Profil Program Studi Pendidikan Sejarah


Pencarian khusus

Nama program studi : Pendidikan Sejarah

Ketua program studi : Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd.

Website program studi :

Email program studi : s3psejarah@fkip.uns.ac.id

Daya Tampung : 0

Prodi Doktor (S3) Pendidikan Sejarah UNS didirikan pada tahun 2018. Prodi Doktor (S3) Pendidikan Sejarah mengembangkan teori dan praksis pendidikan sejarah berdasarkan pada sejarah lisan (indigenous history), sejarah lokal (local history), dan kearifan lokal (local wisdom) masyarakat Indonesia.  Konsentrasi yang dikembangkan untuk membekali peserta didik (mahasiswa) adalah penguatan bidang ilmu pendidikan dan ilmu sejarah dengan konten yaitu sejarah lisan (indigenous history), sejarah lokal (local history), dan kearifan lokal (local wisdom) yang berguna untuk penelusuran dan analisis networking collective memories nationhood (jejaring memori kolektif) bangsa Indonesia. Pemaduan bidang ilmu pendidikan dan sejarah lisan (indigenous history) dan sejarah lokal (local history) juga berperan untuk mengeksplorasi kearifan lokal (local wisdom) bangsa Indonesia.

Pada ranah praksis, Prodi Doktor (S3) Pendidikan Sejarah UNS mengembangkan perangkat pembelajaran sejarah dan produk pembelajaran sejarah inovatif, kreatif, dan aksesibel berdasarkan kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Terdapat tiga keunggulan di ranah pengembangan praksis yaitu: 1) konservasi warisan budaya dan pengetahuan lokal untuk menjaga kebinekaan Indonesia, 2) aktualisasi modes of potentiality (warisan budaya dan pengetahuan lokal) dalam ranah pendidikan sejarah, 3) reinvensi warisan budaya dan pengetahuan lokal sebagai upaya penguatan masyarakat Indonesia dalam bentuk pengelaborasian dan pengaktualisasian nilai-nilai lokal menuju global (glokalisasi). Pengembangan konsep teoretik ini diperlukan sebagai landasan pelaksanaan pembelajaran sejarah melalui kearifan lokal yang selaras dengan karakter dan kepribadian masyarakat nusantara (oksidentalisme). Pengembangan teori ini juga berperan penting untuk memberikan pemahaman terhadap berbagai permasalahan dan fenomena di ranah pendidikan sejarah dan umumnya pendidikan di Indonesia.

Menjadi program studi rujukan pengembang teori dan praksis pendidikan sejarah di tingkat nasional dan internasional berlandaskan nilai-nilai kearifan budaya dan peradaban bangsa pada tahun 2023

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pembelajaran, dan bimbingan secara efektif untuk menghasilkan dosen, guru, widyaiswara, dan peneliti ahli pendidikan sejarah yang unggul, berdaya saing tinggi, mandiri, dan berkepribadian santun.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan di ranah teoretik dan praksis di bidang pendidikan sejarah untuk mendukung pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran, serta menghasilkan berbagai inovasi dalam bidang ilmu Pendidikan Sejarah.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat bidang kependidikan yang bermanfaat untuk melestarikan sejarah lisan (indigenous history), sejarah lokal (local history), dan kearifan lokal (local wisdom) untuk reinvensi budaya masyarakat Indonesia menghadapi globalisasi dan disrupsi pendidikan dan tatanan kehidupan sosial

Ruang kuliah AC, internet free wifi, perpustakaan prodi, laboratorium, sarana olah raga, sarana ibadah.

Nama Keahlian Lihat Detail
Prof. Dr. HERMANU JOEBAGIO, M.Pd. Pendidikan Sejarah Lihat Detail
Prof. Dr. SARIYATUN, M.Pd., M.Hum. Pendidikan IPS Lihat Detail
Prof. Dr. Warto, , M.Hum. Sejarah Lihat Detail
Prof.Dr. LEO AGUNG S., M.Pd Pembelajaran Sejarah Lihat Detail
Prof. Dr. NUNUK SURYANI, M.Pd Pendidikan Sejarah/TP Lihat Detail
Dr. Susanto, , M.Hum. Sejarah Indonesia Lihat Detail
Dr. Hieronymus Purwanta, M.A. Pendidikan Sejarah Lihat Detail

Minat Penelitian Dosen

# Keminatan Riset Nama Dosen
1 History Edutica 1 Drs. SAIFUL BACHRI, M.Pd.
2 Dr. Sutiyah, M.Pd., M.Hum.
3 Dr. DJONO, M.Pd.
4 Drs. HERIMANTO, M.Pd. M.Si
5 Prof. Dr. NUNUK SURYANI, M.Pd
6 Dr. MUSA PELU, S.Pd., M.Pd.
7 ISAWATI, S.Pd., M.A.
8 DADAN ADI KURNIAWAN, S.Pd., MA.
2 Keilmuan dan Pembelajaran Sejarah 1 Prof. Dr. HERMANU JOEBAGIO, M.Pd.
2 Dra. SRI WAHYUNI, M.Pd.
3 Prof.Dr. LEO AGUNG S., M.Pd
4 Prof. Dr. SARIYATUN, M.Pd., M.Hum.
5 Drs. TRI YUNIYANTO, M.Hum.
6 Dr. AKHMAD ARIF MUSADAD, M.Pd

Lapangan kerja lulusan Program Studi Doktor (S3) Pendidikan Sejarah:

  1. Dosen Pendidikan Sejarah di Universitas Negeri atau swasta di Indonesia.
  2. Guru sejarah di Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Pertama
  3. Peneliti di bidang Pendidikan Sejarah
  4. Pengembang di bidang Pendidikan Sejarah

PENDIDIK (DOSEN ATAU GURU)

Dosen atau guru yang memiliki keahlian subspesifik dalam pengembangan teori dan praksis di bidang pendidikan sejarah yang kreatif, original, dan teruji seiring kemajuan IPTEK berlandaskan nilai filosofis budaya dan peradaban Indonesia dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan inovasi pembelajaran sejarah sebagai solusi terhadap persoalan pendidikan, bangsa, dan negara.

PENELITI AHLI DI BIDANG PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEJARAH

Peneliti yang memiliki keahlian subspesifik dalam melakukan penelitian dan evaluasi yang berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan produk-produk terkait di bidang pendidikan dan pembelajaran sejarah yang kreatif, original, dan teruji serta diakui oleh masyarakat nasional maupun internasional.

PENGEMBANG PEMBELAJARAN SEJARAH

Pengembang yang mempunyai keahlian subspesifik dalam bidang merancang dan mengembangkan kurikulum, strategi, model pembelajaran, bahan ajar, dan media pembelajaran dalam bidang Pendidikan sejarah yang inovatif dengan memanfaatkan perkembangan teknologi mutakhir.

Nama Mata Kuliah SKS
Filsafat Sejarah dan Teori Pendidikan dalam Pembel 3
Kajian Paradigma Pendidikan Sejarah di Indonesia 3
Memori, Sejarah, dan Pendidikan 3
Penulisan Akademik untuk Jurnal 2
Nama Mata Kuliah SKS
Penelitian Pendidikan Sejarah 3
Multikulturalisme, Nasionalisme, dan Globalisme 3
Digitalisasi Pendidikan Sejarah 2
Historiografi untuk Pendidikan Sejarah 2
Sejarah Publik untuk Pendidikan 2