Profil Program Studi Pendidikan Sejarah


Pencarian khusus

Nama program studi : Pendidikan Sejarah

Ketua program studi : Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd., M.Hum.

Website program studi : dwarapala.fkip.uns.ac.id

Email program studi : dwarapala@fkip.uns.ac.id

Daya Tampung : 0

Pendidikan Sejarah adalah integrasi antara bidang Ilmu Pendidikan dan bidang Ilmu Sejarah yang dalam hal ini indigenous history (local history) yang berfungsi untuk menelusuri dan menganalisis networking collective memories bangsa Indonesia, baik dalam konteks relasi antaretnisitas maupun etno-religiositas. Relasi itu meliputi kehidupan sosial politik, sosial ekonomi, dan sosial budaya. Eksplorasi networking collective memories bersifat scientific dan educative untuk memperkuat bingkai NKRI. Sifat scientific dan edukatif itu menjadi faktor nation competitiveness.

Dasar scientific penelusuran dan analisis indigenous history (local history) adalah untuk ditransmisikan, dan transmisi itu melalui proses bersifat historical thinking, historical skill, dan historical issues. Proses itu merupakan kemanfaatan dari Program Magister Pendidikan Sejarah. Bahkan kemanfaatan lain adalah membentuk profesionalitas dan kompetensi dalam pendidikan dan pembelajaran, serta kompetensi pengembangan strategi perekatan kehidupan bangsa. Fenomena ini belum berjalan sebagai proses nation competitiveness. Yang terjadi di lapangan (sekolah menengah danperguruan tinggi) adalah guru, instruktur, dan dosen masih mengedepankan pengetahuan sejarah bersifat hafalan, dan hal itu sangat berseberangan dengan Kurikulum 2013.

Eksplorasi networking collective memories untuk membentuk kesadaran bangsa dan menekan timbulnya konflik sosial. Otonomi daerah menuntut sumber daya Pendidik Sejarah harus kompeten dalam permasalahan: (1) pendidikan dan pembelajaran, (2) membangun kesadaran untuk menekan konflik sosial, dan (3) merekatkan bangsa yang diisyaratkan Kurikulum 2013. Kompeten profesional pendidikan dan pengajaran meliputi: kurikulum, buku teks, strategi dan model pembelajaran, media pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Dengan dasar itu profesional merencanakan, mengembangkan, dan mengimplementasikan pembelajaran sejarah yang dibutuhkan sebagai tantangan menghadapi problematika masa kini maupun masa mendatang.

Sebagai rujukan pengembangan pendidikan dan pembelajaran sejarah yang unggul di tingkat nasional dan internasional pada tahun 2020.

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran Sejarah yang berorientasi pada perkembangan IPTEK.
  2. Menyelenggarakan pengkajian pendidikan dan pembelajaran Sejarah melalui penelitian dosen dan mahasiswa.
  3. Menyelenggarakan program pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Sejarah yang bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam lingkup nasional maupun internasional.

Ruang kuliah AC, internet free wifi, perpustakaan prodi, laboratorium, sarana olah raga, sarana ibadah.

 

S2 Pendidikan Sejarah terdiri dari 9 Guru Besar Aktif, 1 Guru Besar Emiritus, dan 11 Dosen Kualifikasi Doktor.

1. Dr. AKHMAD ARIF MUSADAD M.Pd

2. Prof.Dr. ANDRIK PURWASITO DEA

3. Dr. CICILIA DYAH SULISTYANINGRUM I M.Pd

4. Dr. DJONO M.Pd.

5. Prof. Dr. HERMANU JOEBAGIO M.Pd.

6.Prof. (Em) Dr HERMAN JOSEPH WALUYO M.Pd

7. Dr. LEO AGUNG SUTIMIN M.Pd

8.Prof. Dr. MUHAMMAD AKHYAR M.Pd

9. Prof.Dr MULYOTO M.Pd

10. Dr. MUSA PELU S.Pd., M.Pd.

11. Prof. Dr. NUNUK SURYANI M.Pd

12. Prof. Dr. SARIYATUN M.Pd., M.Hum.

13. Dr. SRI YAMTINAH M.Pd.

14. Dr. SUDIYANTO M.Pd

15.Prof. Dr. SUNARDI M.Sc.

16. Dr. SURYO EDIYONO M.Hum.

17. Dr. SUSANTO M.Hum

18.Dr. TRIANA REJEKININGSIH S.H.,KN., M.Pd.

19. Prof. Dr. WARTO M.Hum.

20.Prof. Dr. Wasino, M.Hum

21. Dr. Sutiyah, M.Pd., M.Hum.

 

 

Nama Keahlian Lihat Detail
Prof. Dr. HERMANU JOEBAGIO, M.Pd. Pendidikan Sejarah Lihat Detail
Prof.Dr. ANDRIK PURWASITO, DEA Kajian Budaya, Komunikasi dan Hubungan Internasional. Lihat Detail
Dr. SUDIYANTO, M.Pd PENELITIAN & EVELUASI PENDIDIKAN Lihat Detail
Dr. SRI YAMTINAH, M.Pd. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Lihat Detail
Prof. Dr. Wasino, M.Hum, Lihat Detail
Dr. AKHMAD ARIF MUSADAD, M.Pd Lihat Detail
Dr. DJONO, M.Pd. Ilmu Pendidikan Lihat Detail
Prof. Dr. NUNUK SURYANI, M.Pd Pendidikan Sejarah/TP Lihat Detail
Prof. Dr. Warto, , M.Hum. Sejarah Lihat Detail
Prof. (Em) Dr HERMAN JOSEPH WALUYO, M.Pd Lihat Detail
Prof.Dr. LEO AGUNG S., M.Pd Pembelajaran Sejarah Lihat Detail
Prof. Dr. SUNARDI, M.Sc. Kurikulum Lihat Detail
Prof.Dr MULYOTO, M.Pd Lihat Detail
Prof. Dr. MUHAMMAD AKHYAR, M.Pd PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN Lihat Detail
Prof. Dr. SARIYATUN, M.Pd., M.Hum. Pendidikan IPS Lihat Detail
Dr. CICILIA DYAH SULISTYANINGRUM I, M.Pd. Administrasi Perkantoran Lihat Detail
Dr. MUSA PELU, S.Pd., M.Pd. Pendidikan Sejarah Lihat Detail
Dr. Susanto, , M.Hum. Sejarah Indonesia Lihat Detail

Minat Penelitian Dosen

# Keminatan Riset Nama Dosen
1 Pusat Studi Javanologi (Institut Javanologi) 1 Prof. Sahid Teguh Widodo, , S.S., M.Hum., Ph.D
2 Prof. Drs. PAWITO, Ph.D
3 Prof. Dr. SUGIYARTO, M.Si.
4 Drs. Supardjo, , M.Hum.
5 Drs. Sutarjo, , M.Hum.
6 Dr. Supana, , M.Hum.
7 Prof. Dr. NARSEN AFATARA, M.S.
8 Dr. AGUS PURWANTORO, M.Sn.
9 Dr. Suryo Ediyono, , M.Hum.
10 Dr. KUNDHARU SADDHONO, S.S.,M.Hum.
11 Dr. M. HUDI ASRORI S, S.H., M.Hum.
12 Dr. DRAJAT TRI KARTONO, M.Si
13 Muhammad Taufiq Al Makmun, S.S., M.A.
14 Dr. SETYO BUDI, M.Sn.
15 Dra. TIWI BINA AFFANTI, M.Sn.
16 Dr. THERESIA WIDYASTUTI, M.Sn.
17 drh. SUNARTO, M.Si.
18 Dr AGUNG WIBOWO, S.P., M.Si.
19 Dr.Ir. MOHAMAD MUQOFFA, M.T.
20 DYAH SUSILOWATI PRADNYA PARAMITA, S.T., M.T.
21 Karunia Purna Kusciati, S.S., M.Si.
22 Yusana Sasanti Dadtun, , S.S., M.Hum.
23 DESY NURCAHYANTI, S.Sn., M.Hum.
24 RATNA ENDAH SANTOSO, S.Sn., M.Sn.
25 RAHMAT, S.S., M.A.
26 Dr. DJOKO SULAKSONO, S.Pd, M.Pd.
2 Keilmuan dan Pembelajaran Sejarah 1 Prof. Dr. HERMANU JOEBAGIO, M.Pd.
2 Dra. SRI WAHYUNI, M.Pd.
3 Prof.Dr. LEO AGUNG S., M.Pd
4 Prof. Dr. SARIYATUN, M.Pd., M.Hum.
5 Drs. TRI YUNIYANTO, M.Hum.
6 Dr. AKHMAD ARIF MUSADAD, M.Pd
3 Pusat Penelitian dan Pengembangan Pariwisata (PUSPARI) 1 Prof.Dr. Bani Sudardi, , M.Hum.
2 Prof. Dr. M. SRI SAMIATI TA,
3 Prof. Dr. HERMANU JOEBAGIO, M.Pd.
4 Prof.Dr. TULUS HARYONO, M.Ek
5 Prof. Dr. ISMI DWI ASTUTI NURHAENI, M.Si
6 Prof.Dr. RB SOEMANTO, M.A.
7 Drs. Wiranta, , M.S.
8 Drs. Ahmad Taufiq, , M.Ag.
9 Drs. SUGIYARTO BUDI WASKITO, M.Pd.
10 Prof. Dra. Diah Kristina, M.A., Ph.D.
11 Dra. Rara Sugiarti, , M.Tourism
12 Drs. Sri Agus, M.Pd.
13 Dr. Susanto, , M.Hum.
14 Prof. Dr. Warto, , M.Hum.
15 Drs. Tundjung Wahadi Sutirto, , M.Si.
16 Drs. Supariadi, , M.Hum.
17 Tiwuk Kusuma Hastuti, , S.S.,M.Hum.
18 Dr. RUM HANDAYANI, M.Hum.
19 Dr. SARWONO, M.Sn.
20 Drs. TJAHJO PRABOWO, M.Sn.
21 Drs. YANT MUJIYANTO, M.Pd.
22 Dr. MARGANA, M.Sn.
23 Dra. ANI RAKHMAWATI, M.A., Ph.D.
24 Dr. SLAMET SUPRIYADI, M.Pd.
25 Dra. SRI WITURACHMI, M.M.
26 Prof.Dr. LEO AGUNG S., M.Pd
27 Dra. INNA PRIHARTINI, M.S
28 Dr. ZAINI ROHMAD, M.Pd.
29 Prof. Dr. SARIYATUN, M.Pd., M.Hum.
30 Dr. CICILIA DYAH SULISTYANINGRUM I, M.Pd.
31 Dr. KRISTIANI, , M.Si.
32 Dr. MOHAMMAD GAMAL RINDARJONO, M.Si.
33 AGUS RIANTO, S.H.,M.Hum.
34 Drs. BRM BAMBANG IRAWAN, M.Si
35 Dr. Ir. SRI MARWANTI, M.S
36 Dr. NIKEN SILMI SURJANDARI, S.T., M.T.
37 Ir. GALING YUDANA, M.T.
38 Dr. ISTIJABATUL ALIYAH, S.T., M.T.
39 Dr. Dra. SRI SUBANTI, M.Si.
40 Dra. NANI SUKARNI, M.S.
41 Dra. Susilorini, , M.A.
42 Umi Yuliati, , S.S.,M.Hum.
43 Drs. DJOKO PANUWUN, M.Sn.
44 Dr. RR ELISABETH NUGRAHENI EKO WARDANI, S.S,M.Hum
45 Dr Endang Widiyastuti, S.Pd., M.Pd.
46 DANANG ENDARTO, S.T.,M.Si.
47 PUGUH KARYANTO, S.Si., M.Si., Ph.D.
48 Dr. SRI SANTOSO SABARINI, S.Pd.,M.Or.
49 RETNO TANDING SURYANDARI, SE., M.E,.Ph.D
50 Dr.Ir. ISTI ASTUTI, M.S.
51 DYAH SUSILOWATI PRADNYA PARAMITA, S.T., M.T.
52 Dr. Purwanto Setyo Nugroho, S.T., M.T.
53 JOKO DARYANTO, S.Sn.,M.Sn.
54 Dr. ADAM WAHIDA, S.Pd.,M.Sn.
55 NANANG YULIANTO, S.Pd.,M.Ds.
56 Dra. SRI WAHYUNING S, M.Pd.
4 Pusat Penelitian dan Pengembangan Gender (P3G) 1 Prof. Dr. ISMI DWI ASTUTI NURHAENI, M.Si
2 Dra. Sri Wahyuningsih, M.Hum
3 Tiwuk Kusuma Hastuti, , S.S.,M.Hum.
4 Drs. MUDARIS MUSLIM, M.Psi.
5 Dra. PATNI NINGHARDJANTI, M.Pd.
6 Dr. DJOKO WAHJU WINARNO, S.H.,M.S.
7 Dra. SOFIAH, M.Si.
8 Dra. PRAHASTIWI UTARI, M.Si,Ph.D.
9 Dra. TRISNI UTAMI, M.Si
10 EVA AGUSTINAWATI, S.Sos,M.Si
11 Dr. Ir. SRI MARWANTI, M.S
12 SIANY INDRIA LIESTYASARI, S.Ant.,M.Hum.
13 Dr. SRI YAMTINAH, M.Pd.
14 Diana Tantri Cahyaningsih, S.H., M.Hum.
15 SITI MUSLIMAH, S.H.,M.H
16 Dr DIDIK GUNAWAN SUHARTO, S.Sos.,M.Si
17 Dra. CHRISTINA TRI HENDRIYANI, , M.Si.
18 Drs. THOMAS AQUINAS GUTAMA, M.Si.
19 Dr. SUMARDIYONO, S.KM.,M.Kes.
20 Dra. Sri Kusumo Habsari, M.Hum.,Ph.D
21 Dr. Hayu Adi Darmarastri, , M.Hum.
22 Insiwi Febriary Setiasih,, S.S., M.A.
23 Dr. RINA HERLINA HARYANTI, S.Sos, M.Si.
24 Kristina Indah Setyo Rahayu, B.Ed., M.TCSOL

Kerjasama dan kemitraan ini dirintis sejak tahun 2002. Masuknya sejumlah mahasiswa di Program Studi Pendidikan Sejarah merupakan hasil penjaringan dari MGMP wilayah eks-Karesidenan Surakarta.

Bentuk kerjasama dan kemitraan lainnya dilakukan secara insidental atau tidak permanen. Misalnya, kerjasama dengan penerbit Ombak Yogyakarta  dalam acara seminar. Ketika Prodi Sejarah menyelenggarakan seminar nasional tentang ”sejarah kontroversial” pada Mei 2009, penerbit Ombak menggunakan kesempatan itu untuk menjual buku-buku sejarah dengan memberikan imbalan kepada Prodi Sejarah. Di samping itu, banyak pihak yang juga turut bekerjasama dalam acara seminar atas dasar saling menguntungkan.

Untuk memperluas sumber belajar bagi mahasiswa, Program Studi Pendidikan Sejarah PPs. UNS melakukan pendekatan eksternal, antara lain merencanakan menjalin kerjasama dan kemitraan dengan pengelola museum Radya Pustaka, Museum dan Perpustakaan Sonopustaka Karaton Kasunanan, Perpustakaan Reksopustaka Mangkunegaran, Museum Sonobudaya Yogyakarta, Arsip Daerah dan Perpustakaan Propinsi Jawa Tengah di Semarang. Beberapa di antara lembaga itu telah dimanfaatkan sebagai sumber belajar khususnya untuk kegiatan kuliah kerja lapangan (KKL), meskipun hubungan kerjasama secara resmi belum dituangkan dalam MoU.

Untuk memperkenalkan Program Studi Sejarah PPs. UNS kepada masyarakat secara luas, diterbitkanlah leaflet yang memuat informasi singkat profil Prodi Pendidikan Sejarah PPs. UNS. Misalnya, dalam leaflet dimuat mengenai syarat dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru, waktu pendaftaran, seleksi dan pengumuman, besarnya biaya pendidikan, kurikulum, staf dosen, dan pengelola program. Di samping itu, telah dilakukan MoU dengan Solopos (MoU terlampir).

Dalam rangka mendukung Internasionalisasi Prodi S2 Pendidikan Sejarah telah dilakukan kerjasama dalam hal pertukaran Dosen dan Pelajar antara FKIP UNS dengan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM)-Malaysia. Untuk Program studi Pendidikan Sejarah juga telah dilakukan kerjasama dalam pertukaran Dosen dan Pelajar dengan Universitas Punjaab, India dan Universitas Nationa Kaoshiung Normal University (NKNU) Hongkong.

Guru mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar, Mata Pelajaran IPS sejarah untuk Sekolah Menengah

Dosen Program Studi Sejarah di Universitas

Dosen Program Studi Pendidikan Sejarah di Universitas

Redaktur/Penyunting Buku Sejarah

Peneliti sejarah di Badan Penelitian terkait

 

Hasil Studi Pelacakan Lulusan Prodi:

  1. Alumnus Magister Pendidikan Sejarah Menjadi Pejabat di Universitas, di lingkungan Kementerian Pendidikan Nasional di Lingkungan LPPKS Indonesia, Dinas Pendidikan dan Olahraga di daerah dan Kabupaten/Kotamadya.
  2. Menjadi Dosen di Perguruan tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia antara lain: di Aceh, Medan, Padang, Palembang, Jambi, Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Lombok, Sumbawa, Bali, Jakarta, Bandung, Serang, Semarang, Tasikmalaya, Yogyakarta, Surakarta, Surabaya, Malang, dan Jember.
  3. Menjadi Pendidik/ Guru di Sekolah Menengah Pertama/Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Daerah di Indonesia
  4. Banyak Alumni yang berprestasi di tingkat akademik menjadi Guru Besar di beberapa Universitas.
  5. Para alumni terlibat secara aktif dan berpartipasi dalam upaya pengembangan Program Studi Magister Pendidikan Sejarah FKIP UNS. Bentuk-bentuk partisipasi yang dilakukan oleh alumni antara lain: sumbangan dana, sumbangan fasilitas, masukan untuk perbaikan pembelajaran, dan pengembangan kerja sama antar instansi.
  • Program Magister Pendidikan Sejarah menargetkan lulusan Magister Pendidikan Sejarah menguasai konsep pendidikan, pengajaran dan pembelajaran sejarah. Lulusan juga mampu mengembangkan perencanaan pembelajaran sejarah dan mampu melaksanakan pembelajaran sejarah. Lulusan menguasai bidang pendidikan, pengajaran dan pembelajaran, serta mampu mengembangkan profesi bidang pendidikan sejarah. Sebagai pengembang media dan sumber pembelajran sejarah, lulusan mempunyai keahlian dalam bidang merancang dan mengembangkan kurikulum, strategi, model pembelajaran, bahan ajar dan media pembelajaran dalam bidang pendidikan sejarah. Lulusan yang mampu melakukan riset pengembangan pendidikan sejarah dan mampu mengelola hasil riset serta mempublikasikanya sehingga bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.
  • Kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Sejarah PPs. UNS dikondisikan oleh adanya perubahan kurikulum yang menyangkut profesi keahlian bidang sejarah. Muncul lima mata kuliah baru yaitu (1) Kapita Selekta Sejarah Indonesia dan Dunia Dalam Kajian Mutakhir, (2) Workshop Kurikulum Sejarah, (3) Workshop Media Pembelajaran (4) Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran, (5) Sejarah Lokal. Lima mata kuliah ini akan membentuk kompetensi lulusan sebagai sejarawan pendidik dan peneliti, yang pada gilirannya dapat mengembangkan bahan ajar di sekolah dan di kampus.
  • Pembentukan kompetensi lulusan dapat dicapai melalui penguasaan berbagai disiplin keilmuan yang diperlukan dalam kerja profesional di bidang pendidikan sejarah. Penguasaan itu ditekankan pada fungsinya sebagai acuan pemecahan suatu masalah dan sebagai landasan pengembangan keilmuan selanjutnya.
  • Kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Sejarah PPs. UNS juga dibentuk dan dipersiapkan melalui serangkaian kegiatan perkuliahan seperti dipaparkan di atas, dan praktik Kuliah Kerja lapangan (KKL). Sasaran kegiatan KKL ini adalah objek-objek peninggalan sejarah dan purbakala, museum dan perpustakaan yang dapat dijadikan sumber belajar bagi mahasiswa. Beberapa tempat yang dikunjungi mahasiswa yang melakukan KKL antara lain objek-objek peninggalan sejarah dan purbakala di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah, Museum, Keraton, Kantor Arsip Daerah Yogyakarta dan Propinsi Jawa Tengah, perpustakaan Sono Budaya, Reksopustaka, dan Sonopustaka.
  • Untuk mewujudkan kompetensi lulusan, penguasaan teori dan konsep oleh mahasiswa diarahkan kepada keseimbangan antara kemampuan teknik (technical know-how) dan kemampuan manajerial (managerial know-how).
  • Secara keseluruhan, untuk memperoleh lulusan yang kompeten dalam bidang pendidikan sejarah, maka dalam proses belajar mengajar, mahasiswa dibekali pengetahuan dan pemahaman paradigma, konsep dan teori yang optimal sehingga memungkinkan terwujudnya lulusan yang kompeten.  Penguasaan paradigma keilmuan ini bersama-sama dengan penguasaan teori berfungsi sebagai acuan berfikir, bersikap, dan bertindak baik dalam memecahkan masalah maupun dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.

Alumni sebagai pimpinan di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

Alumni banyak menduduki Sebagai Kepala Sekolah di berbagai Sekolah di daerah.

Alumni mencapai gelar akademik tertinggi sebagai Guru Besar di beberapa Perguruan Tinggi

Nama Mata Kuliah SKS
FILSAFAT ILMU PENGETAHUAN 2
STATISTIK 2
METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF 2
SEJARAH SOSIAL EKONOMI 2
METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF 2
KAPITA SELEKTA SEJARAH INDONESIA DAN DUNIA DALAM K 3
Sejarah Lokal 2
Transformasi Pendidikan 2
FILSAFAT ILMU 2
STATISTIK 2
Sejarah Sosial Ekonomi 2
METODE PENELITIAN KUANTITATIF 2
METODE PENELITIAN KUALITATIF 2
Seminar Proposal dan Ujian Proposal 2
Nama Mata Kuliah SKS
Media, Teknologi Informasi dan Komunikas 2
HISTORIOGRAFI 2
Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran 2
Desain dan Model Pembelajaran 3
Sejarah Ideologi Politik Bangsa Indonesi 2
SEMINAR PROPOSAL TESIS 2
Teori dan Metodologi Sejarah 2
Pengembangan Kurikulum Sejarah (Workshop 2
Evaluasi Pembelajaran Sejarah 2
Isu-isu kontemporer Indonesia dan Dunia 2
Pendidikan IPS 2
Sejarah Lokal dalam Pembelajaran Sejarah 2
Teori Sosial dalam Penelitian Sejarah 2
Landasan Filosofis Pembelajaran Sejarah 2
Pengembangan Kurikulum Sejarah (workshop) 2
Nama Mata Kuliah SKS
TESIS 8
Seminar Kemajuan Riset dan Naskah Publikasi 2
Seminar Hasil Riset dan Karya Publikasi 3
Nama Mata Kuliah SKS
Tesis 3

1. Seminar Nasional dan Temu Alumni dengan tema “Wong Cilik Peretas Karakter Bangsa”.

IIF (International Indonesian Forum) Discourses Exploring The Space between Tradition and Moderni

IIFAS (International Indonesian Forum for Asian Studies)