Profil Program Studi Ilmu Pendidikan
Nama program studi : Ilmu Pendidikan
Ketua program studi : Prof. Drs. Gunarhadi, MA, Ph.D
Website program studi : http://s3ip.fkip.uns.ac.id
Email program studi : s3ip@fkip.uns.ac.id
Daya Tampung : 0
Program Studi Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) adalah Program Pascasarjana Strata 3 (S-3) atau Program Doktor di bidang Pendidikan. Program Studi S-3 ini didirikan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 817/D/T/2009 tanggal 27 Mei 2009. Program studi ini diarahkan untuk menghasilkan ilmuwan pendidikan yang mampu menghasilkan teori-teori baru di bidang ilmu pendidikan yang menyertakan upaya mengembangkan khsasanah-khasanah pendidikan nasional. Khasanah luhur “Tut Wuri Handayani”, “Ing Madya Mangun Karso”, “Ing Ngarso Sung Tuladha” rumusan cerdas tokoh pendidikan nasional Ki Hajar Dewantara yang selama ini menjadi motto nasional, dan konsep learning by doing yang diretas melalui “Kayutanam” oleh Moch Syafei menjadi ruh dalam semangat membangun pendidikan berkarakter di Indonesia. Program Studi S-3 Ilmu Pendidikan telah terakreditasi pad tahun 2013 dengan predikat B (hasil penilaian BAN PT untuk akreditasi Program Studi Program Pascasarjana tanggal 26 Oktober 2013, berdasarkan No. SK 219/SK/BAN-PT/Ak-XI/D/X/2013). Pada tahun 2019, Program Studi S-3 Ilmu Pendidikan telah terakreditasi dengan predikat B (tanggal 9 April 2019, berdasarkan No. SK 753/SK/BAN-PT/Akred/D/IV/2019).
Kemajauan global bidang teknologi dan informasi menuntut perguruan tinggi berperan penting dalam paradigma teaching university menuju research university. Sebagai bagian dari universitas, arah yang ingin dicapai Program Studi S-3 Ilmu Pendidikan FKIP UNS adalah menjembatani kesenjangan paradigma tersebut melalui upaya penyelarasan konsep pendidikan nasional dengan cepatnya arus perkembangan teknologi dan informasi global. Lulusan yang akan dihasilkan diharapkan mampu menjadi ilmuwan pendidikan yang kritis, kreatif, dan inovatif dalam menyikapi permasalahan pendidikan yang terjadi dalam masyarakat sebagai dampak globalisasi dengan tetap berpegang pada azaz nilai luhur karakter lokal.
Mengacu pada Kerangka Kualifiksi Nasional Indonesia (KKNI), kompetensi yang diharapkan dari luaran Program Studi S3 ini adalah bahwa lulusan mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi melalui penelitian dan kajian teoretik keilmuan multidisipliner dalam rangka menghasilkan cara-cara kreatif, inovatif, dan berkontribusi cerdas dalam mengatasi masalah-masalah pendidikan.
Dalam rangka memenuhi tuntutan tersebut, Program Studi S-3 Ilmu Pendidian FKIP UNS berupaya mewujudkan jati diri dan fungsinya sebagai lembaga yang berkualitas dalam penyelenggaraan sistem pendidikan professional yang dinyatakan dalam visi dan misi sejalan dengan visi Universitas Sebelas Maret.
“Menjadi program studi pengembang ilmu dan teknologi di bidang pendidikan yang unggul pada tahun 2024 dan berdaya saing internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional”
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bermutu tinggi berdasarkan pada self-motivated and technology-based learning di bidang pendidikan.
- Menyelenggarakan kajian dan penelitian di bidang pendidikan yang menghasilkan karya inovatif berlandaskan pada budaya ilmiah, kaidah keilmuan dan sikap profesional.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu pendidikan yang bermanfaat terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional.
Fasilitas meliputi
1. Ruang kuliah ber AC
2. Perpustakaan
3. Laboratorium Komputer
4. Pusat pengembangan bahasa dan fasilitas pendukung lain asas penggunaan bersama (sharing).
6.Wi-fi yang terintegrasi 24 jam
7. Ruang Kerja Mahasiswa
8. Aula dan Ruang Sidang
9. Ruang Guru Besar
Pengajar prodi S-3 Ilmu Pendidikan berjumlah 23 orang dengan rincian 14 orang bergelar Profesor dan 9 lainnya bergelar Doktor.
Nama | Keahlian | Lihat Detail |
---|---|---|
Prof.Dr. SUGIYANTO, | pendidikan olahraga | Lihat Detail |
Prof. Dr. MUHAMMAD AKHYAR, M.Pd | PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN | Lihat Detail |
Prof.Dr. SRI JUTMINI, M.Pd. | Lihat Detail | |
Prof. Dr. Asrowi, M.Pd. | Bimbingan dan Konseling | Lihat Detail |
Dr. Roemintoyo, M.Pd. | Pendidikan Teknik Bangunan | Lihat Detail |
Prof.Dr. BUDIYONO, M.Sc. | Statistika dan Pengukuran Pendidikan | Lihat Detail |
Drs. Soeprayitno, M.Sc, M.BA, Ph.D | Lihat Detail | |
Prof.Dr. BAEDHOWI, M.Si. | Lihat Detail | |
Dra. DEWI ROCHSANTININGSIH, M.Ed.,Ph.D | Teaching English as a Foreign Language, Classroom Action Research, Teachers Proffesional Development | Lihat Detail |
Prof. Drs. GUNARHADI, M.A., Ph.D. | Lihat Detail | |
Dr. SUHARNO, M.Pd | Manajemen Pendidikan | Lihat Detail |
Prof. Dr. JOKO NURKAMTO, M.Pd. | Language Curriculum Development dan Teacher Professional Development | Lihat Detail |
Dr. SRI HARYATI, M.Pd | Pendidikan | Lihat Detail |
Prof.Dr. SISWANDARI, M.Stats | Pembelajaran Statistika | Lihat Detail |
Dr. SUTANTO, S.Si,DEA | Statistik | Lihat Detail |
Prof.Dr MULYOTO, M.Pd | Lihat Detail | |
Prof.Dr. RAVIK KARSIDI, M.S. | Lihat Detail | |
Prof.Dr. SRI ANITAH WIRYAWAN, M.Pd. | Lihat Detail | |
Prof. Dr. Mohammad Furqon Hidayatullah, M.Pd. | Pendidikan dan Olahraga, Panahan | Lihat Detail |
Prof.Dr.rer.nat SAJIDAN, M.Si. | genetika | Lihat Detail |
Prof.Dr. SOEHARTO, M.Pd | Bimbingan dan Konseling | Lihat Detail |
Prof.Dr. SOETARNO, M.Pd. | Teknologi Pendidikan | Lihat Detail |
Dr. Bambang Wasito Adi, SH., M.Sc | Lihat Detail | |
Prof. Dr. SUNARDI, M.Sc. | Kurikulum | Lihat Detail |
Prof. Dr. NUNUK SURYANI, M.Pd | Pendidikan Sejarah/TP | Lihat Detail |
Prof. Dr. MUNAWIR YUSUF, M.Psi. | Lihat Detail | |
Dr. Wiranto, M.Kom., M.Cs. | Soft Computing | Lihat Detail |
Prof.Dr. ASHADI, | kimia | Lihat Detail |
MURNI RAMLI, S.P.,M.Si.,Ed.D | Ilmu Manajemen Pendidikan | Lihat Detail |
DR HERRY WIDYASTONO, M.Pd | PLB | Lihat Detail |
Prof. MUHAMMAD NIZAM, S.T, M.T, Ph.D. | Teknik Elektro | Lihat Detail |
Dr. ABDUL SALIM, M.Kes. | pendidikan luar biasa | Lihat Detail |
Minat Penelitian Dosen
# | Keminatan Riset | Nama Dosen |
---|
Dalam negeri :
1. Universitas Negeri Yogjakarta
2. Universitas Negeri Malang
3. Universitas Negeri Semarang
4. Universitas Taman Siswa
5. Asosiasi Profesi Pendidikan Khusus ( APPKHI)
6. Ikatan Sarjna Pendidikan Indonesia ( ISPI)
7. Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI)
8. Ikatan Kaprodi S3 Ilmu Pendidikan Indonesia
9. Universitas Negeri Padang
10. Universitas Bengkulu
11. Universitas Negeri Gorontalo
12. Universitas Negeri Makassar
13. Universitas Pendidikan Ganesha (UNDHIKSA)
Luar Negeri:
1. Universiti Utara Malaysia (UUM)
2. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)
3. Pittburgh Univ (USA)
4. Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia
5. Universiti Teknologi Malaysia
6. University Madras India
7. Nagoya University
Lapangan kerja lulusan S-3 Ilmu pendidikan antara lain:
1. Dosen
2. Guru
3. Kepala Sekolah
4. Pengawas
5. Pimpinan Lembaga, dan posisi lain dalam dalam bidang pendidikan.
1. Pendidik : Dosen atau guru yang mampu mengembangkan keilmuannya seiring kemajuan IPTEK berlandaskan nilai filosofis pendidikan dalam rangka menghasilkan inovasi pembelajaran dan atau solusi terhadap persoalan pendidikan.
2. Peneliti : Peneliti yang memiliki kemampuan melakukan penelitian yang berorientasi pada pengembangan serta persoalan pendidikan yang menghasilkan karya inovatif dan pengakuan nasional maupun internasional.
3. Birokrat : Pejabat atau konsultan yang memiliki akuntabilitas sebagai pengambil kebijakan dengan wawasan visioner terhadap pengembangan pendidikan serta memiliki kepekaan terhadap persoalan pendidikan.
4. Pengembang : Pejabat atau teknolog yang memilki kemampuan mengembangkan pendidikan melalui jaringan digital.
Kompetensi Lulusan
Mengacu pada level 9 Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
1. Mengembangkan pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan melalui riset yang menghasilkan karya inovatif
2. Memberikan solusi terhadap permasalahan pendidikan melalui pendekatan trans dan interdisipliner
3. Mengelola dan mengembangkan riset bertaraf nasional dan internasional dalam bidang pendidikan
Prestasi Mahasiswa
1. Menulis artikel pada jurnal internasional bereputasi (Scopus)
2. Presentasi karya ilmiah padaforum seminar nasional dan internasional
3. Menjadi instruktur nasional
4. Narasumber pelatihan
5. Mengikuti Kegiatan Consorsium Doktor di Luar Negeri (UUM)
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
Landasan Kependidikan * | 3 |
Kajian Kurikulum* | 3 |
Evaluasi Pendidikan* | 3 |
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
Metodologi Penelitian (kuantitatif, kualitatif, da | 2 |
Filsafat Ilmu | 3 |
Pedagogik Lanjut | 2 |
Evaluasi Pendidikan | 2 |
Psikologi Pendidikan Lanjut | 2 |
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
Critical Review of Journal | 2 |
Desain dan Model Pembelajaran | 2 |
Teknologi Informasi Komunikasi | 2 |
Analisis Statistik | 2 |
Analisis Kebijakan Pendidikan | 2 |
Riset Bidang Teknologi Pembelajaran | 2 |
Ujian Kualifikasi | 3 |
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
Seminar | 2 |
Seminar dan Ujian Proposal | 3 |
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
Seminar Kemajuan Riset Naskah Publikasi I | 4 |
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
Ujian Kelayakan Naskah Disertasi dan Karya Publika | 5 |
Seminar Hasil Riset dan Naskah Publikasi II | 4 |
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
Ujian Terbuka (Promosi Doktor) | 4 |
Ujian Tertutup | 5 |