Profil Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam


Pencarian khusus

Nama program studi : Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam

Ketua program studi : Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D.

Website program studi : http://s3ipa.fkip.uns.ac.id

Email program studi : doctoripa@fkip.uns.ac.id

Daya Tampung : 0

Ilmu Pengetahuan Alam, ditinjau dari perannya merupakan bidang ilmu yang sangat strategis, yakni sebagai ilmu dasar yang melandasi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), sehingga bidang IPA harus senantiasa dikembangkan secara berkelanjutan. Untuk itu, perlu didukung oleh sumber daya pendidikan bidang IPA yang kompeten dan profesional, maka perlu diupayakan pengembangan dan peningkatan mutu sumber daya pendidikan melalui pendidikan lanjutan khususnya melalui Program Doktor (S3) Pendidikan IPA. Sebagai seorang calon Doktor, mahasiswa akan diminta bergabung dengan kelompok yang dinamis dan memiliki semangat belajar tinggi dengan keberagaman perbedaan latar belakang, ketertarikan akan sesuatu hal, dan perspektif. Dengan bergabung bersama PS S3 P. IPA, mahasiswa akan diberikan berbagai peluang untuk belajar bersama ahli-ahli yang memiliki pengalaman dan pengetahuan pada bidangnya. 

Menjadi pusat pengembangan ilmu dan pembelajaran IPA yang unggul di tingkat internasional pada tahun 2024 dengan berlandaskan pada nilai-nilai pendidikan dan budaya nasional

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran IPA yang berorientasi pada perkembangan IPTEK dan nilai-nilai pendidikan dan budaya nasional.  
  2. Menyelenggarakan pengkajian pendidikan dan pembelajaran IPA melalui penelitian dosen dan mahasiswa.
  3. Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dan pembelajaran IPA yang bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kerjasama profesional dengan berbagai pihak dalam lingkup nasional maupun internasional
  1. Beasiswa BPPDN
  2. Beasiswa UKT UNS
  3. Ruang kuliah semua dilengkapi dengan AC , LCD, dan Wifi.
  4. Laboratorium Pusat MIPA, Laboratorium PMIPA, Laboratorium Komputer, Laboratorium Microteaching, dan Laboratorium Bahasa yang lengkap.
  5. Ruang teleconference yang memfasilitasi kuliah online dengan perguruan tinggi mitra di luar negeri.
  6. Perpustakaan dengan koleksi lebih dari 37000 judul buku teks, 27 koleksi jurnal terakreditasi terlanggan, 12 koleksi jurnal internasional terlanggan, gratis akses e-journal dengan koleksi ratusan ribu artikel internasional seperti ebsco, springer, dan lain-lain.
  7. Fasilitas Olahraga meliputi GOR, Stadion, Track lari, Pedestrian khusus pejalan kaki.
  8. Tempat ibadah 5 Agama meliputi Masjid, Gereja, Pura, Wihara, dan Klenteng
  9. Fasilitas Kesehatan berupa Medical Center dan Rumah Sakit,
  10. Fasilitas penunjang kegiatan kemahasiswaan meliputi Auditorium dan Student Center
  11. Bank, ATM Center, Kantor Pos, Kantin, Hotel, Book Store,
  12. Akses wifi disemua sudut kampus, serta masih banyak fasilitas lainnya.
  13. layanan akademik (SIAKAD), layanan perpustakaan (DIgilib), layanan opencourseware (ocw), dan
    layanan learning management system atau pembelajaran daring (SPADA UNS).
  14. Sistem pembelajaran daring dan open course ware (ocw)
  15. Platform video conference berupa zoom meetingdengan pengelolaan akun oleh tiap prodi.

Jumlah Tenaga Pengajar ada 18 orang dengan 11 diantaranya Guru Besar. Bidang Keahlian meliputi Pendidikan IPA, Ilmu Fisika, Ilmu Kimia, Ilmu Biologi. Berasal dari Lulusan dalam dan Luar Negeri (Amerika, Jerman, Australia, Jepang, Malaysia)

Nama Keahlian Lihat Detail
Prof.Dr. ASHADI, kimia Lihat Detail
Prof.Dr.rer.nat SAJIDAN, M.Si. genetika Lihat Detail
Prof.Dr. Widha Sunarno, M.Pd Pendidikan Fisika Lihat Detail
Prof. Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Lihat Detail
Prof. Drs. CARI,, M.A., M.Sc., Ph.D. Lihat Detail
Prof. Dr. SUCIATI, M.Pd. PENDIDIKAN IPA Lihat Detail
Prof.Drs. Sentot Budi Rahardjo, Ph.D. Kimia Kompleks Lihat Detail
Prof. Dr. Sri Widoretno, M.Si. Pendidikan Biologi Lihat Detail
Dr. BASKORO ADI PRAYITNO, S.Pd.,M.Pd. Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Lihat Detail
Prof. Dra. SOEPARMI, M.A.,Ph.D. Fisika Teori Lihat Detail
Prof. Sukarmin, S.Pd., M.Si., Ph.D. Education Management Lihat Detail
Prof .Drs. SUTARNO, M.Sc.,Ph.D. Genetika Molekuler Lihat Detail
Prof. SULISTYO SAPUTRO, M.Si., Ph.D. Kimia Analitik Lihat Detail
Prof.Drs. SURANTO, M.Sc, Ph.D. Biologi Molekuler Lihat Detail
Dr. MOHAMMAD MASYKURI, M.Si. Kimia Fisika Lihat Detail
Prof. Dr. Fitria Rahmawati, S.Si, M.Si. electrochemistry Lihat Detail
Dr. SRI YAMTINAH, M.Pd. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Lihat Detail
Dr METI INDROWATI, S.Si., M.Si Lihat Detail

Minat Penelitian Dosen

# Keminatan Riset Nama Dosen
1 Pendidikan IPA 1 Prof.Dr. ASHADI,
2 Prof.Dr.rer.nat SAJIDAN, M.Si.
3 Prof. Dr. SUCIATI, M.Pd.
4 Prof. Dr. Sri Widoretno, M.Si.
5 Dr. MOHAMMAD MASYKURI, M.Si.
6 Prof. Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si.
7 Dr. BASKORO ADI PRAYITNO, S.Pd.,M.Pd.
8 MURNI RAMLI, S.P.,M.Si.,Ed.D
2 Evaluasi Pembelajaran Kimia 1 Prof.Dr. ASHADI,
2 Prof. SULISTYO SAPUTRO, M.Si., Ph.D.
3 Drs. HARYONO, M.Pd.
4 Dra. BAKTI MULYANI, M.Si.
5 Dr. SRI YAMTINAH, M.Pd.
6 Dr. SURYADI BUDI UTOMO, M.Si.
7 Dr.paed NURMA YUNITA INDRIYANTI, M.Si.M.Sc
8 Dr.rer.nat. SRI MULYANI, M.Si.
9 Dr. MARIA ULFA, S.Si., M.Si
3 Pembelajaran IPA-Fisika 1 Prof.Dr. Widha Sunarno, M.Pd
2 Dr NONOH SITI AMINAH, M.Pd
3 Drs. EDY WIYONO, M.Pd
4 Drs. TRUSTHO RAHARJO, M.Pd.
5 Drs. JAMZURI, M.Pd.
6 Dra. RINI BUDIHARTI, M.Pd
7 Drs. SUPURWOKO, M.Si.
8 Prof. Sukarmin, S.Pd., M.Si., Ph.D.
4 Biology Education research 1 Dr. SRI DWIASTUTI, M.Si.
2 Prof. Dr. SUCIATI, M.Pd.
3 Prof. Dr. Sri Widoretno, M.Si.
4 Drs. DWI OETOMO, M.Si.
5 Dr. BOWO SUGIHARTO, S.Pd.,M.Pd.
6 Dr. Riezky Maya Probosari, S.Si., M.Si.
7 Dr. BASKORO ADI PRAYITNO, S.Pd.,M.Pd.
8 Nurmiyati, S.Pd., M.Si.
9 MURNI RAMLI, S.P.,M.Si.,Ed.D
5 Material Kimia dan Aplikasinya 1 Prof.Dr. ASHADI,
2 Prof. SULISTYO SAPUTRO, M.Si., Ph.D.
3 Drs. HARYONO, M.Pd.
4 Dr. MOHAMMAD MASYKURI, M.Si.
5 Dr. ENDANG SUSILOWATI, S.Si.,M.Si.
6 Dra. BAKTI MULYANI, M.Si.
7 Dr. Nanik Dwi Nurhayati, S.Si., M.Si.
8 AGUNG NUGROHO CATUR SAPUTRO, S.Pd.,M.Sc.
9 Dr.paed NURMA YUNITA INDRIYANTI, M.Si.M.Sc
10 LINA MAHARDIANI, S.T., M.Sc., Ph.D.

Riset dan inovasi terus dilakukan oleh baik dosen maupun mahasiswa di PS S3 P. IPA melalui berbagai kegiatan riset di bawah payung penelitian hibah maupun penelitian bersama universitas di luar negeri. Sebagai pengajar, dosen-dosen di PS S3 P. IPA telah melaksanakan tri dharma perguruan tinggi yang juga mengharuskan dosen untuk melakukan pengabdian pada masyarakat dengan membuat inovasi-inovasi barang dan jasa terutama di bidang pendidikan IPA seperti instrumen penilaian, modul, bahan ajar, dan lain sebagainya. Universitas luar negeri yang pernah bekerja sama dengan PS S3 P. IPA dalam penelitian antara lain :

  1. Kyoto University
  2. Indian Institute of Science
  3. Departement of Oceanography, College of Ocean Sciences, Jeju National University Ara-dong, Jeju Korea
  4. Canan Suez University
  5. Universiti Kebangsaan Malaysia
  6. University of Washington, USA
  7. Fatih University, Istanbul, Turkey
  8. Institute of Didactic of Chemistry, Wuppertal University, Germany
  9. Universiti Sains Malaysia
  10. The Australian Council for Educational Research Ltd
  11. University of Canberra, Australia
  12. Antalya International University, Turkey
  13. Guangxi University for Nationalities of P.R.China

Serta kerjasama lain dengan :

  1. Pasiad Turki, Pembinaan Olimpiade.
  2. Universitas Dili Timor Leste, Mahasiswa Tugas Belajar
  3. DBE-2 USAID USA, Pendampingan Active Learning
  4. Kyoto University Jepang, Kerjasama Penelitian
  5. Indian Institute of Science India, Kerjasama Penelitian
  6. Canal Suez Univeristy Mesir, Kerjasama Penelitian dan pengembangan Sumber Daya Manusia
  7. Jeju National University Korea, Kerjasama Penerbitan Jurnal Ilmiah Internasional Bersama
  8. SMAN 3 Madiun, SMAN 2 Madiun, SMAN 2 Ngawi, SMAN 1 Tuban, SMAN 2 Tuban, SMAN 1 Wonogiri, SMAN 2 Wonogiri, kerjasama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
  9. SBBS Sragen, Kerjasama pembinaan Olimpiade
  10. SMAN 3 Surakarta, Kerjasama pembinaan Olimpiade
  1. Dosen
  2. Praktisi Pendidikan IPA
  3. Peneliti Pendidikan IPA
PARMIN WD 3 UNNES
SISKA DESY FATMARYANTI WR 1 UM Purworejo
JEFFRY HANDHIKA Kaprodi Pfisika Univ PGRI Madiun
Winarti UIN Suka
VIYANTI UNILA
PONIMIN SMK Klaten
Nur Khasanah WD 3 UIN Semarang
KARTIKA CHRISTY SURYANDARI PGSD UNS
Indah Slamet Budiarti uncen
IDAM RAGIL WIDIANTO ATMOJO Kaprodi PGSD UNS
MURWANI DEWI WIJAYANTI penerbit
SITI PATONAH UPGRIS Semarang 
WAHYUNI PURNAMI Univ Santo Paulus Ruteng 
MUHAMMAD MINAN CHUSNI UIN Sunan Gunung Jati Bandung
AHMAD KHOIRI Univ Sains Quran Wonosobo
BUDI UTAMI Ka Lab S1 P IPA
SUYATMAN UIN Raden Sahid Surakarta
RIEZKY MAYA PROBOSARI Pend. IPA UNS
SABAR NUROHMAN Sekretaris Prodi S1 IPA UNY
MITERIANIFA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sayarif Kasim Riau

Kompetensi utama yang diharapkan dari para lulusan Doktor Pendidikan IPA meliputi:

  1. Pembentukan Kemampuan Meneliti (65% dari total matakuliah dalam kurikulum)
    • Pembentukan kemampuan meneliti diarahkan pada penguasaan paradigma keilmuan, hakikat pengetahuan ilmiah, sarana berpikir, serta nilai-nilai yang terkait dengan kegiatan keilmuan.
    • Penguasaan paradigma keilmuan diarahkan pada pemahaman tentang prosedur keilmuan dalam memproses pengetahuan ilmiah melalui kegiatan penelitian.
    • Penguasaan tentang hakikat pengetahuan ilmiah diarahkan pada pemahaman tentang teori keilmuan sebagai acuan dalam pemecahan masalah.
    • Kegiatan penelitian diarahkan pada pengembangan semangat eksplorasi dan kreativitas dalam penemuan baru di bidang ilmu dan teknologi.
    • Penguasaan sarana berpikir diarahkan pada kemahiran menggunakan bahasa, logika, IPA, statistika, dan metodologi penelitian dalam kegiatan keilmuan.
    • Kegiatan penelitian menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkait dengan etika akademik yang diharapkan dapat menjadi landasan moral bagi pengembangan kode etik profesi dan kegiatan keilmuan lainnya. Kegiatan penelitian ini berpuncak pada penyusunan disertasi yang tidak menunjukkan hambatan.
  2. Pembentukan Kemampuan Mendidik (kompetensi pedagogik 15% dari total matakuliah dalam kurikulum)
    • Pembentukan kemampuan mendidik diarahkan pada penguasaan teori, strategi, metode, dan teknik pembelajaran dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar. 
    • Penguasaan butir tersebut di atas mencakup, baik penerapannya dalam memberikan pelayanan profesi sebagai pendidik maupun penjabarannya dalam mengembangkan substansi material dalam kegiatan penelitian.
    • Khusus untuk pendidikan keilmuan, penguasaan kemampuan mendidik mencakup kemampuan mengoperasikan fungsi pengetahuan ilmiah sebagai acuan dalam mendeskripsikan, menjelaskan, memprediksikan, dan mengontrol gejala alam melalui kegiatan belajar-mengajar.
    • Operasionalisasi fungsi pengetahuan ilmiah dalam proses belajar mengajar diarahkan pada kemampuan mempergunakan teori keilmuan sebagai acuan pemecahan masalah, membentuk kemampuan penalaran, membentuk kemampuan berpikir antisipatif, dan membentuk persepsi bahwa pengetahuan ilmiah merupakan produk pencarian kebenaran yang dilaksanakan secara dinamis dan bukan sekadar barang jadi yang dikonsumsi secara statis dengan jalan menghafal. Hal ini dilaksanakan dengan membahas perkuliahan dengan kurikulum dan aplikasinya dalam pengajaran di kelas (baik SD, SLTP, SMA, maupun perguruan tinggi).
  3. Pembentukan Kemampuan Keahlian (20% dari total matakuliah dalam kurikulum)
    • Pembentukan kemampuan keahlian diarahkan pada penguasaan berbagai disiplin keilmuan yang diperlukan dalam kinerja profesional dalam bidang keahlian tertentu.
    • Penguasaan disiplin keilmuan ini ditekankan pada fungsinya sebagai acuan dalam pemecahan masalah dan landasan teoretik bagi pengembangan keilmuan selanjutnya.
    • Penguasaan teori keilmuan mencakup kemampuan dalam mengembangkan instrumen untuk observasi atau kegiatan pengukuran.
    • Penguasaan teori keilmuan dalam suatu bidang tertentu diarahkan pada perluasan cakrawala penelitian dan pengembangan yang mungkin dilakukan dalam bidang keilmuan tersebut.
    • Dalam konteks ini, keberhasilan pengajaran suatu mata kuliah ditentukan oleh seberapa jauh materi perkuliahan tersebut memberi kontribusi bagi mahasiswa dalam merumuskan masalah penelitiannya.
    • Penguasaan teori keilmuan diarahkan pada keseimbangan antara kemampuan secara teoretik (technical know how) dan kemampuan secara managerial (managerial know how).
    • Secara keseluruhan pembentukan keahlian dicirikan bukan saja oleh penguasaan pengetahuan teoretis yang sesuai dengan bidang yang ditekuninya, melainkan sekaligus didasari penguasaan paradigma keilmuan yang memungkinkan berfungsinya secara optimal pengetahuan tersebut sebagai acuan berpikir, bersikap, bertindak, baik dalam pemecahan masalah yang dihadapi sesuai dengan keahlian profesional, maupun memperoleh pengetahuan baru melalui kegiatan penelitian, dan pengembangan penguasaan paradigma keilmuan ini diperkuat oleh kemampuan mendidik selaku pendidik profesional, yang memungkinkan ditransfernya pengetahuan secara efektif terhadap pihak lain, melalui kegiatan pengajaran dan bimbingan. Dosen-dosen program studi ada yang dari disiplin ilmu murni IPA dan ada yang dari disiplin pendidikan IPA, sehingga kemampuan keahlian dapat diberikan dengan kendali mutu yang memadai.

Kompetensi pendukung yang bersifat khusus, gayut dengan kompetensi utama yang telah diterangkan di atas. Kompetensi pendukung yang diharapkan dari para lulusan doktor Pendidikan IPA Program Pascasarjana FKIP UNS meliputi: kemampuan menyusun bahan ajar untuk Mata Pelajaran IPA, kemampuan mengembangkan pelatihan pembelajaran inovatif yang relevan untuk Mata Pelajaran IPA, dan kemampuan melaksanakan kaji tindak untuk perbaikan pembelajaran yang relevan dengan Mata Pelajaran IPA.

Kompetensi lain yang telah dirumuskan di Program Studi S3 Pendidikan IPA  FKIP UNS adalah kemampuan dalam melakukan analisis kebijakan pendidikan yang terkait dengan analisis hasil Uji Kompetensi Guru IPA, Pemetaam ketuntasan belajar siswa ditinjau dari hasil UN melalui sajian Topik  Problematika Pembelajaran IPA pada Mata Kuliah Desain Penelitian dan Analisis Data dan kompetensi lain tentang kemapuan analisis soal  olimpiade IPA melalui sajian Mata Kuliah IPA murni.

Mahasiswa Program Studi Doktor Pendidikan IPA FKIP UNS menunjukkan prestasi diantaranya sebagai pemakalah dalam konferensi/seminar nasional dan internasional di dalam maupun di luar negeri. Jumlah publikasi mahasiswa dalam bentuk artikel prosiding/jurnal internasional terindeks SCOPUS mencapai ratusan artikel. Sedangkan puluhan artikel telah terpublikasi dalam jurnal internasional, jurnal nasional dan prosiding seminar.

Nama Mata Kuliah SKS
DESAIN PENELITIAN DAN ANALISIS DATA KUALITATIF 3
FILSAFAT IPA 3
KAJIAN DAN ANALISIS PENELITIAN PENDIDIKAN IPA 3
KAJIAN FISIKA KLASIK 3
KAJIAN KIMIA STRUKTUR 3
DESAIN PENELITIAN DAN ANALISIS DATA 3
KAJIAN BIOLOGI MOLEKULER 3
KAJIAN IPA TERPADU 3
TEKNOLOGI NANO 3
INKUIRI PEMBELAJARAN IPA 3
Nama Mata Kuliah SKS
KAJIAN MANDIRI I 3
PSIKOLOGI KOGNITIF 3
PSIKOMETRI IPA 3
DESAIN PENELITIAN DAN ANALISIS DATA KUANTITATIF 3
KAJIAN FISIKA KUANTUM 3
KAJIAN KIMIA DINAMIK 3
KAJIAN IPA KONTEMPORER 3
PENULISAN KARYA ILMIAH 3
KAJIAN REKAYASA GENETIKA 3
Nama Mata Kuliah SKS
KAJIAN MANDIRI II 3
KAJIAN MANDIRI III 3
Nama Mata Kuliah SKS
UJIAN KUALIFIKASI 3
SEMINAR DAN UJIAN PROPOSAL 3
Nama Mata Kuliah SKS
SEMINAR KEMAJUAN RISET DAN NASKAH PUBLIKASI I 4
SEMINAR HASIL RISET DAN NASKAH PUBLIKASI II 5
Nama Mata Kuliah SKS
UJIAN TERTUTUP 5
UJIAN TERBUKA (PROMOSI DOKTOR) 4

Visitasi Akreditas S3 Pendidikan IPA

Asesor BAN-PT bersama Pimpinan FKIP dan Prodi

Rektor didampingi Ketua LPPMP menerima Asesor BAN-PT

Studium General Food Nanotechnology dengan Pembicara Dr. Ralf Greiner (Jerman)