Profil Program Studi Pendidikan Luar Biasa
Nama program studi : Pendidikan Luar Biasa
Ketua program studi : Drs. Hermawan, M.Si
Website program studi : https://plb.fkip.uns.ac.id/
Email program studi : plb@fkip.uns.ac.id
Daya Tampung : 0
Program studi Pendidikan Luar Biasa (dalam Nomenklatur keilmuan Kemenristek Dikti disebut Program Studi Pendidikan Khusus) sebagai cabang ilmu Pendidikan yang mempelajari pendidikan bagi individu berkebutuhan khusus atau individu berkelaian/individu cacat yaitu salah satu bentuk perkembangan individu yang memiliki kekhususan, bersifat spesifik berbeda dengan perkembangan individu seusianya. Individu berkebutuhan khusus memiliki berbagai potensi yang perlu dikembangkan secara optimal.
Program studi Pendidikan Luar Biasa (PLB) bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi umum menerapkan keilmuan PLB dengan profil lulusan sebagai guru pendidikan khusus. Program Sarjana PLB FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta, telah terakreditasi A tiga kali yaitu sejak tahun 2005 sampai dengan tahun 2020. Program internasionalisasi telah berjalan dengan baik melalui kegiatan pertukaran dosen, dosen tamu, seminar internasional, dan PPL ke Malaysia. Ikutilah penjelasan berikut !
Menjadi pusat pengembangan ilmu, teknologi, dan seni yang unggul di tingkat internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menuntut pengembangan diri dosen dan mendorong kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
- Menyelenggarakan penelitian yang mengarah pada penemuan baru di bidang ilmu, teknologi dan seni.
- Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang beroriemtasi pada upaya pemberdayaan masyarakat.
Fasilitas berupa ruang kuliah, laboratorium, ruang praktek microteaching, dengan fasilitas pendukung yang memadahi berupa free hotspot area, AC, LCD, Wireless, whitescreen, speaker aktife, digilib. Data ruang Program Studi S-1 PLB FKIP UNS Meliputi:
No |
Ukuran |
Penggunaan |
Jumlah |
Keterangan |
1. |
5 x 5 m |
Ruang Kepala Program Studi |
1 |
Lantai I |
2. |
8 x 12 m |
Ruang Dosen |
1 |
Lantai I |
3. |
5 x 5 m |
Ruang Administrasi Prodi |
1 |
Lantai I |
4. |
8 x 9 m |
Ruang Laboratorium |
1 |
Lantai II |
5. |
4 x 8 m |
Ruang Baca / Perpustakaan |
1 |
Lantai II |
6. |
6 x 8 m |
Ruang Sidang |
1 |
Lantai II |
7. |
2 x 4 m |
Ruang Keg. Mahasiswa ( HMP ) |
1 |
Lantai III |
8. |
8 x 9 m |
Ruang Kuliah |
3 |
Lantai III |
9. |
10 x 20 m |
Ruang Aula sekaligus R. Kuliah |
1 |
Lantai III |
10. |
5 x 6 m |
Ruang Microteaching |
1 |
Lantai III |
Program ini didukung oleh staff pengajar yang berkualifikasi akademik S2 dan S3 serta Guru Besar/Profesor baik dalam negeri maupun luar negeri (Amerika, Malaysia dan lain lain).
Nama | Keahlian | Lihat Detail |
---|---|---|
Dr. ABDUL SALIM, M.Kes. | pendidikan luar biasa | Lihat Detail |
Arsy Anggrellanggi, S.Pd.,M.Pd. | PLB | Lihat Detail |
DEWI SRI REJEKI, S.Pd.,M.Pd. | Pendidikan Luar Biasa | Lihat Detail |
ERMA KUMALA SARI, S.Psi., M.Psi. Psi. | Psikologi Pendidikan | Lihat Detail |
Prof. Drs. GUNARHADI, M.A., Ph.D. | Lihat Detail | |
Drs. HERMAWAN, M.Si | Lihat Detail | |
MAHARDIKA SUPRATIWI, S.Psi., M.A. | PSIKOLOGI | Lihat Detail |
Drs. MARYADI, M.Ag | Ortopedagogik Anak Tunanetra | Lihat Detail |
MOHAMMAD ANWAR, M.Pd. | PENDIDIKAN LUAR BIASA | Lihat Detail |
Prof. Dr. MUNAWIR YUSUF, M.Psi. | Lihat Detail | |
Prof.Dr. RAVIK KARSIDI, M.S. | Lihat Detail | |
Dr. SUBAGYA, M.Si. | PLB | Lihat Detail |
SUGINI, S.Pd., M.Pd. | Pendidikan Luar Biasa | Lihat Detail |
Prof. Dr. SUNARDI, M.Sc. | Kurikulum | Lihat Detail |
Minat Penelitian Dosen
# | Keminatan Riset | Nama Dosen |
---|---|---|
1 | Kajian Manajemen Pendidikan Sekolah Inklusif |
1 Prof. Dr. SUNARDI, M.Sc. 2 Prof. Dr. Mohammad Furqon Hidayatullah, M.Pd. 3 Dr WAGIMIN, M.Pd 4 Dr. SITI SUTARMI FADHILAH, M.Pd. 5 Prof. Drs. GUNARHADI, M.A., Ph.D. 6 Dr. ABDUL SALIM, M.Kes. 7 Dr. SRI YAMTINAH, M.Pd. 8 MOHAMMAD ANWAR, M.Pd. |
Untuk memberikan pengalaman belajar yang dapat meningkatkan penguasaan kompetensi lulusan, Program Sarjana PLB FKIP UNS telah merintis kerjasama dengan beberapa instansi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri dalam berbagai bentuk kegiatan seperti : Lectures/xperts Exchange, Curriculum Development, Visiting Proffesor, Students Exchange, Research Collaboration, Kegiatan forum ilmiah/ seminar/ symposium/ workshop/lesson study, kuliah pakar, dan lain sebagainya.
Lembaga kerjasama Program Studi Sarjana PLB FKIP UNS antara lain:
- Kerjasama Luar Negeri
No. |
Nama Lembaga/ Sekolah |
Alamat |
Waktu Mulai |
1. |
Program Pendidikan Khas Universiti Kebangsaan Malaysia |
Bandarbaru Bangi Selangor, Malaysia |
Tahun 2016 |
2. |
Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia |
35900 Tanjong Malim, Perak Darul Ridzuan, Malaysia |
Tahun 2015 |
3. |
Universiti Utara malaysia |
Sintok, Kedah, Malaysia |
Tahun 2015 |
2. Kerjasama dalam negeri
No. |
Nama Lembaga/ Sekolah |
Waktu Mulai |
1. |
Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PPKLK) Dikdasmen Kemendikbud |
2015-sekarang |
2. |
Asosiasi Profesi Pendidikan Khusus Indonesia (APPKhI) Pusat |
2015-sekarang |
3. |
Forum Kepala Prodi/ Kepala Jurusan S-1 PLB Se- Indonesia |
2015-sekarang |
4. |
Asosiasi Profesi Pendidikan Khusus Indonesia (APPKhI) Solo Raya |
2015-sekarang |
5. |
Pusat Studi dan Layanan Disabilitas UNESA Surabaya |
2015-sekarang |
6. |
Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga Provinsi Kalimantan Utara
|
2015-sekarang |
7. |
Asosiasi Profesi pendidikan Khusus Provinsi Jawa Tengah |
2015-sekarang |
8. |
Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)
|
2015-sekarang |
9. |
Balai Pengembangan Pendidikan Khusus Provinsi Jawa Tengah |
2015-sekarang |
10. |
Farum Komunikasi Guru Pembimbing Khusus Kabupaten Boyolali (104 Sekolah Inklusif) |
2015-sekarang |
11. |
Farum Komunikasi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Kabupaten Boyolali |
2015-sekarang |
12. |
Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif- SD Sukorame 1 Musuk Boyolali |
2015-sekarang |
13. |
SLB Negeri Kabupaten Sragen |
2015-sekarang |
14. |
SDLB Kabupaten Karanganyar |
2015-sekarang |
15. |
SLB Negeri Kabupaten Semarang |
2015-sekarang |
16. |
SDLB Negeri Kabupaten Boyolali |
2015-sekarang |
17. |
SLB YAAT Klaten |
2015-sekarang |
18. |
SLB Negeri Kota Surakarta |
2015-sekarang |
19. |
SLB Negeri Kabupaten Wonogiri |
2015-sekarang |
20. |
SLB Negeri Kota Salatiga |
2015-sekarang |
21. |
SLB C YPAC Semarang |
2015-sekarang |
Profil Lulusan |
Deskripsi |
Calon guru Pendidikan Khusus |
|
Pengelola / Tenaga kependidikan khusus |
|
Instruktur Pendidikan Khusus
|
|
Asisten Peneliti Pendidikan Khusus |
|
Pekerja Sosial |
|
Wirausaha |
|
Alumni program studi ini telah banyak diterima di berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta, klinik atau konsultan ABK (Anak berkebutuhan khusus), peneliti, tenaga kependidikan dan lain lain
Peluang kerja lulusan program Studi S-1 PLB (Pendidikan Khusus) meliputi:
SIKAP
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinsil orang lain
- Bekerja sama dam memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan nilai etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian dan kewirausahaan.
PENGETAHUAN
- Menguasai keilmuan dasar pendidikan khusus.
- Mampu menemukenali peserta didik dengan kebutuhan khusus dengan menggunakan berbagai teknik dan strategi asesmen.
- Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan khusus untuk semua jenis kebutuhan khusus/kelainan.
- Mampu mengembangkan kurikulum untuk layanan pendidikan khusus jalur formal dan non formal (dari jenjang prasekolah hingga pendidikan menengah)
- Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program pendidikan, pelatihan, dan pendampingan pada berbagai layanan pendidikan khusus.
- Memiliki kemampuan mengembangkan program dan melaksanakan kompensatoris/kekhususan untuk peserta didik berkebutuhan khusus.
- Memahami dasar-dasar dan prinsip-prinsip penggunaan berbagai pendekatan dalam penelitian di bidang pendidikan khusus.
- Memiliki kemampuan mengimplementasikan dasar-dasar administasi kependidikan di bidang pendidikan khusus
- Memiliki wawasan yang luas, kreatif, inovatif, dan kritis (kaitan dengan interpreneur)
KETRAMPILAN UMUM
- Menunjukkan kemampuan komunikasi efektif dalam praksis pendidikan khusus.
- Menguasai teknologi untuk pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus
- Mampu melakukan penelitian atau mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian atau karyanya.
- Mampu bekerjasama dalam tim untuk memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran bagi peserta didik dengan kebutuhan khusus.
- Memiliki kemampuan untuk melakukan pendampingan baik kepada orangtua maupun peserta didik berkebutuhan khusus.
KETRAMPILAN KHUSUS
- Memiliki keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, menilai, dan menafsirkan hasil identifikasi dan asesmen untuk keperluan pembelajaran bagi peserta didik/warga belajar berkebutuhan khusus
- Memiliki keterampilan dalam melakukan layanan kebutuhan khusus/kompesatoris bagi peserta didik/warga belajar berkebutuhan khusus
- Memiliki keterampilan dalam menerapkan kurikulum, pembelajaran, dan penilaian adaptif bagi peserta didik/warga belajar berkebutuhan khusus
- Mampu menciptakan model-model media pembelajaran yang inovatif bagi peserta didik/warga belajar berkebutuhan khusus
- Memiliki kemampuan untuk melakukan pendampingan baik kepada orangtua maupun peserta didik/warga belajar berkebutuhan khusus.
- Memiliki keterampilan berpikir kritis kreatif, dan inovatif, untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan
Prestasi mahasiswa S-1 PLB dalam kurun waktu 2 tahun terakhir meliputi:
- Sri Mahesti Nurfatimah, Juara 1 home turnament (taekwondo) 2016
- Rindi Lilin Wandira, PLB 2015, Juara 2 World Class Internasional Jember Open Marching Competion V 2016
- Rizka noor azila wakhidah, Juara 1 lomba baca puisi law year 2016, Juara 3 lomba baca puisi seleksi universitas (selektas) 2016, Juara harapan 1 lomba mendongeng dalam acara museum goes to campus 2016
- Athifah khairunnisa, Juara 3 lomba mendongeng dalam acara museum goes to campusTahun 2016
- Rahmad Sukidi, Juara 3 Lomba Essai PKKMB 2016
- Misbahul Arifin, PLB 2015, Juara harapan 3 MTQ UNS sejawa tahun 2015
- Sri Sugiyanti, PLB 2015, Juara 3 lari 100m peaparna 2016
- Tsara Devita, PLB 2015, 10 Besar LKTI A JN UKMI UNS 2015, Finalis 10 besar Kompetisi Pembelajaran inovatif UNESA 2016
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
BIMBINGAN KLINIS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS | 2 |
PEMBELAJARAN PENJASKES ADAPTIF | 2 |
STIMULASI DINI TUMBUH KEMBANG | 2 |
PEMBELAJARAN PKN | 2 |
PERENCANAAN PEMBELAJARAN | 2 |
BINA WICARA | 2 |
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN | 2 |
METODOLOGI PENELITIAN I | 2 |
ANATOMI OTAK DAN VERTEBRAE | 2 |
PENGEMBANGAN KREATIVITAS | 2 |
PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL | 2 |
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
STATISTIK 2 | 2 |
PENGELOLAAN KELAS | 2 |
METODE PENELITIAN II | 2 |
NEUROLOGI | 2 |
PEDIATRI SOSIAL | 2 |
EVALUASI PEMBELAJARAN | 2 |
GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS | 2 |
OPTALMOLOGI | 2 |
PENGAJARAN MIKRO | 2 |
BINA DIRI ANAK DENGAN GANGGUAN MOTORIK | 2 |
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN | 3 |
PENGEMBANGAN KREATIVITAS | 4 |
MANAJEMEN PKH & PEMBERDAYAAN MASYARAKAT | 2 |
SEMINAR PROPOSAL PENELITIAN | 2 |
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
SKRIPSI | 6 |
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
REHABILITASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS | 2 |
PSIKOLOGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS | 2 |
ORTOPEDAGOGIK UMUM | 4 |
ILMU PENDIDIKAN | 3 |
PENDIDIKAN AGAMA | 2 |
BAHASA INDONESIA | 2 |
BAHASA INGGRIS | 2 |
OLAHRAGA DAN KESEHATAN | 1 |
PANCASILA | 2 |
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA | 2 |
IDENTIFIKASI DAN ASESMEN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS | 2 |
ORTOPEDAGOGIK ANAK DENGAN GANGGUAN PENGLIHATAN | 2 |
ORTOPEDADOGIK ANAK DENGAN GANGGUAN PENDENGARAN | 2 |
ORTOPEDAGOGIK ANAK BERKEMAMPUAN MENTAL RENDAH | 2 |
ORTOPEDAGOGIK ANAK DENGAN GANGGUAN MOTORIK | 2 |
ORTOPEDAGOGIK ANAK DENGAN GANGGUAN EMOSI DAN PERIL | 2 |
PENDIDIKAN ANAK BERBAKAT | 2 |
PENDIDIKAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR | 2 |
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK | 2 |
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN | 2 |
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
BRAILLE | 2 |
IDENTIFIKASI DAN ASESMEN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS | 2 |
PEMBELAJARAN MATEMATIKA | 2 |
MODIFIKASI PERILAKU | 2 |
BINA DIRI ANAK BERKEMAMPUAN MENTAL RENDAH | 2 |
BINA PERSEPSI BUNYI DAN IRAMA | 2 |
BIMBINGAN BELAJAR DAN REMEDIAL AKADEMIK | 2 |
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN | 3 |
KEWIRAUSAHAAN | 2 |
ILMU ALAMIAH DASAR | 2 |
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
PEMBELAJARAN SAINS | 2 |
PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL | 2 |
PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN | 2 |
STATISTIK I | 2 |
PEKERJAAN SOSIAL | 2 |
BINA GERAK / TERAPI PERMAINAN | 2 |
PENDIDIKAN INKLUSI | 2 |
BINA GERAK (PT DAN OT) | 2 |
ORIENTASI DAN MOBILITAS | 2 |
AUDIOLOGI | 2 |
PROFESI KEPENDIDIKAN | 3 |