Profil Program Studi FARMASI


Pencarian khusus

Nama program studi : FARMASI

Ketua program studi : Dr. rer. nat. Saptono Hadi, S.Si., M.Si., Apt.

Website program studi : https://farmasi.mipa.uns.ac.id

Email program studi : saptono.hadi@staff.uns.ac.id

Daya Tampung : 48

Program Studi S1 Farmasi FMIPA UNS berfokus pada kajian di bidang pharmaceutical sciences, maupun bidang pelayanan kefarmasian. Mata kuliah spesifik yang diberikan antara lain Standarisasi Bahan Alam, Analisis Kosmetika, FTS Kosmetika, Obat-obat estetika, Farmakovigilance, dan Nutrasetikal.

Dalam perjalanannya, capaian penting Program Studi S1 Farmasi FMIPA UNS diindikasikan dari:

  • Input mahasiswa yang berkulitas, ditunjukkan dengan tingkat keketatan yang tinggi. Inklusivitas PS Farmasi ditunjukkan keragaman asal mahasiswa yang sudah menjangkau 15 provinsi di Indonesia.
  • Kegiatan pendidikan didukung staf akademik yang berkualitas. Staf dosen tetap PS berkualifikasi Doktor, kandidat Doktor, dan Master, dari dalam dan luar negeri. Terdistribusi pada berbagai bidang keahlian, yaitu bahan alam, teknologi farmasi, farmasi klinik dan komunitas, dan kimia farmasi. Semua dosen sudah tersertifikasi, baik Serdos ataupun Pekerti/AA.
  • Kurikulum berbasis KKNI dan metode pembelajaran Student Centered Learning (SCL) 
  • Fasilitas penunjang proses belajar mengajar, layanan digital dan internet
  • Sarana Laboratorium yang memadai untuk praktikum dan penelitian, didukung keberadaan Laboratorium Terpadu FMIPA UNS dan UPT Laboratorium MIPA Pusat UNS
  • Prestasi mahasiswa baik di bidang penalaran maupun non-penalaran di tingkat nasional dan internasional.
  • Aktivitas riset yang sangat baik, ditandai oleh peraihan berbagai hibah penelitian bergengsi baik tingkat UNS maupun Nasional. Kegiatan publikasi didukung keberadaan jurnal JPSCR https://jurnal.uns.ac.id/jpscr yang saat ini sudah terindeks terindex Mendeley, Google Scholar, Crosreff, dan SINTA (Science and Technology Index) 3.
  • Penyelenggaran Annual Pharmacy Conference (APC) http://info.apc.uns.ac.id/ yang terselenggara secara tahunan.
  • Inisiasi kegiatan yang bersifat internasionalisasi, misalnya keberadaan mahasiswa asing dari 5 negara Asia, kegiatan magang mahasiswa internasional di IIUM Malaysia, research internship mahasiswa di Leiden University dan IIUM, kegiatan guest lecture secara berkala, dan rintisan kolaborasi riset internasional.

Sesuai visi FMIPA UNS sebagai lembaga pendidikan yang mempunyai visi menyiapkan tenaga terdidik yang unggul dalam bidang ilmu dasar dan terapan di tingkat nasional maupun internasional, maka dalam penyelenggaraannya Program Studi S1 Farmasi FMIPA UNS mengemban visi:

Menjadi program studi bereputasi internasional, menghasilkan sarjana farmasi yang kompeten dalam bidang sains-teknologi dan klinik-komunitas, dilandasi nilai luhur budaya nasional

Misi yang dijalankan oleh Program Studi S1 Farmasi FMIPA UNS adalah: 

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan sarjana farmasi yang kompeten dalam bidang sains-teknologi dan klinik-komunitas.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang mendukung pelaksanaan pendidikan serta menghasilkan berbagai inovasi unggul dalam bidang kefarmasian.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian di bidang kefarmasian untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
  4. Membangun kerjasama yang strategis dan berkelanjutan dengan stakeholders baik nasional maupun internasional dalam rangka mewujudkan tridharma perguruan tinggi.

 

Dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, Program Studi  S1 Farmasi FMIPA UNS dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana akademik, antara lain:

(1) Sarana perkuliahan, yang pengelolaannya ditangani oleh bagian akademik FMIPA UNS;

(2) Laboratorium, yang terdiri atas: (a) Laboratorium Farmasetika, Ilmu Resep, Teknologi Farmasi, Farmakologi, Farmasi Klinik yang dikelola Program Studi S1 Farmasi; (b) Laboratorium yang dikelola Program Studi lain seperti Kimia, Biologi, dan Ilmu Komputer; (c) Laboratorium Pusat UNS; (d) Laboratorium Terpadu FMIPA UNS; (e) Laboratorium Fakultas Kedokteran UNS; (f) Fasilitas kandang hewan penelitian. Beberapa alat penting yang ada antara lain: NMR, LC-MS, UV-VIS-NIR Spekrofotometer, FTIR, SEM, XRD, XRF, dll.

(3) Perpustakaan, yang dilengkapi layanan digital dan internet

(4) Rumah Sakit UNS, Apotek pendidikan, dan medical centre

(5) Hot-spot koneksi internet yang tersebar di seluruh lingkungan kampus UNS dengan sistem single sign-on (SSO).

Kegiatan pendidikan dan pengajaran di Program Studi S1 Farmasi FMIPA Universitas Sebelas Maret didukung staf dosen dengan kualifikasi pendidikan S2 dan S3 dari dalam dan luar negeri, seperti Belanda, Jerman, dan Australia. Sumber daya ini terdistribusi pada beberapa kelompok bidang keahlian, yaitu bahan alam, teknologi farmasi, farmasi klinik dan komunitas, dan kimia farmasi.

Secara keseluruhan tenaga edukatif tersebut adalah: (1) Dr. Ahmad Ainurofiq, S.Si., M.Si., Apt.; (2) Dr. rer. nat. Saptono Hadi, S.Si., M.Si., Apt.; (3) Nestri Handayani, S.Si., M.Si., Apt.; (4) Rita Rakhmawati, S.Farm., M.Si., Apt.; (5) Dinar Sari C.W., S.Farm., M.Si., Apt.; (6) Estu Retnaningtyas N., STP., M.Si.; (7) Wisnu Kundarto, S.Farm., M.Biomed., Apt.; (8) Anif Nur Artanti, S.Farm., M.Sc., Apt.; (9)  Fea Prihapsara, S.Farm., M.Sc., Apt.; (10) Heru Sasongko, S.Farm., M.Sc., Apt.; (11) Yeni Farida, S.Farm., M.Sc., Apt.; (12) Vinci Mizranita, S.Farm., M.Pharm., Apt.; (13) Sholichah Rohmani, S.Farm., M.Sc. Apt.; dan (14) Adi Yugatama, S.Farm., M.Sc., Apt.; (15) Dian Eka Ermawati, S.Farm., MSc., Apt. (16) Rasmaya Niruri S.Si., M.Farm.Klin., Apt. (16) Syaiful Choiri, M.Pharm.Sci., Apt.

Nama Keahlian Lihat Detail
Dr. rer.nat. SAPTONO HADI, S.Si., M.Si. ,Apt. Kimia Analitik Lihat Detail
DINAR SARI CAHYANINGRUM W, S.Farm.,M.Si. Natural products Lihat Detail
Rita Rakhmawati, S.Farm., M.Si., Apt. Lihat Detail
WISNU KUNDARTO, M.Biomed., Apt. Farmakologi, Farmasi Klinik Lihat Detail
YENI FARIDA, S.Farm., M.Sc.Apt FARMASI KLINIK Lihat Detail
HERU SASONGKO, S.Farm., M.Sc.Apt FARMAKOLOGI DAN FARMASI KLINIK Lihat Detail
DR. Ahmad Ainurofiq, S.Si., M.Si., Apt. KRISTALOGRAFI FARMASI Lihat Detail
Nestri Handayani, S.Si., M.Si., Apt. FARMASI BAHAN ALAM Lihat Detail
FEA PRIHAPSARA, S.Farm., M.Sc. Lihat Detail
VINCI MIZRANITA, S.Farm., M.Pharm., A Farmasi Klinik Lihat Detail
SOLICHAH ROHMANI, S.Farm,M.Sc,Apt Manajemen&Teknologi Farmasi Lihat Detail
ESTU RETNANINGTYAS NUGRAHENI, S.TP.,M.Si. MIKROBIOLOGI Lihat Detail
ANIF NUR ARTANTI, S.Farm, Apt., M.Sc. FARMASI SAINS Lihat Detail
ADI YUGATAMA, S.Farm., M.Sc., Apt. Lihat Detail
DIAN EKA ERMAWATI, M.Sc.,Apt. Teknologi Farmasi Lihat Detail
Rasmaya Niruri, S.Si., M. Farm.Klin. Farmasi Klinik Lihat Detail

Minat Penelitian Dosen

# Keminatan Riset Nama Dosen

Kerjasama dijalin oleh Program Studi S1 Farmasi FMIPA UNS dengan berbagai instansi pemerintah maupun swasta meliputi rumah sakit, apotik, Industri, Dinas Kesehatan, lembaga penelitian (B2P2TOOT, BATAN, dll), Perguruan Tinggi maupun lembaga lainnya, baik tingkat nasional maupun internasional. Lingkup kerjasama meliputi kegiatan magang mahasiswa,kolaborasi riset, kuliah kepakaran, dan tugas belajar.

Contoh kegiatan tersebut adalah penandatangan MOU Program Studi S1 Farmasi FMIPA UNS dengan Kulliyyat of Pharmacy IIUM Malaysia pada 19 Desember 2017, dimana salah satu implementasi MOU tersebut kegiatan student internship di fasilitas IKOP IIUM.

Peluang kerja lulusan Program Studi S1 Farmasi FMIPA UNS, antara lain: (1) Apotek; (2) Rumah Sakit (farmasi klinik/pharmaceutical care); (3) Pedagang besar farmasi (PBF) (obat dan alat kesehatan); (4) Industri farmasi, sebagai bagian penelitian dan pengembangan obat, bagian produksi obat, bagian quality control (QC), bagian quality assurance (QA), bagian pemasaran (marketing); (5) Industri obat tradisional; (6) Industri kosmetik; (7) Industri veterinary; (8) Industri makanan, minuman, nutrifood, minuman kesehatan; (9) Instansi pemerintahan dan TNI/Polri: bagian administrasi pelayanan obat pada instansi pemerintah/TNI/Polri Departemen Kesehatan (Depkes), Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), sebagai dosen BPPT Puskesmas Balai Penelitian (Balai Penelitian Obat tradisional, Tawangmangu), Laboratorium Forensik; (10) Peneliti di pusat-pusat penelitian.

Alumni Program Studi S1 Farmasi FMIPA UNS berhimpun dalam organisasi alumni yang didirikan pada tanggal 1 Oktober 2017 bernama Ikatan Alumni Sarjana Farmasi Universitas Sebelas Maret (IASFARSI UNS) dan disahkan dengan SK Dekan FMIPA UNS No. 2693.1/UN27.09/HK/2017.

Kepengurusan IASFARSI UNS periode 2017-2018 adalah sebagai berikut: Ketua Umum : Ardian Dewangga; Wakil Ketua Umum : Nur Rohman Efendi

 

Kompetensi lulusan Program Studi S1 Farmasi FMIPA UNS diharapkan dapat digunakan untuk bekerja di apotek, rumah sakit, industri farmasi, dan pemerintahan. Kompetensi utama lulusan adalah sebagai berikut:  

  1. Mampu mengidentifikasi masalah terkait obat dan alternatif solusinya.
  2. Mampu melakukan pelayanan sediaan farmasi sesuai prosedur.
  3. Mampu menyiapkan atau meracik sediaan farmasi sesuai prosedur.
  4. Mampu menerapkan ilmu dan teknologi kefarmasian dalam pembuatan dan penjaminan mutu sediaan farmasi.
  5. Mampu mencari, menyiapkan, dan memberikan informasi tentang obat dan pengobatan.
  6. Mampu berkomunikasi dan membangun hubungan interpersonal.
  7. Mampu menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan dan manajemen.
  8. Mampu bertindak secara bertanggungjawab sesuai ketentuan perundang-undangan dan etik kefarmasian.
  9. Menunjukkan penguasaan IPTEK, kemampuan riset, dan pengembangan diri.

Berbagai prestasi mahasiswa baik penalaran maupun minat dan bakat telah diraih mahasiswa Program Studi S1 farmasi FMIPA UNS. Total prestasi yang sudah diraih adalah 54 meliputi prestasi tingkat internasional, nasional, dan lokal, diantaranya:

  • Finalis PIMNAS tahun 2016, 2017, dan 2018
  • Juara 1 Olimpiade Farmasi Clinical Pharmacy Skill Event (KOFEIN 2018) Universitas Airlangga, a.n. Anggun Nurus Sholikhah, Qisty Aulia K., dan Waliyyin Razan Qanit

  • Juara 1 Olimpiade Farmasi Indonesia (OLFARNESIA) 2018  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) a.n. Agatha Vika Purwaningtyas, David Sarono Putro, Egita Kirana Janny Gunawan

  • Peraih Student exchange di Leiden University Institut of Biology Leiden Belanda tahun 2016 atas nama: Hardianti Deliana Rifqi

  • Peraih International Global Citizen Program di Budapest, Hungaria 2016 a.n. Nevirka Miararani 

  • Juara 3 International choir competition 63° Certamen Internacional de Habaneras y Polifonía, Spanyol, 2017 a.n. Kezia Esther Dinda 

  • Juara 1 Mawapres FMIPA UNS 2018 a.n. Qisty Aulia Khoiry

 

Nama Mata Kuliah SKS
Farmasi Fisika 1 2
Farmasetika I 3
Nama Mata Kuliah SKS
Farmakognosi I 2
Patofisiologi 2
Nama Mata Kuliah SKS
Kimia Organik II 3
Farmakologi Dasar 3
Formulasi Teknologi Sediaan Padat 3
Kimia Analisis II 3
Nama Mata Kuliah SKS
Mikrobiologi Farmasi 3
Farmakologi Molekuler 2
Kromatografi 3
Biologi Molekuler 3
Fitokimia 3
Nama Mata Kuliah SKS
Bioteknologi Farmasi 2
Kimia Medisinal II 2
Desain Sintesis Obat 3
Farmakokinetika 3
Nama Mata Kuliah SKS
Biofarmasetika 3
Analisis Makanan dan Kosmetika 3
Sistem Penghantaran obat 2
Farmakoterapi II 2
Nama Mata Kuliah SKS
Toksikologi 2
Elusidasi Struktur 2
Imunologi 2
Stabilitas Obat 2
Nanoteknologi 2

Program student internship di fasilitas IKOP Kulliyyah of Pharmacy IIUM Kuantan, Malaysia

Seminar dan Workshop 3rd ANNUAL PHARMACY CONFERENCE (APC 2018) di Sahid Jaya Hotel

Prestasi mahasiswa sebagai Juara 1 dalam Olimpiade Farmasi KOFEIN 2018 di UNAIR