Profil Program Studi Pendidikan Kimia
Nama program studi : Pendidikan Kimia
Ketua program studi : Dr. Sri Retno Dwi Ariani, S.Si., M.Si.
Website program studi : https://s2pkimia.fkip.uns.ac.id/
Email program studi : sriretno71@staff.uns.ac.id
Daya Tampung : 0
Program Studi S2 Pendidikan Kimia merupakan Program Studi baru yang bergerak di bidang kimia dan pendidikan kimia. Prodi ini dikembangkan dengan arah dan dasar yang sesuai dengan visi, misi, tujuan, dan sasaranSaat ini Program Studi S2 Pendidikan Kimia sudah memiliki 4 angkatan. Mahasiswa angkatan pertama dimulai tahun 2017. Program Studi S2 Pendidikan Kimia memiliki 15 tenaga pengajar, 4 diantaranya bergelar Guru Besar, dan 11 lainnya bergelar Doktor. Program Studi S2 Pendidikan Kimia dipimpin oleh Dr. Sri Yamtinah, M.Pd. selaku kaprodi periode 2019-2023.
Menjadi program studi yang berperan aktif mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan kimia yang bereputasi internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional
Berdasarkan Visi Program Studi S2 Pendidikan Kimia, maka Misi Program Studi adalah:
- Menyelenggarakan sistem pembelajaran yang berorientasi pada perkembangan keilmuan pendidikan kimia.
- Mewujudkan penelitian yang berorientasi IPTEK sehingga menghasilkan inovasi dan publikasi.
- Penyebarluasan hasil penelitian dan pengembangan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
Media pembelajaran di PSMPK Pascsarjana UNS meliputi OHP, LCD, koleksi perpustakaan, hasil penelitian, jurnal, textbook, laboratorium komputer, jaringan internet (dengan fasilitas hot spot). Berkaitan dengan pengembangan ilmu dan keahlian kimia, PSMPK Pascasarjana UNS, sudah dilengkapi dengan lembaga-lembaga:
- Laboratorium Pendidikan yang tersedia pada jurusan Pendidikan MIPA. Selain itu khusus untuk penelitian konten kimia, tersedia laboratorium Pusat MIPA UNS.
- Perpustakaan di program studi, perpustakaan pascasarjana dan perpustakaan Universitas Sebelas Maret. Rata-rata dalam perpustaan itu menyediakan lebih dari 10 ribu buku-buku yang berkaitan dengan ilmu pendidikan dan bidang studi kimia, baik buku-buku cetak, buku-buku digital, maupun akses internet untuk memperoleh e-book dan jurnal nasional dan internasional. Perpustakaan FKIP dan universitas juga menyediakan jurnal-jurnal pendidikan dari dalam negeri maupun luar negeri yang sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa Program Pascasarjana.
Media Pembelajaran di PSMPK Pascsarjana UNS terdiri dari lima bagian, yakni:
- Media untuk pengembangan pembelajaran yang meliputi OHP, LCD, dan laptop pada tiap-tiap ruang kelas.
- Koleksi perpustakaan lebih dari 10 ribu buku, seribu hasil penelitian dan jurnal nasional maupun internasional.
- Satu pusat laboratorium komputer.
- Jaringan internet dan fasilitas hot spot lebih dari 20 mbps.
Prodi Magister Pendidikan Kimia Pascasarjana UNS memiliki enam belas (16) orang dosen berkualifikasi doktor di bidang pendidikan kimia, pendidikan IPA dan kimia murni, baik lulusan dalam negeri maupun luar negeri bahkan enam di antara dosen tersebut memiliki jabatan Guru Besar (Profesor). Dari aspek jumlah, dengan prediksi jumlah mahasiswa tiap tahun adalah 20 orang, periode admisi 1 kali/tahun, dan masa studi rata-rata 2 tahun, maka rasio dosen/mahasiswa Prodi Magister Pendidikan Kimia Pascasarjana 1/2,5 (sangat baik). Dari aspek kualifikasi dosen, sebanyak 6 orang atau sebesar 37,5% bergelar guru besar. Sesuai dengan Tahapan Strategi Pencapaian Tujuan Prodi Magister Pendidikan Kimia Pascasarjana, maka diharapkan pertambahan guru besar 1 orang/2 tahun (3%/tahun), sehingga pada akhir 2025 sudah ada 10 orang dosen bergelar guru besar (63%). Dari aspek bidang keahlian, sudah ada pemeraatan bidang keahlian, mencakup pendidikan kimia (4 orang), kimia murni (9 orang), statistik dan evaluasi pembelajaran (3 orang).
Nama | Keahlian | Lihat Detail |
---|---|---|
Dr. SRI YAMTINAH, M.Pd. | Penelitian dan Evaluasi Pendidikan | Lihat Detail |
Dr.rer.nat. SRI MULYANI, M.Si. | Biokimia/Bioteknologi/Pendidikan Kimia | Lihat Detail |
Prof.Dr. ASHADI, | kimia | Lihat Detail |
Prof. SULISTYO SAPUTRO, M.Si., Ph.D. | Kimia Analitik | Lihat Detail |
Dr.paed NURMA YUNITA INDRIYANTI, M.Si.M.Sc | Pendidikan Kimia | Lihat Detail |
Dr. MOHAMMAD MASYKURI, M.Si. | Kimia Fisika | Lihat Detail |
Dr. SURYADI BUDI UTOMO, M.Si. | Ilmu Kimia/ Pendidikan Kimia | Lihat Detail |
Prof.Dr. Widha Sunarno, M.Pd | Pendidikan Fisika | Lihat Detail |
Prof.Drs. Sentot Budi Rahardjo, Ph.D. | Kimia Kompleks | Lihat Detail |
Dr. ELFI SUSANTI VH, S.Si.,M.Si. | KIMIA ORGANIK | Lihat Detail |
Dr. ENDANG SUSILOWATI, S.Si.,M.Si. | Kimia Fisika | Lihat Detail |
Dr. MARIA ULFA, S.Si., M.Si | Kimia Anorganik | Lihat Detail |
Dr SRI RETNO DWI ARIANI, S.Si, M.Si | Kimia Organik Bahan Alam dan Biokimia | Lihat Detail |
LINA MAHARDIANI, S.T., M.Sc., Ph.D. | Kimia Fisik | Lihat Detail |
Dr. BUDI HASTUTI, S.Pd., M.Si. | Kimia Analitik | Lihat Detail |
Dr. Ari Syahidul Shidiq, S.Pd., M.Pd. | Lihat Detail | |
Dr.rer.nat. Wirawan Ciptonugroho, S.T., M.S. | Katalisis, Nanomaterial, dan Fotoelektrokimia | Lihat Detail |
Dr. Muhammad Hizbul Wathon, M.Sc. | Lihat Detail |
Minat Penelitian Dosen
# | Keminatan Riset | Nama Dosen |
---|---|---|
1 | Evaluasi Pembelajaran Kimia |
1 Prof.Dr. ASHADI, 2 Prof. SULISTYO SAPUTRO, M.Si., Ph.D. 3 Drs. HARYONO, M.Pd. 4 Dra. BAKTI MULYANI, M.Si. 5 Dr. SRI YAMTINAH, M.Pd. 6 Dr. SURYADI BUDI UTOMO, M.Si. 7 Dr.paed NURMA YUNITA INDRIYANTI, M.Si.M.Sc 8 Dr.rer.nat. SRI MULYANI, M.Si. 9 Dr. MARIA ULFA, S.Si., M.Si |
2 | Model dan Media Pembelajaran Kimia |
1 Dra. TRI REDJEKI, M.S. 2 Dr. ENDANG SUSILOWATI, S.Si.,M.Si. 3 Dr SRI RETNO DWI ARIANI, S.Si, M.Si 4 Dr. ELFI SUSANTI VH, S.Si.,M.Si. 5 Dr. Nanik Dwi Nurhayati, S.Si., M.Si. 6 Dr. Budi Utami, S.Pd., M.Pd. 7 AGUNG NUGROHO CATUR SAPUTRO, S.Pd.,M.Sc. 8 Dr. BUDI HASTUTI, S.Pd., M.Si. 9 LINA MAHARDIANI, S.T., M.Sc., Ph.D. 10 Dr. Widiastuti Agustina Eko Setyowati, S.Si., M.Si. |
Lulusan PSMPK FKIP UNS akan memiliki gelar Magister Pendidikan disingkat M.Pd. dengan bidang Ilmu yang akan difokuskan bidang Pendidikan kimia yang memiliki kemampuan yang memadai dalam bidang teori dan aplikasi metodologis penelitian serta mampu membangun link kerja sama dengan jaringan Pendidikan kimia (Chemistry Education) nasional serta memiliki loyalitas terhadap nusa bangsa dan negara Republik Indonesia.
Secara umum Program Studi Magister Pendidikan Kimia UNS adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang pendidikan kimia dengan kemampuan untuk menjadi pendidik, peneliti dan pengembang/tenaga ahli yang berkualifikasi magister dalam bidang pendidikan kimia.
Secara khusus Program Studi Magister Pendidikan Kimia UNS adalah menghasilkan lulusan yang :
- memiliki kemampuan penguasaan konsep-konsep bidang pendidikan Kimia aktual.
- mampu melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan Kimia yang mandiri;
- Memiliki profesional pendidikan Kimia melalui penelitian dan pengembangan.
- mampu menggunakan ilmu pendidikan Kimia untuk memecahkan permasalahan Kimia dalam masyarakat dengan pendekatan interdisipliner dan komparatif;
- memiliki inisiatif, bersikap kritis, dan terbuka terhadap perkembangan ilmu serta pengetahuan.
- Memiliki kemampuan komunikasi ilmiah di tingkat nasional maupun internasional
Sesuai dengan visi yang dicanangkan, yaitu Menjadi Program studi bereputasi internasional dengan berlandaskan pada nilai nilai luhur budaya nasional yang menghasilkan tenaga pendidik, peneliti, dan pengembang dalam bidang pendidikan kimia yang profesional, cerdas, dan inovatif. maka profil lulusan PSMPK UNS adalah sebagai tenaga pendidik, peneliti dan pengembang dalam bidang pendidikan kimia yang profesional, cerdas, dan inovatif.
Lulusan PSMPK UNS akan memiliki gelar Magister Pendidikan disingkat M.Pd. dengan bidang Ilmu yang akan difokuskan bidang Pendidikan kimia yang memiliki kemampuan yang memadai dalam bidang teori dan aplikasi metodologis penelitian serta mampu membangun link kerja sama dengan jaringan Pendidikan kimia (Chemistry Education) nasional serta memiliki loyalitas terhadap nusa bangsa dan negara Republik Indonesia.
Berdasarkan Perpres nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), lulusan PSMPK UNS ada pada level 8 yang memiliki kompetensi:
- mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji,
- mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner,
- mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional. Sehubungan dengan hal ini, maka lulusan PSMPK UNS harus memiliki kompetensi sebagaimana telah disebutkan di atas.
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
Filsafat dan Perkembangan Sains | 2 |
Problematika Pembelajaran Kimia | 3 |
Penentuan Struktur | 3 |
Statistika Terapan | 3 |
Teknologi dan Media Pembelajaran Kimia | 3 |
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia | 3 |
Instrumentasi Kimia | 3 |
Kapita Selekta Pendidikan Kimia | 3 |
Manajemen Laboratorium Kimia | 2 |
Kimia Material | 3 |
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
Kimia Permukaan dan Katalitas | 2 |
TESIS I(Proposal Tesis ) | 2 |
Biokimia Lanjut | 2 |
Kimia Terapan | 2 |
Tesis III ( Seminar Hasil Publikasi ) | 4 |
Tesis IV (Ujian Tesis) | 3 |
Pengelolaan Bahan Ajar Kimia | 2 |
TESIS II ( Seminar Kemajuan Riset dan Naskah Publi | 3 |
Desain Praktikum Kimia | 2 |