Profil Program Studi Administrasi Publik


Pencarian khusus

Nama program studi : Administrasi Publik

Ketua program studi : Dr. Didik G Suharto, M.Si

Website program studi : http://pasca.uns.ac.id/s2iap

Email program studi : s2iap@mail.uns.ac.id

Daya Tampung : 0

Administrasi publik merupakan aspek strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya terkait penyelenggaraan urusan sektor publik. Dalam perspektif tersebut diperlukan sumber daya manusia yang unggul sebagai pelaksananya. Program Studi (S2/Magister) Ilmu Administrasi Publik (MAP) UNS menghasilkan lulusan berkualitas untuk menjawab kebutuhan sumber daya manusia yang ahli di bidang administrasi publik.

Program Studi (S2/Magister) Ilmu Administrasi Publik (MAP) adalah salah satu program studi magister (S2) yang ada di bawah koordinasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Program Studi (S2/Magister) Ilmu Administrasi Publik (MAP) diselenggarakan mulai tahun akademik 2003/2004 berdasarkan SK Dirjen Dikti Kemendikbud Nomor 939/D/T/2003 tanggal 7 Mei 2003. Akreditasi Program Studi (S2/Magister) Ilmu Administrasi Publik (MAP) memiliki peringkat  “A”  (sangat baik) berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor : 046/SK/BAN-PT/Ak-X/M/II/2013. Lulusan Program Studi (S2/Magister) Ilmu Administrasi Publik (MAP) tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan sejumlah negara, baik di institusi pemerintah, swasta, BUMD/BUMN, maupun perguruan tinggi.

Dalam rangka mendukung proses pembelajaran di program studi, staf pendidik (dosen) pada Program Studi (S2/Magister) Ilmu Administrasi Publik (MAP) secara kuantitas dan kualitas sangat memadai. Seluruh dosen sudah berkualifikasi pendidikan doktor (S3) dari perguruan tinggi dalam atau luar negeri, serta memiliki kepakaran di bidang masing-masing. Sarana/prasarana pembelajaran dilengkapi fasilitas ruang kuliah, ruang seminar/ujian, ruang baca, dan laboratorium yang dapat dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa.

Menjadi Program Studi yang menghasilkan sumberdaya manusia yang profesional, beretika  dan berdedikasi tinggi di sektor publik, dan menjadi pusat pengembangan disiplin ilmu administrasi publik di tingkat nasional dan internasional tahun 2020.”

Misi Program Studi Magister Administrasi Publik UNS dapat dijabarkan sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik jenjang magister (S2) yang berbudaya ilmiah dalam bidang Ilmu Administrasi Publik yang mendukung pembangunan nasional dengan mengedepankan kebaruan dan keunggulan azas kaidah ilmiah.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan inovasi dalam pengembangan Ilmu Administrasi Publik dalam rangka menjawab permasalahan yang bertaraf lokal, regional, nasional, dan internasional.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penerapan dan penyebarluasan Ilmu Administrasi Publik dan kebijakan publik serta membantu memecahkan permasalahan yang terjadi di masyarakat.
  4. Mengadakan kerja sama dengan berbagai pihak pada tingkat lokal, regional, nasional, maupun internasional di bidang tridarma perguruan tinggi dengan menciptakan budaya akademik kondusif dan berorientasi pada pengembangan Ilmu Administrasi Publik dan pemecahan masalah publik.

 

Untuk menunjang kelancaran proses belajar mengajar, Program Studi (S2/Magister) Ilmu Administrasi Publik (MAP) UNS dilengkapi dengan fasilitas pendidikan yang memadai. Fasilitas pendidikan ini terdiri dari :

  1. Ruang kuliah yang representatif
  2. Ruang Ujian Tesis
  3. Perpustakaan
  4. Laboratorium ICT
  5. Ruang baca dan belajar
  6. Tempat ibadah (Mushola)
  7. Internet free (hotspot)
  8. Ruang diskusi dan seminar

Di samping fasilitas di atas mahasiswa Program Studi (S2/Magister) Ilmu Administrasi Publik (MAP) dapat menggunakan fasilitas lain dilingkungan Universitas Sebelas Maret.

Program Studi (S2/Magister) Ilmu Administrasi Publik (MAP) didukung oleh staf edukatif yang sesuai kepakaran di bidangnya, antara lain :

  1. Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Dwi Nurhaeni, M.Si
  2. Drs. Sudarmo, MA, Ph.D
  3. Dr. Drajat Trikartono, MS
  4. Dr. Didik Gunawan Suharto, M.Si
  5. Dr. Kristina Setyowati, M.Si
  6. Dr. Argyo Demartoto, M.Si
  7. Dr. D. Priyo Sudibyo, M.Si
  8. Dr. Rutiana Dwi Wahyunengseh, M.Si
  9. Dr. Rina Herlina Haryanti, M.Si
  10. Rino Ardhian Nugroho, MTI, Ph.D

Nama Keahlian Lihat Detail
RINO ARDHIAN NUGROHO, S.Sos,M.T.I.Ph.D Adm. Negara Lihat Detail
Dr. DRAJAT TRI KARTONO, M.Si SOSIOLOGI PERKOTAAN, SOS EKONOMI Lihat Detail
Dr. DESIDERIUS PRIYO SUDIBYO, , M.Si. Adm. Negara Lihat Detail
Dr. KRISTINA SETYOWATI, M.Si. Adm. Negara Lihat Detail
Dr RUTIANA DWI WAHYUNENGSEH, , S.Sos.,M.Si. Adm. Negara Lihat Detail
Dr. RINA HERLINA HARYANTI, S.Sos, M.Si. Adm. Negara Lihat Detail
Drs. SUDARMO, , M.A.,Ph.D. Adm. Negara Lihat Detail
Prof. Dr. ISMI DWI ASTUTI NURHAENI, M.Si Adm. Negara Lihat Detail
Dr DIDIK GUNAWAN SUHARTO, S.Sos.,M.Si Adm. Negara Lihat Detail

Minat Penelitian Dosen

# Keminatan Riset Nama Dosen

Program Studi MAP UNS bekerjasama dengan institusi dalam negeri dan luar negeri, antara lain Pemerintah Kota Magelang, Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Universitas Mulawarman, Universitas Cendrawasih, Universitas Terbuka, Burapha University Thailand, dan Warren Wilson College.

Profil karir lulusan Program Studi (S2/Magister) Ilmu Administrasi Publik (MAP) UNS meliputi: administrator, manajer sektor publik,  birokrat, pendidik, konsultan, peneliti,  analis kebijakan, dan penyedia jasa layanan publik.

Alumni Program Studi (S2/Magister) Ilmu Administrasi Publik (MAP) selama ini berkiprah di berbagai sektor, yaitu sebagai aparatur sipil negara di pemerintah pusat/daerah, dosen PTN/PTS, direktur BUMD, staf ahli / konsultan publik, peneliti, dan  administrator sektor publik lainnya di dalam negeri maupun luar negeri.

Kompetensi utama lulusan Program Studi (S2/Magister) Ilmu Administrasi Publik (MAP) UNS adalah sebagai berikut :

  1. Kemampuan mengembangkan pengetahuan dalam bidang administrasi publik melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji,  yang meliputi:
  1. Menguasai teori administrasi dan reformasi administrasi, organisasi, governansi publik, kebijakan publik, dan manajemen publik;
  2. Menguasai pendekatan berpikir sistem;
  3. Menguasai teori-teori pembangunan, sosial, dan ekonomi politik;
  4. Menguasai teori manajemen perubahan serta manajemen stratejik dan manajemen kinerja;
  5. Menguasai metode-metode dan instrumen dalam perspektif governansi publik;
  6. Menguasai metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan kombinasi.

Kemampuan mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional atau internasional.

  1. Mampu menyusun rencana penelitian dan melaksanakan kegiatan penelitian secara mandiri atau kelompok dalam bidang administrasi publik dengan menggunakan metode kuantitatif, kualitatif, atau kombinasi;
  2. Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan mempublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara;
  3. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  4. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  5. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  6. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  7. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  8. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Mahasiswa Program Studi (S2/Magister) Ilmu Administrasi Publik (MAP) memiliki prestasi yang dapat dibanggakan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Seperti mendapatkan best paper dalam seminar nasional dan international conference.

Nama Mata Kuliah SKS
Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik 3
Organisasi dan Manajemen Publik 3
Teori, Isu dan Praktek Administrasi Publik 3
Etika dan Perilaku Administrasi Publik 3
Analisis Kebijakan Publik 3
Manajemen Pelayanan Sektor Publik 3
Nama Mata Kuliah SKS
Isu dan Kebijakan Desentralisasi 3
Implementasi dan Evaluasi Kebijakan 3
Isu dan Formulasi Kebijakan Publik 3
Reformasi Administrasi Publik 3
Metode Penelitian Administrasi 3
Ekonomi Politik 3

Gedung Program Studi S2 Ilmu Administrasi Publik

Gerbang Depan FISIP UNS

Gapura Universitas Sebelas Maret

Rektorat