dan nirkabel-wireless fidelity (Wifi). Pada saat ini, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret menggunakan fasilitas hotspot (Wifi) yang dapat digunakan mahasiswa dan civitas akademika mengakses jaringan internet di dalam gedung pascasarjana. Selain itu, di area Puskom Universitas Sebelas Maret juga tersedia hotspot yang dapat digunakan oleh mahasiswa.

Mahasiswa kelas peminatan Human Nutrition (HN) dapat mengakses data dan pelayanan Puskesmas di Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten dan Sragen, Jawa Tengah untuk melakukan praktik gizi masyarakat.  Sedangkan mahasiswa kelas Clinical Nutr (CN) dapat menggunakan Pradik dan Praktik Rotasi Gizi Klinik di RSUDM Surakarta. 

 

Kualitifkasi dosen menurut kompetensi, PS Magister Ilmu Gizi Pascasarjana UNS memiliki Staf Pengajar dengan kewenangan akademik yang penuh meskipun sistem pengajaran pada setiap mata kuliah dilaksanakan secara Tim Dosen. Setiap Dosen berhak mengajar kelas HN dan kelas CN, membimbing dan menguji Tesis.  Setiap Dosen memiliki latar belakang pengalaman penelitian di bidang IPTEK Gizi Klinik, Gizi Masyarakat, Uji Gizi Klinik dengan hewan coba di Laboratorium.  Berdasarkan keahlian dan Riset Grup Dosen maka PS Magister Ilmu Gizi memiliki pakar di bidang:

  1. Gizi Molekuler dan Biomedik
  2. Gizi Masyarakat
  3. Tatalaksana Gizi Klinik
  4. Gizi dan Keganasan Sel
  5. Gizi dan Penyakit Tidak Menular
  6. Gizi dan Penyakit Infeksi
  7. Food Science dan Food Service
  8. Tatalaksana Gizi 1000 HPK

 

Dosen PS Magister Ilmu Gizi melaksanakan publikasi hasil Tesis bersama mahasiswa dan memproses perolehan HaKI produk Tesis.  Setiap mahasiswa berhak mendapat kesempatan melaksanakan penelitian dari kegiatan penelitian dosen S2 ilmu Gizi dengan kesepakatan yang diatur oleh Dosen dan mahasiswa.

Dosen PS Magister Ilmu Gizi bersama mahasiswa mengikuti seminar nasional/lokakarya / konferensi internasional untuk publikasi hasil Tesis yang dimuat pada Prosiding Nasional ber-ISSN atau Prosiding Internasional terindex Scopus atau yang setara Scopus. Selain itu PS berkewajiban mendorong dosen untuk aktif dalam penjaminan mutu PS, mahasiswa dan lulusan. Adapun dosen tetap Prodi S2 ilmu Gizi adalah:

No.

Nama Dosen Tetap

NIDN / MIDK

Gelar Akademik

Bidang Keahlian /

MK yang diampu

1.

Achmad Arman SSubiyanto Description: Description: C:\Users\PSIK3S\Downloads\2016-09-27-LT7fNG4BpStrHqLDtYq8EWr_hxM2ZXmA.jpeg

007114803

Prof.,Dr.,dr.,MS

Pakar Ilmu Kesehatan Masyarakat

MK : Biostatistik Gizi Kesmas

2.

Ambar Mudigdo

0017034904

Prof.,Dr.,dr.,Sp.PA

Pakar Patologi Anatomi

MK : Patobiologi Gizi

3

Bhisma Murti

0021105506

Prof.,dr.,MPH,M.Sc.,Ph.D

Pakar Ilmu Kesehatan Masyarakat

MK : Biostatistics & Epidemiology

 

4

Didik Gunawan

Tamtomo

0013034806

Prof., Dr., dr., PAK, MM, M.Kes

Pakar Manajemen Kedokteran Keluarga

MK: Gizi Kedokteran Keluarga

5

Harsono Salimo

0026124401

Prof.Dr.Sp.A (K)

Pakar Dokter Ilmu Penyakit Anak

MK : Tumbuh Kembang Anak

6

Hartono

0027076508

Prof. Dr,dr.,M.Si

Pakar Ilmu Kesehatan Lingkungan

MK : Promosi Gizi Kesehatan Lingkungan

7

Suradi

Description: Description: 2016-09-27-7VC1aqsVnAERXoCqTnhTnfT2Qrh3IqKJ

002105470

Prof.Dr.dr,Sp.P(K),MARS

Pakar  Kedokteran dan Ilmu Penyakit Paru

MK : Filsafat Ilmu Gizi & Kedokteran

8.

Zainal Arifin AdnanDescription: Description: 2016-09-27-GvWRYXlzrIDupMPhV8XNIHGajR4lFRst

0001065106

Prof, Dr, dr.,SpPD-KR-FINASIM

Pakar  Kedokteran Ilmu Penyakit Dalam

MK Gizi Klinik dan infeksi

9.

Afiono Agung PrasetyoDescription: Description: 2016-09-27-WQ8wuYu-pmiH0G4uTfWhpjGELAqDdRkn

0007097703**

dr., Ph.D

Pakar Kedokteran, Mikrobiologi dan Biologi Molekuler

MK: Gizi Molekuler pada sistem Daur Kehidupan

10.

Ari Natalia Probandari

0021127502**

dr.,MPH., PhD

Pakar Public Health

MK: Surveilance Gizi, Metode Penelitian Gizi Kesehatan

11

Brian WasitaDescription: Description: indexE

0022077903**

dr,Ph.D, Sp.PA

Pakar: Kedokteran Patologi Anatomi

MK: Biologi Molekuler dan Bioteknologi Gizi, Etika Kedokteran

12.

Budiyanti Wiboworini

0015076504**

Dr. dr., M.Kes, SpGK

Pakar Manajemen Gizi Klinik

MK : Gizi klinik pada daur kehidupan

Metabolisme Gizi, praktik rotasi gizi klinik

13

Diffah Hanim

0020026403

Dr., Dra., M.Si

Pakar  Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga

MK : Gizi Masyarakat 1000HPK dan Promosi Gizi berbasis sumberdaya Keluarga

14.

Dono Indarto

Description: Description: 2017-01-09-LeB9_480Gj8zPIfX25E73UfbwkEL2RaM

0004016702

dr,M.Biotech.St,Ph.D

Pakar Gizi Biomedik, Biomolekuler Kedokteran

MK : Bioteknologi Gizi, Metabolisme dan Fisiologi Gizi, Praktik gizi masyarakat

15.

Paramasari yuDescription: Description: Description: C:\Users\PSIK3S\Downloads\index.jpg

0021046606

dr.,Ph.D

Pakar Kedokteran Imunologi Gizi

MK : Parasitologi dan Bioteknologi Gizi, Imunopatobiologi Gizi

16

Risya Cilmiaty A.RDescription: Description: Description: D:\dr Risya\Foto Close up Risya COMPRES.jpg.

0010075802

Dr.drg,M.Si,Sp.KG

Pakar  Kedokteran gigi dan pertumbuhan gigi anak, Gizi pada Konservasi Gigi remaja

MK : pertumbuhan gigi anak, Gizi pada Konservasi Gigi

remaja

17

Adi PrDescription: Description: 2016-09-27-_dccWWI-hfVK1MMlaOQ2JmolDXAcq6Jaayitno

0001115909**

Dr.drg.,M.Kes.

Pakar Ilmu Penyakit Gigi dan Mulut

MK: Imunologi gizi

Nama Keahlian Lihat Detail
Prof. Dr. YULIA LANTI RETNO DEWI, dr.,M.Si Gizi,Kesehatan Lingkungan Lihat Detail
Dr. RISYA CILMIATY A.R., drg,M.Si,Sp.KG Konservasi Gigi Lihat Detail
Dr. SAPJA ANANTANYU, S.P., M.Si. Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat Lihat Detail
Dr. PRABANG SETYONO, S.Si.,M.Si. EKOLOGI (ILMU LINGKUNGAN) Lihat Detail
AFIONO AGUNG PRASETYO, dr.,Ph.D. Medical Sciences/ Virology Lihat Detail
Prof. Dr. ADI PRAYITNO, drg.,M.Kes. Patologi Mulut dan Maxiofasial Lihat Detail
BRIAN WASITA, dr., P.hD.,Sp.PA PATOLOGI ANATOMI Lihat Detail
Prof. Dr. ENDANG SUTISNA SULAEMAN, dr., M.Kes. Promosi Kesehatan Lihat Detail
Prof. ARI NATALIA PROBANDARI, dr.,MPH, PhD Kesehatan Masyarakat Lihat Detail
Prof.Dr. AMBAR MUDIGDO, dr.,Sp.PA(K) Patologi Anatomi Lihat Detail
Prof.Dr. DIDIK GUNAWAN TAMTOMO, dr,PAK,MM,M.Kes Pendididkan Keluarga Lihat Detail
Prof.Dr. SANTOSO, dr.,MS,Sp.OK K3 Lihat Detail
Prof. BHISMA MURTI, dr.,MPH,M.Sc,Ph.D Ilmu Kesehatan Masyarakat Lihat Detail
Prof. Dr. HARTONO, dr.,M.Si. Fisiologi Lihat Detail
PARAMASARI DIRGAHAYU, dr.,Ph.D. Parasitologi dan Mikologi Lihat Detail
Prof.Dr.dr. HARSONO SALIMO, Sp.A(K) Ilmu Kesehatan Anak Lihat Detail
Prof.Dr. SURADI, dr,Sp.P(K),MARS Ilmu Penyakit Paru dan Pernapasan Lihat Detail
Dr. BUDIYANTI WIBOWORINI, dr.,M.Kes, Sp.GK Gizi Klinik Lihat Detail
Dr. DIFFAH HANIM, Dra., M.Si Gizi Masyarakat Lihat Detail
Dr. Ir. KUSNANDAR, M.Si. MANAJEMEN AGRIBISNIS Lihat Detail
Prof. Dr. Ir. AHMAD YUNUS, M.S. Bioteknologi Tanaman Lihat Detail
Prof.Dr.dr JB. SUPARYATMO, SP.PK-K Patologi Klinik Lihat Detail
DONO INDARTO, dr,M.Biotech.St,Ph.D Proteomics, Biologi Molekuler, Endokrinologi dan Fisiologi Lihat Detail
Prof.Dr. H. ACHMAD ARMAN SUBIJANTO, dr.,M.S. Ilmu Kesehatan Masyarakat Lihat Detail
Prof.dr. BAMBANG SUPRAPTO, M.Ed.Sci. Lihat Detail
Prof.Dr. SUROTO, dr.,Sp.S(K), FAAN Lihat Detail
Prof.Dr. MUCHSIN DOEWES, dr.,SU,AIFO,MARS Ilmu Faal Olahraga Lihat Detail
Dr. Sugiarto, dr., SP.PD Lihat Detail
Dr. Ir. ADI MAGNA PATRIADI NUHRIAWANGSA, S.Pt., M.P., IPM. Teknologi Hasil Ternak Lihat Detail
Dr. ETI PONCORINI PAMUNGKASARI, dr.,M.Pd. Medical education Lihat Detail
Dr. SUMINAH, M.Si Pemberdayaan Masyarakat Lihat Detail
Ir. LILIK RETNA KARTIKASARI,, M.P., M.Agr.Sc., Ph Teknologi Hasil Ternak Lihat Detail

Minat Penelitian Dosen

# Keminatan Riset Nama Dosen
1 A-IGIC (A-INFECTION, GENOMIC, IMMUNOLOGY & CANCER) 1 Prof.Dr. ZAINAL ARIFIN ADNAN, dr.,Sp.PD-KR-FINASIM
2 AFIONO AGUNG PRASETYO, dr.,Ph.D.
3 Dra. SRI HARYATI, M.Kes.
4 Prof. Dr. HARTONO, dr.,M.Si.
5 Dr. REVIONO, dr.,Sp.P(K)
6 Ir. RUBEN DHARMAWAN, dr.,Ph.D
7 MARWOTO, dr,Sp.MK,M.Sc
8 TRI NUGRAHA SUSILAWATI, dr,M.Med, PhD
9 SIGIT SETYAWAN, dr.,M.Sc
10 SUYATMI, dr,Mbiomed,Sci
11 YULIA SARI, S.Si.,M.Si.
12 BRIANDANI SUBARIYANTI, dr.

Kerjasama di S2 Ilmu Gizi, meliputi:

  1. KERJASAMA DALAM NEGERI

1

LSM Veco Solo Raya

Penyusunan draft dokumen Perda tentang Makanan Sehat di Sekolah

2

RSUD Muwardi Surakarta

Praktikum rotasi gizi klinik

3

Puskesmas dari :

  1. DKK Sragen
  2. DKK Klaten
  3. DKK Boyolali

 

Praktikum Gizi Masyarakat

4

SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Kabupaten Pacitan

Penelitian tentang Pola Pangan dan Gizi Masyarakat menurut kelompok umur

5

Industri Pangan/Gizi (PT Otsuka Indonesia)

Kuliah Kerja lapang Gizi Istitusi dan Gizi Kerja

6

Lembaga Riset dan Edukasi Gizi Mandiri Striata Grup Kab Malang

Penelitian tentang Pengembangan Produk Gizi Anak Balita

7

Perguruan Tinggi (UGM)

UGM pelaksanaan penelitian Tesis tentang Nutrigenomik

8

Pusat Pengembangan dan Penelitian Pangan Gizi Kesehatan Masyarakat LPPM UNS

Mengikutsertakan mahasiswa dalam perencanaan penelitian dengan pihak LSM dan Riset Grup Pusat Studi Pengembangan dan Penelitian Panan, Gizi Kesehatan Masyarakat ((P4GKM-LPPM UNS) dan payung penelitian dosen untuk tesis pada riset grup(RG) Biomedik (FK UNS), RG A-IGIC (A-Infection, Genomic, Immunology, and Cancer) serta payung penelitian Human Proteomics

9

SAI Global Training Program Internal Auditor in ISO 9001:2015 dan LPPMP UNS

Mengikutsertakan PS dalam kajian audit mutu

10

AIPGI

Penyusunan Kurikulum dan Penyelenggaraan Matrikulasi

11

Poltekes Surakarta

Penelitian Tesis

12

Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat

Penelitian Gizi dan Penyakit Infeksi

13

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Biasiswa Mahasiswa

Seminar Nasional Riset Tesis

  1. KERJASAMA LUAR NEGERI

1

KPJ Johor Specialist Hospital 39-B jalan Abdul Samad, 80100 Johor Bahru, Johor Malaysia

Kuliah Kerja lapang Gizi Istitusi dan Gizi Kerja (Clinical Nutrition Instalation)

2

Normah Medical Specialist Centre, Kucing Sarawak

Perencanaan pelaksanaan Kuliah Kerja lapang Gizi Istitusi dan Gizi Kerja (Clinical Nutrition Instalation) dan Food Services

3

Prof Winai Dahlan PhD

Konsultasi Srtifikasi Halal untuk Instalasi Gizi Rumah Sakit yang diakui WHO

4

Umea University Sweden

General Lecture and Epidemiology Research

5

Mahidol University Thailand

International Lecture

6

National University of Malaysia

Kerjasama Publikasi internasional

 

Berdasarkan kompetensi yang dicapai oleh setiap mahasiswa PS Magister Ilmu Gizi maka setiap lulusan akan memiliki lapangan kerja sesuai peminatan yaitu

Lapangan kerja dari kelas Human Nutrition akan mampu bekerja sebagai:

  1.  Kepala Unit Pengembangan Solusi IPTEK Gizi di Industri Makana dan Minuman, dan bisnis di bidang makanan dan minuman lainnya
  2. Pendidik dan peneliti Ilmu Gizi pada instansi pemerintah, swasta ataupun badan dunia seperti WHO, UNICEF, WFP, dll
  3. Konsultan Gizi pada Lembaga Swadaya Masyarakat, Kantor Kementerian (Kesehatan, Pertanian, Perindustrian, dll) khuusnya pada Layanan promotiv & Preventif guna penjaminan status gizi yang baik
  4. Ahli Promosi Gizi untuk tumbuh kembang anak, kelangsungan hidup kelompok berkebutuhan khusus, dan kualitas hidup lansia
  5. Advokasi Gizi pada proses pembangunan manusia berkualitas di daerah, kabupaen, kota maupun internasional
  6. Leader Manager Program perbaikan status gizi masyarakat di daerah endemik maupun daerah pasca bencana

 

Lapangan kerja dari kelas Clinical Nutrition akan mampu bekerja sebagai:

  1. Kepala instalasi gizi Rumah Sakit Daerah
  2. Pendidik dan peneliti Ilmu Gizi klinik pada instansi pemerintah, swasta ataupun badan dunia seperti WHO, UNICEF, WFP, dll
  3. Konsultan Gizi pada RSB, Klinik Bersama, RSA, Pondok ASI dan Gizi Klinik, Kantor Kementerian Kesehatan, WHO, UNICEF khususnya pada Layanan promotiv & Preventif guna penjaminan status gizi yang baik
  4. Advokasi Gizi pada proses pembangunan manusia berkualitas di daerah, kabupaen, kota maupun internasional
  5. Leader Manager Program perbaikan status gizi masyarakat di daerah endemik maupun daerah pasca bencana

 

Jumlah lulusan PS Magister Ilmu Gizi per tahun adalah:

 

Dari jumlah mahasiswa yang telah lulus dan berhasil diikuti jejak aktivitasnya menjadi Profil Alumni

Magister Sains Gizi (MGz) yang diluluskan dari Prodi S2 Ilmu Gizi Pascasarjana UNS memiliki kompetensi yaitu

  1. Mampu menganalisis masalah IPTEK Gizi berdasarkan  tujuan program
  2. Mampu mengembangkan Solusi IPTEK Gizi berdasar metode yang akurat
  3. Menjadi Pendidik Ilmu Gizi pada semua tingkatan termasuk kepada stakeholder
  4. Menjadi Peneliti Gizi baik kasus gizi masyarakat maupun gizi klinik
  5. Menjadi Konsultan Gizi (Program perbaikan gizi masyarakat maupun percepatan penyembuhan pasien)
  6. Menjadi ahli Promosi Gizi dan advokasi Gizi
  7. Leader /Manager Program Gizi

Mampu memberikan Layanan promotiv & Preventif di masyarakat (Puskesmas) maupun di Rumah Sakit / klinik

Kebanyakan hasil karya Tesis mahasiswa dapat dipublikasi pada Jurnal Internasional terindex Scopus atau yang setara.   Selain itu harus diseminarkan pada Seminar Nasional ber ISBN atau Conference Internasional dengan Proceeding terindex Scopus. 

Karya monumental mahasiswa diupayakan memperoleh HaKI atau jika ada produknya diurus Sertifikat Hak Paten. 

 

Nama Mata Kuliah SKS
EPIDEMIOLOGI GIZI 2
PATOBIOLOGI GIZI 1
FILSAFAT ILMU 1
FILSAFAT ILMU 1
PATOBIOLOGI GIZI 1
EPIDEMIOLOGI GIZI 2
ETIKA KEDOKTERAN 1
IMUNOLOGI GIZI 1
FISIOLOGI DAN METABOLISME ZAT GIZI 3
METODOLOGI PENELITIAN GIZI 2
PENILAIAN STATUS GIZI 2
BIOSTATISTIK 2
GIZI DAUR KEHIDUPAN 2
GIZI DAUR KEHIDUPAN 2
PENILAIAN STATUS GIZI 2
BIOSTATISTIK 2
FISIOLOGI DAN METABOLISME ZAT GIZI 3
METODOLOGI PENELITIAN GIZI 2
IMUNOLOGI GIZI 1
ETIKA KEDOKTERAN 1
Nama Mata Kuliah SKS
GIZI MOLEKULER DAN GENETIKA 2
ILMU BAHAN MAKANAN 2
ILMU BAHAN MAKANAN 2
SURVEILANS GIZI 2
GIZI KERJA DAN GIZI OLAHRAGA 2
TUMBUH KEMBANG ANAK 2
TUMBUH KEMBANG ANAK 2
GIZI INSTITUSI 2
GIZI KLINIK LANJUT 3
PENDIDIKAN GIZI 2
PERENCANAAN DAN KEBIJAKAN PROGRAM GIZI 2
GIZI KLINIK DASAR 3
GIZI MOLEKULER DAN GENETIKA 2
Nama Mata Kuliah SKS
TESIS 6
TESIS 6