Profil Program Studi Pendidikan Biologi


Pencarian khusus

Nama program studi : Pendidikan Biologi

Ketua program studi : Dr. Bowo Sugiharto, S.Pd., M.Pd.

Website program studi : http://pasca.uns.ac.id/s2pendidikanbiologi/

Email program studi : s2pendidikanbiologi@pasca.uns.ac.id

Daya Tampung : 0

Prodi S2 Pendidikan Biologi bertujuan menghasilkan tenaga akademik yang profesional dalam bidang pendidikan Biologi yang memiliki kemampuan mengembangkan ilmunya dalam membina dan mengajar matakuliah bidang pendidikan Biologi serta pengembangan pendidikan Biologi.

Prodi S2 Pendidikan Biologi memiliki posisi strategis dalam bidang keilmuan Biologi maupun Pendidikan Biologi baik di tingkat nasional maupun internasional. Prodi S2 Pendidikan Biologi berada pada ranah kajian ilmu Biologi dan ilmu Kependidikan. Namun, Prodi S2 Pendidikan Biologi memiliki kajian berbeda dibandingkan keilmuan Biologi atau Kependidikan. Imu Pendidikan Biologi mengkaji aspek bagaimana membelajarkan dan mendeseminasikan perkembangan keilmuan Biologi kepada siswa dan masyarakat. Dengan demikian, Prodi S2 Pendidikan Biologi memegang peran penting untuk menambah pengetahuan masyarakat terkait perkembangan kajian Biologi. Peran strategis S2 Pendidikan Biologi ini selaras dengan upaya pemerintah yang membekali siswa dengan kajian-kajian biologi melalui mata pelajaran biologi maupun mata pelajaran bermuatan biologi di Sekolah Dasar dan Menengah.

Keberadaan Prodi S2 Pendidikan Biologi di UNS memiliki peran penting baik di tingkat nasional maupun internasional. Di tingkat nasional, Prodi S2 Pendidikan Biologi UNS akan memiliki kekhususan yang berbeda dengan Prodi S2 Pendidikan Biologi di Universitas lain di Indonesia. Adapun kekhususan Prodi S2 Pendidikan Biologi UNS menekankan pada hal-hal berikut. (1) Pengembangan model-model pembelajaran Biologi inovatif berbasis karakteristik Biologi. (2) Pengembangan bahan ajar Biologi inovatif berbasis karakteristik Biologi. (3) Pengembangan autentik assesmen berbasis karakteristik Biologi. (4) Pemberdayaan soft skills masa depan seperti keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thingking Skills), metakognisi, kemandirian, dan lain-lain yang terintergrasi dalam kajian pendidikan Biologi secara holistik. (5) Mengintegrasikan kearifan lokal  “pendidikan jawa” dalam pendidikan dan pembelajaran Biologi.

Karakteristik khas prodi S2 pendidikan Biologi UNS ini didukung oleh keahlian dosen yang berada pada area keahlian pengkajian model pembelajaran, bahan ajar, evaluasi dan pemberdayaan soft skills yang terintegrasi dalam kajian pendidikan Biologi. Posisi strategis UNS Surakarta di pusat Budaya Jawa memungkinkan untuk dikaji kearifan lokal “Pendidikan Jawa” yang dapat diintegrasikan dalam Pendidikan Biologi.

Menjadi Program Studi Magister Pengembang IPTEKS yang Unggul di Bidang Pendidikan Biologi dan Bereputasi di Tingkat Internasional

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang inovatif berdasarkan perkembangan mutakhir di bidang Pendidikan biologi.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan IPTEKS di bidang Pendidikan biologi yang bereputasi di tingkat internasional.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama sebagai bentuk aktualisasi kompetensi dan pengembangan institusi.

Gedung dan Ruangan

  • Gedung Pascasarjana UNS dimanfaatkan untuk ruang pengelola, ruang kuliah, laboratorium komputer, perpustakaan, ruang dosen, ruang administrasi dan ruang lainnya dilengkapi dengan lift maupun tangga antar lantai.
  • Mahasiswa PPs UNS juga dapat memnfaatkan ruang kuliah /laboratorium di Fakultas KIP, Fakultas MIPA, atau di UPT Laboratorium terpadu UNS untuk keperluan penyelesaian studinya dengan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

 

Sarana Pembelajaran

  • Setiap ruang kuliah telah tersedia fasilitas sarana dan prasarana, yakni kursi kuliah, AC, LCD, dan jaringan Wifi.
  • Pembelajaran secara daring juga tersedia melalui layanan Sistem Pembelajaran Daring yang dikelola oleh LPPMP UNS sehingga selaras dengan era Revolusi Indusri 4,0.

 

Perpustakaan UNS

Perpustakaan UNS berada di gedung perpustakaan yang megah dan nyaman serta menyediakan koleksi buku, layanan yang diintergrasikan ke pusat E-Books, E-Journal, E-Library, meja baca, jaringan wifi, dan sebagainya.

 

Laboratorium

  • Mahasiswa dapat mengakses layanan di UPT laboratorium terpadu UNS dan laboratorium Program Studi / Fakutas di lingkungan UNS sesuai kebutuhan dalam rangka penyelesaian tesis.
  • Ijin penggunaan fasilitas hanya diberikan pada mahasiswa aktif atau yang telah menyelesaikan kewajiban administrasi dan akademiknya.

 

Hotspot area

  • Hotspot area di lingkungan PPs UNS maupun di seluruh area kampus UNS dapat diakses 24 jam dan digunakan secara bebas oleh mahasiswa dalam rangka menyelesaikan tugas-tugas akademiknya
  • Internet UNS dan Hotspot dengan Single Sign On (SSO)

 

Unit Pelayanan Teknis

  • Unit Pelayanan Teknis Teknologi Informasi dan Komputer.
  • Unit Pelaksana Teknis Pelayanan dan Pengembangan Bahasa UNS (UPT-P2B).

Pengajar di Prodi S2 Pendidikan Biologi UNS sebanyak 22 Dosen, dengan Kualifikasi Profesor dan doktor. Kualifikasi Dosen berkualifikasi guru besar (profesor) berjumlah 9 dosen, dan 13 dosen berkualifikasi Doktor (S3). Pengajar di Prodi S2 Pendidikan Biologi UNS merupakan lulusan Humboldt Universitat Zu Berlin Germany, La Trobe University Australia, Murdoch University Australia, Okayama University Japan, Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, Nagoya University Japan, Universitas Sebelas Maret, Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, Universitas Pendidikan Indonesia, Universiti Utara Malaysia.

Nama Keahlian Lihat Detail
Prof.Drs. SURANTO, M.Sc, Ph.D. Biologi Molekuler Lihat Detail
Dr. MUZZAZINAH, M.Si. Biologi Tumbuhan Lihat Detail
Dr. SRI DWIASTUTI, M.Si. PBiologi/ Ilmu Lingkungan Lihat Detail
MURNI RAMLI, S.P.,M.Si.,Ed.D Ilmu Manajemen Pendidikan Lihat Detail
Dr. SRI WIDORETNO, M.Si. PENDIDIKAN BIOLOGI Lihat Detail
Dr. Ir. YUDI RINANTO, M.P. Pemuliaan Tanaman Lihat Detail
Dr. BASKORO ADI PRAYITNO, S.Pd.,M.Pd. Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Lihat Detail
Prof. Dr. SUCIATI, M.Pd. PENDIDIKAN IPA Lihat Detail
Prof. Dr. SUGIYARTO, M.Si. biologi konservasi Lihat Detail
PUGUH KARYANTO, S.Si., M.Si., Ph.D. Ekologi/Ekologi Manusia/Pengelolaan Sumber daya alam dan Lingkungan/Human and Environment Interface Lihat Detail
Prof. Dr. MARIDI, M.Pd. IPA Lingkungan Lihat Detail
Dr HARLITA, S.Si, M.Si Struktur hewan Lihat Detail
Prof. Dr. Ir. AHMAD YUNUS, M.S. Bioteknologi Tanaman Lihat Detail
Prof.Dr.rer.nat SAJIDAN, M.Si. genetika Lihat Detail
Prof .Drs. SUTARNO, M.Sc.,Ph.D. Genetika Molekuler Lihat Detail
Dr. BOWO SUGIHARTO, S.Pd.,M.Pd. Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Lihat Detail

Minat Penelitian Dosen

# Keminatan Riset Nama Dosen

Kerjasama yang dibangun oleh S2 Pendidikan Biologi telah terjalin baik dengan berbagai institusi maupun perguruan tinggi dalam dan luar negeri dalam bentuk kuliah pakar maupun penelitian di bidang ilmu yang relevan.

 

Peluang kerja bagi mahasiwa lulusan Program Studi S2 Pendidikan Biologi yaitu

  • Dosen Pendidikan Biologi
  • Guru Biologi 
  • Peneliti Bidang Pendidikan Biologi
  • Problem solver
  • Perencana
  • Pengelola dan pengambil kebijakan dibidang Pendidikan

Prodi S2 Pendidikan Biologi merupakan Prodi baru yang belum meluluskan mahasiswa.

Profil lulusan

Calon tenaga pendidik, peneliti, dan pengembang  inovasi dalam bidang pendidikan biologi yang berkarakter kuat dan cerdas.

Profil Kompetensi

Penguasaaan Keilmuan

Mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang keahliannya dengan menghasilkan karya desain atau produk, terutama inovasi teknologi yang memiliki nilai tambah, berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.  

Memiliki kemampuan menyusun tesis yang memuat konsep kajian aspek keilmuan dan/atau teknologi serta aspek nilai tambahnya, atas karya desain atau produk, terutama inovasi teknologi, yang dihasilkannya

 

Penguasaaan Keterampilan Bidang Kerja

Memiliki kemamampuan melakukan validasi akademik dalam menyelesaikan masalah bidang keahliannya di dalam masyarakat, terutama di dalam industri yang relevan, melalui pengembangan keahlian dan pengetahuannya;

Kemampuan mempublikasikan hasil penelitian bidang keilmuannya pada jurnal ilmiah/teknologi yang terakreditasi; (Keterampilan khusus)

Kemampuan menuliskan hasil penelitian bidang keilmuan/teknologinya dalam bentuk artikel yang dapat dimuat pada terbitan berkala ilmiah nasional, prosiding seminar internasional, atau terbitan berkala ilmiah bertaraf internasional

 

Sikap dan Tata Nilai

Menyusun dan mengkomunikasikan ide dan hasil pemikiran yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat terutama masyarakat akademik

Prestasi Prodi S2 Pendidikan Biologi:

4 Mahasiswa mendapatkan Beasiswa UNS:

1. Henta Fugarasti
2. Luthfiana Nur Tamara
3. Rani Purwati
4. Wahyu Kusumawardani

Nama Mata Kuliah SKS
BIOSISTEMATIK 3
STATISTIKA TERAPAN 2
ANATOMI, FISIOLOGI DAN PERKEMBANGAN MH 3
PROBLEMATIKA PENDIDIKAN BIOLOGI 3
METODOLOGI PENELITIAN 3
PENULISAN DAN PUBLIKASI ILMIAH 2
Nama Mata Kuliah SKS
Pengelolaan Lingkungan Kelas 3
Biologi Molekuler 3
Asesmen dan Evaluasi 3
Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan 3
Biodiversitas 3
Stimulasi Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi 3
Inovasi Pembelajaran Biologi 3
Nama Mata Kuliah SKS
TESIS II (SEMINAR KEMAJUAN RISET DAN NASKAH PUBLIK 2
TESIS I (SEMINAR DAN UJIAN PROPOSAL) 2
Nama Mata Kuliah SKS
TESIS III (SEMINAR HASIL RISET DAN KARYA PUBLIKASI 3
TESIS IV (UJIAN TESIS) 3