Profil Program Studi Teknologi Pendidikan


Pencarian khusus

Nama program studi : Teknologi Pendidikan

Ketua program studi : Dr. Triana Rejekiningsih, M.Pd

Website program studi : tp.fkip.uns.ac.id

Email program studi : tp@fkip.uns.ac.id

Daya Tampung : 0

Program Studi S2 Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta memulai kegiatan akademiknya pada tahun akademik 1999/2000 (September 1999) berdasarkan Surat Keputusan dirjen Dikti No. 255/DIKTI/Kep/1999. Sejak berdiri sampai sekarang telah dilakukan 3 kali akreditasi dari BAN PT pada bulan juni tahun 2004 dengan memperoleh peringkat A, selanjutnya pada akreditasi tahun 2011 kembali mendapat peringkat A dengan score 375, kemudian terakhir kembali memperoleh akreditasi A pada tahun 2016 dengan score 369 yang akan berlaku hingga 2021.

Program Studi S2 Teknologi PendidikanFKIP Universitas Sebelas Maret berkomitmen memberikan pendidikan terbaik bagi para calon magister bidang teknologi pendidikan. Didukung dengan suasana pembelajaran yang kondusif dan modern, Program Studi S2 Teknologi Pendidikan FKIP UNS siap mengantarkan para mahasiswa bersaing menjadi profesional di bidang pendidikan yang berdaya saing internasional. Terbukti telah banyak alumni Program Studi S2 Teknologi Pendidikan FKIP UNS yang menduduki peran penting di berbagai level institusi pendidikan sebagai kepala sekolah, pengajar dan pengelola laboratorium pusat sumber belajar serta di institusi pengembangan kurikulum dan pembelajaran lain seperti Pusdiklat, Pustekkom, LPPKS dan SEAMOLEC.

 

Menjadi Program Studi yang unggul di tingkat nasional dan internasional dalam menghasilkan pengembang teknologi pendidikan sesuai dengan perkembangan ilmu, teknologi dan seni berdasarkan nilai luhur budaya nasional.

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi mengembangkan dan mengelola sistem pembelajaran yang dapat bersaing di tingkat internasional
  2. Menyelenggarakan penelitian pengembangan ilmu, teknologi, dan seni di bidang Teknologi Pendidikan
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka  penerapan dan penyebarluasan ilmu, teknologi, dan seni di bidang Teknologi Pendidikan.
  1. Ruang kuliah dilengkapi dengan fasilitas AC, OHP, White Board, LCD Proyektor dan penerangan dilengkapi fasilitas wifi internet yang baik sehingga memberikan suasana belajar mengajar yang nyaman.
  2. Ruang Ketua Program Studi Teknologi Pendidikan tersendiri dengan fasilitas yang cukup memadai dan tersedia komputer dan jaringan internet.
  3. Di tingkat Program Pascasarjana dan UNS telah terbentuk tim penjamin mutu yang dapat berperan sebagai konsultan dan pembimbing di Program Studi.
  4. Sumber informasi seperti perpustakaan, laboratorium internet, komputer.
  5. Telah terbentuk sistem pendidikan dan pengajaran yang baik melalui spada.uns.ac.id, ocw.uns.ac.id dan siakad.uns.ac.id.
  6. Tersedianya sistem penjaminan mutu Program Studi S2 Teknologi Pendidikan yang mengembangkan dan melaksanakan sistem pengadaan, pengelolaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana yang terpadu sehingga secara efisien mampu menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan setiap program studi dengan kuantitas dan kualitas yang sebaik - baiknya.
  7. Perpustakaan UNS merupakan perpustakaan yang dilengkapi dengan digital library.

Program Studi S2 Teknologi Pendidikan FKIP UNS mempunyai 24 orang dosen yang sangat berkompeten, yang terdiri dari 13 orang Doktor dan 11 orang Guru Besar. Para Guru Besar dan Doktor yang dimiliki memiliki prestasi dan berpengalaman presentasi ditingkat international (di Malaysia, Thailand, Singapora dan lain-lain-lain).

Nama Keahlian Lihat Detail
Prof. Dr. MUHAMMAD AKHYAR, M.Pd PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN Lihat Detail
Prof.Dr. SOETARNO, M.Pd. Teknologi Pendidikan Lihat Detail
Dr. SUHARNO, M.Pd Manajemen Pendidikan Lihat Detail
Dr. AGUS EFENDI, M.Pd. Pend.Teknik Elektronika Lihat Detail
Prof. Dr. SUNARDI, M.Sc. Kurikulum Lihat Detail
Dr. SRI HARYATI, M.Pd Pendidikan Lihat Detail
Dr. AKHMAD ARIF MUSADAD, M.Pd Lihat Detail
Dr. DJONO, M.Pd. Ilmu Pendidikan Lihat Detail
Dr. TRIANA REJEKININGSIH, M.Pd. Pendidikan Kewarganegaraan, Hukum dan Teknologi Pendidikan Lihat Detail
Prof. Dr. NUNUK SURYANI, M.Pd Pendidikan Sejarah/TP Lihat Detail
Prof.Dr. LEO AGUNG S., M.Pd Pembelajaran Sejarah Lihat Detail
Prof. Drs. GUNARHADI, M.A., Ph.D. Lihat Detail
Prof. Dr. Asrowi, M.Pd. Bimbingan dan Konseling Lihat Detail
Dr. SRI YAMTINAH, M.Pd. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Lihat Detail
Dr. DENY TRI ARDIANTO, S.Sn., MA. Audio Visual Lihat Detail
Dr. SUDIYANTO, M.Pd PENELITIAN & EVELUASI PENDIDIKAN Lihat Detail
Dr. ANDRE NOEVI RAHMANTO, S.Sos., M.Si. Manajemen Komunikasi Lihat Detail
Prof. Dr. SARIYATUN, M.Pd., M.Hum. Pendidikan IPS Lihat Detail
Dr. ROEMINTOYO, M.Pd. Pendidikan Teknik Bangunan Lihat Detail
Prof. Dr. MUNAWIR YUSUF, M.Psi. Lihat Detail
DR HERRY WIDYASTONO, M.Pd PLB Lihat Detail
Dr. MOHAMMAD MUCHTAROM, S.Ag.,M.Si. Pendidikan Nilai, Hukum/ Politik Islam Lihat Detail
DR NUR ARIFAH DRAJATI, MPD Pendidikan Bahasa Inggris Lihat Detail
Dr. SRI SUMARYATI, S.Pd., M.Pd. Pendidikan Akuntansi Lihat Detail

Minat Penelitian Dosen

# Keminatan Riset Nama Dosen
1 TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PENDIDIKAN (TIuP) 1 MULYADI, S.Sn, M.Ds.
2 Dr. TRIANA REJEKININGSIH, M.Pd.
3 Dr. DARU WAHYUNINGSIH, S.Si,M.Pd.
4 Drs. HERY PURWANTO, M.Sc.
5 Artono Dwijo Sutomo, S.Si., M.Si.
6 BUDI LEGOWO, S.Si., M.Si.
7 JOKO LULUT AMBORO, S.Sn., M.Sn.
8 Dr. DENY TRI ARDIANTO, S.Sn., MA.
9 RINI ANGGRAININGSIH, S.T.,M.T.

Prodi S2 Teknologi Pendidikan melakukan kerjasama dengan beberapa institusi mitra seperti:

  1. Studio Audio Visual,
  2. Multi Media Training Centre (MMTC)
  3. PSB Academy di Singapore,
  4. SEAMOLEC
  5. LPPKS
  6. BPSDM Jawa Tengah
  7. MGMP se-Surakarta
  8. BPM TV
  9. Pustekom
  10. IGI (Ikatan Guru Indonesia)
  1. Dosen
  2. Guru
  3. Menjadi Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP)
  4. Berbagai Institusi yang mengadakan diklat
  5. Pustekom
  6. Pengembang Kurikulum
  7. Enterpreneur di bidang Pendidikan.
  8. Pengembang pranata Laboratorium Pendidikan
  9. Trainer, Instruktur, atau Tutor Bidang Pendidikan
  1. Lulusan memiliki kompetensi yang sesuai untuk tugas-tugas pekerjaannya di lapangan. Kesesuaian ini diperoleh dengan upaya penataan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan pemanfaat lulusan dan upaya pembentukan sikap yang sesuai dengan jabatan lulusan. Upaya tersebut didasarkan pula atas balikan dari pemanfaat lulusan.
  2. Kompetensi lulusan yang selaras dengan kebutuhan lapangan kerja di bidang teknologi pendidikan itu dicapai dengan sistem pembelajaran dan evaluasi yang menjanjikan, serta komitmen para dosen terhadap sistem pembelajaran dan evaluasi.
  3. Secara kuantitatif, Program Studi ini, telah meluluskan 507 orang Magister Teknologi Pendidikan lima tahun terakhir, dengan masa studi rata-rata 18 bulan.

 

No

Kompetensi Lulusan

Deskripsi Profil

1.

Pengembang teori aplikasi teknologi pendidikan berdasarkan kawasan teknologi pendidikan di era digital untuk membentuk literasi teknologi, literasi data dan literasi manusia. 

Adalah orang yang mempunyai keahlian dalam bidang pengembangan teori aplikasi pembelajaran berdasarkan kawasan teknologi pendidikan di era digital untuk membentuk literasi teknologi, literasi data dan literasi manusia.

 

2.

Pengembang program pendidikan dan pelatihan (diklat) dengan pendekatan teknologi kinerja.

Orang yang memiliki keahlian sebagai konsultan program pendidikan dan pelatihan (diklat) dengan pendekatan teknologi kinerja.

3.

Pengembang kurikulum, pembelajaran & sumber belajar melalui pendekatan interdisipliner/ multidisipliner.

Adalah orang yang mempunyai keahlian dalam bidang mengembangkan kurikulum, pembelajaran  & sumber belajar melalui pendekatan interdisipliner/ multidisipliner

4.

Peneliti pengembangan teknologi pendidikan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mendapat pengakuan nasional maupun internasional

Adalah orang yang mempunyai keahlian dan kemampuan melakukan penelitian di bidang pengembangan teknologi pendidikan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mendapat pengakuan nasional maupun internasional

 

  1. Mampu menghasilkan media pembelajaran berbasis ICT, CD interaktft, Mobile Learning dll.
  2. Mampu menulis dan melaksanakan publikasi baik Jurnal maupun Prosiding baik nasional maupun internasional.
  3. Presentasi karya ilmiah di forum Internasional
  4. Menjadi narasumber pelatihan di level nasional.

Nama Mata Kuliah SKS
PENDEKATAN SISTEM 2
DIFUSI DAN INOVASI PENDIDIKAN 2
FILSAFAT ILMU 2
STATISTIK 2
DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN 2
KAJIAN DAN EVALUASI KURIKULUM 2
METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF 2
LANDASAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN 2
MEDIA PEMBELAJARAN 2
METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF 2
Metodologi Penelitian Kuantitatif 2
Kajian dan Evaluasi Kurikulum 2
Filsafat Ilmu 2
Metodologi Penelitian Kualitatif 2
Statistik 2
Pendekatan Sistem 2
Kajian dan Evaluasi Kurikulum 2
Landasan Teknologi Pendidikan 2
Desain Sistem Pembelajaran 2
Difusi dan Inovasi Pendidikan 2
Media Pendidikan 2
Nama Mata Kuliah SKS
SEMINAR PROPOSAL 2
KEPEMIMPINAN SEKOLAH DAN MANAJEMEN SISTEM PELATIHA 2
WORKSHOP DAN PEMANFAATAN MEDIA 2
IMPLEMENTASI DAN PENGEMBANGAN BELAJAR MANDIRI 2
TEORI DAN MODEL PEMBELAJARAN 2
PEMBELAJARAN TERPADU 2
EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 2
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR 2
Pengembangan Bahan Ajar 2
Workshop dan Pemanfaatan Media 2
Teori dan Model Pembelajaran 2
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran 2
Implementasi dan Pengembangan Belajar Mandiri 2
Pembelajaran Terpadu 2
Online Learning dan E- Learning 2
Pengelolaan dan Pengembangan Pusat Sumber Belajar 2
Model Pembelajaran Berbasis Multimedia 2
Seminar dan Ujian Proposal 2
Nama Mata Kuliah SKS
TESIS 8
Seminar Kemajuan Riset dan Naskah Publikasi 2
Nama Mata Kuliah SKS
Seminar Hasil Riset dan Karya Publikasi 3
Tesis 3