Profil Program Studi Ilmu Pendidikan


Pencarian khusus

Nama program studi : Ilmu Pendidikan

Ketua program studi : Prof. Drs. Gunarhadi, MA, Ph.D

Website program studi : http://s3ip.fkip.uns.ac.id

Email program studi : s3ip@fkip.uns.ac.id

Daya Tampung : 0

Program Studi Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) adalah Program Pascasarjana Strata 3 (S-3) atau Program Doktor di bidang Pendidikan. Program Studi S-3 ini didirikan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 817/D/T/2009 tanggal 27 Mei 2009. Program studi ini diarahkan untuk menghasilkan ilmuwan pendidikan yang mampu menghasilkan teori-teori baru di bidang ilmu pendidikan yang menyertakan upaya mengembangkan khsasanah-khasanah pendidikan nasional. Khasanah luhur “Tut Wuri Handayani”, “Ing Madya Mangun Karso”, “Ing Ngarso Sung Tuladha” rumusan cerdas tokoh pendidikan nasional Ki Hajar Dewantara yang selama ini menjadi motto nasional, dan konsep learning by doing yang diretas melalui “Kayutanam” oleh Moch Syafei menjadi ruh dalam semangat membangun pendidikan berkarakter di Indonesia. Program Studi S-3 Ilmu Pendidikan telah terakreditasi pad tahun 2013 dengan predikat B (hasil penilaian BAN PT untuk akreditasi Program Studi Program Pascasarjana tanggal 26 Oktober 2013, berdasarkan No. SK 219/SK/BAN-PT/Ak-XI/D/X/2013). Pada tahun 2019, Program Studi S-3 Ilmu Pendidikan telah terakreditasi dengan predikat B (tanggal 9 April 2019, berdasarkan No. SK 753/SK/BAN-PT/Akred/D/IV/2019).

Kemajauan global bidang teknologi dan informasi menuntut perguruan tinggi berperan penting dalam paradigma teaching university menuju research university. Sebagai bagian dari universitas, arah yang ingin dicapai Program Studi S-3 Ilmu Pendidikan FKIP UNS adalah menjembatani kesenjangan paradigma tersebut melalui upaya penyelarasan konsep pendidikan nasional dengan cepatnya arus perkembangan teknologi dan informasi global. Lulusan yang akan dihasilkan diharapkan mampu menjadi ilmuwan pendidikan yang kritis, kreatif, dan inovatif dalam menyikapi permasalahan pendidikan yang terjadi dalam masyarakat sebagai dampak globalisasi dengan tetap berpegang pada azaz nilai luhur karakter lokal.

Mengacu pada Kerangka Kualifiksi Nasional Indonesia (KKNI), kompetensi yang diharapkan dari luaran Program Studi S3 ini adalah bahwa lulusan mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi  melalui penelitian dan kajian teoretik keilmuan multidisipliner dalam rangka menghasilkan cara-cara kreatif, inovatif, dan berkontribusi cerdas dalam mengatasi masalah-masalah pendidikan.

Dalam rangka memenuhi tuntutan tersebut, Program Studi S-3 Ilmu Pendidian FKIP UNS berupaya mewujudkan jati diri dan fungsinya sebagai lembaga yang berkualitas dalam penyelenggaraan sistem pendidikan professional yang dinyatakan dalam visi dan misi sejalan dengan visi Universitas Sebelas Maret.    

 

“Menjadi program studi pengembang ilmu dan teknologi di bidang pendidikan yang unggul pada tahun 2024 dan berdaya saing internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional”

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bermutu tinggi berdasarkan pada self-motivated and technology-based learning di bidang pendidikan.
  2. Menyelenggarakan kajian dan penelitian di bidang pendidikan yang menghasilkan karya inovatif berlandaskan pada budaya ilmiah, kaidah keilmuan dan sikap profesional.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu pendidikan yang bermanfaat terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional.

Fasilitas meliputi

1. Ruang kuliah ber AC

2. Perpustakaan

3. Laboratorium Komputer

4. Pusat pengembangan bahasa dan fasilitas pendukung lain asas penggunaan bersama (sharing).

6.Wi-fi yang terintegrasi 24 jam

7. Ruang Kerja Mahasiswa

8. Aula dan Ruang Sidang

9. Ruang Guru Besar

Pengajar prodi S-3 Ilmu Pendidikan berjumlah 23 orang dengan rincian 14 orang bergelar Profesor dan 9 lainnya bergelar Doktor. 

Nama Keahlian Lihat Detail
Prof.Dr. SUGIYANTO, pendidikan olahraga Lihat Detail
Prof. Dr. MUHAMMAD AKHYAR, M.Pd PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN Lihat Detail
Prof.Dr. SRI JUTMINI, M.Pd. Lihat Detail
Prof. Dr. Asrowi, M.Pd. Bimbingan dan Konseling Lihat Detail
Dr. Roemintoyo, M.Pd. Pendidikan Teknik Bangunan Lihat Detail
Prof.Dr. BUDIYONO, M.Sc. Statistika dan Pengukuran Pendidikan Lihat Detail
Drs. Soeprayitno, M.Sc, M.BA, Ph.D Lihat Detail
Prof.Dr. BAEDHOWI, M.Si. Lihat Detail
Dra. DEWI ROCHSANTININGSIH, M.Ed.,Ph.D Teaching English as a Foreign Language, Classroom Action Research, Teachers Proffesional Development Lihat Detail
Prof. Drs. GUNARHADI, M.A., Ph.D. Lihat Detail
Dr. SUHARNO, M.Pd Manajemen Pendidikan Lihat Detail
Prof. Dr. JOKO NURKAMTO, M.Pd. Language Curriculum Development dan Teacher Professional Development Lihat Detail
Dr. SRI HARYATI, M.Pd Pendidikan Lihat Detail
Prof.Dr. SISWANDARI, M.Stats Pembelajaran Statistika Lihat Detail
Dr. SUTANTO, S.Si,DEA Statistik Lihat Detail
Prof.Dr MULYOTO, M.Pd Lihat Detail
Prof.Dr. RAVIK KARSIDI, M.S. Lihat Detail
Prof.Dr. SRI ANITAH WIRYAWAN, M.Pd. Lihat Detail
Prof. Dr. Mohammad Furqon Hidayatullah, M.Pd. Pendidikan dan Olahraga, Panahan Lihat Detail
Prof.Dr.rer.nat SAJIDAN, M.Si. genetika Lihat Detail
Prof.Dr. SOEHARTO, M.Pd Bimbingan dan Konseling Lihat Detail
Prof.Dr. SOETARNO, M.Pd. Teknologi Pendidikan Lihat Detail
Dr. Bambang Wasito Adi, SH., M.Sc Lihat Detail
Prof. Dr. SUNARDI, M.Sc. Kurikulum Lihat Detail
Prof. Dr. NUNUK SURYANI, M.Pd Pendidikan Sejarah/TP Lihat Detail
Prof. Dr. MUNAWIR YUSUF, M.Psi. Lihat Detail
Dr. Wiranto, M.Kom., M.Cs. Soft Computing Lihat Detail
Prof.Dr. ASHADI, kimia Lihat Detail
MURNI RAMLI, S.P.,M.Si.,Ed.D Ilmu Manajemen Pendidikan Lihat Detail
DR HERRY WIDYASTONO, M.Pd PLB Lihat Detail
Prof. MUHAMMAD NIZAM, S.T, M.T, Ph.D. Teknik Elektro Lihat Detail
Dr. ABDUL SALIM, M.Kes. pendidikan luar biasa Lihat Detail

Minat Penelitian Dosen

# Keminatan Riset Nama Dosen

Dalam negeri    :

1. Universitas Negeri Yogjakarta

2. Universitas Negeri Malang

3. Universitas Negeri Semarang

4. Universitas Taman Siswa

5. Asosiasi Profesi Pendidikan Khusus ( APPKHI)

6. Ikatan Sarjna Pendidikan Indonesia ( ISPI)

7. Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI)

8. Ikatan Kaprodi S3 Ilmu Pendidikan Indonesia

9. Universitas Negeri Padang

10. Universitas Bengkulu

11. Universitas Negeri Gorontalo

12. Universitas Negeri Makassar

13. Universitas Pendidikan Ganesha (UNDHIKSA)

Luar Negeri:

1. Universiti Utara Malaysia (UUM)

2. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)

3. Pittburgh Univ (USA)

4. Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia

5. Universiti Teknologi Malaysia

6. University Madras India

7. Nagoya University

Lapangan kerja lulusan S-3 Ilmu pendidikan antara lain:

1. Dosen

2. Guru

3. Kepala Sekolah

4. Pengawas

5. Pimpinan Lembaga, dan posisi lain dalam dalam bidang pendidikan.

1. Pendidik : Dosen atau guru yang mampu mengembangkan keilmuannya seiring kemajuan IPTEK berlandaskan  nilai filosofis pendidikan dalam rangka menghasilkan inovasi pembelajaran dan atau solusi terhadap persoalan pendidikan.  

2. Peneliti : Peneliti yang memiliki kemampuan melakukan penelitian yang berorientasi pada pengembangan serta persoalan pendidikan yang menghasilkan karya inovatif dan pengakuan nasional maupun internasional.

3. Birokrat : Pejabat atau konsultan yang memiliki akuntabilitas  sebagai pengambil kebijakan dengan wawasan visioner terhadap pengembangan pendidikan serta memiliki kepekaan terhadap persoalan pendidikan.

4. Pengembang : Pejabat atau teknolog yang memilki kemampuan mengembangkan pendidikan melalui jaringan digital.

Kompetensi Lulusan
    Mengacu pada level 9 Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
    1. Mengembangkan pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan melalui riset yang menghasilkan karya inovatif
    2. Memberikan solusi terhadap permasalahan pendidikan melalui pendekatan trans dan interdisipliner
    3. Mengelola dan mengembangkan riset bertaraf nasional dan internasional dalam bidang pendidikan

 Prestasi Mahasiswa
    1. Menulis artikel pada jurnal internasional bereputasi (Scopus)

    2. Presentasi karya ilmiah padaforum seminar nasional dan internasional

    3. Menjadi instruktur nasional

    4. Narasumber pelatihan

    5. Mengikuti Kegiatan Consorsium Doktor di Luar Negeri (UUM)

Nama Mata Kuliah SKS
Landasan Kependidikan * 3
Kajian Kurikulum* 3
Evaluasi Pendidikan* 3
Nama Mata Kuliah SKS
Metodologi Penelitian (kuantitatif, kualitatif, da 2
Filsafat Ilmu 3
Pedagogik Lanjut 2
Evaluasi Pendidikan 2
Psikologi Pendidikan Lanjut 2
Nama Mata Kuliah SKS
Critical Review of Journal 2
Desain dan Model Pembelajaran 2
Teknologi Informasi Komunikasi 2
Analisis Statistik 2
Analisis Kebijakan Pendidikan 2
Riset Bidang Teknologi Pembelajaran 2
Ujian Kualifikasi 3
Nama Mata Kuliah SKS
Seminar 2
Seminar dan Ujian Proposal 3
Nama Mata Kuliah SKS
Seminar Kemajuan Riset Naskah Publikasi I 4
Nama Mata Kuliah SKS
Ujian Kelayakan Naskah Disertasi dan Karya Publika 5
Seminar Hasil Riset dan Naskah Publikasi II 4
Nama Mata Kuliah SKS
Ujian Terbuka (Promosi Doktor) 4
Ujian Tertutup 5

Program Studi S3 Ilmu Pendidikan menyelenggarakan pendampingan penulisan artikel jurnal Scopus

Mahasiswa S3 Ilmu Pendidikan UNS mengikuti kegiatan International Conference On Mediadi UUM malaysia

Visisting Scholars mahasiswa S3 Ilmu Pendidikan ke Hai Tai Universty Thailand

Pertemuan Kaprodi S3 IP Se-Indonesia

Kegiatan penulisan Artikel Jurnal pada jurnaI IJPTE

Kuliah Perdana S3 Ilmu Pendidikan

TEMU KOLIGEAL MAHASISWA PROGRAM STUDI S3 ILMU PENDIDIKAN UNY – UNS

Mahasiswa S-3 Ilmu pendidikan mempresentasikan naskah Disertasi di Forum Internasional

Dosen Penguji Mahasiswa yang melakukan Ujian Disertasi