Profil Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Nama program studi : Pendidikan Bahasa Inggris
Ketua program studi : Teguh Sarosa, S.S., M.Hum.
Website program studi : https://english.fkip.uns.ac.id/
Email program studi : hasan@fkip.uns.ac.id
Daya Tampung : 0
Prodi Pendidikan Bahasa Inggris menyiapkan calon tenaga guru yang profesional, cerdas, berkarakter kuat dan cerdas melalui penyajian mata kuliah yang disusun dengan kurikulum yang selalu up to date dan didukung dengan sumber daya manusia (SDM) dosen yang handal, serta sarana prasarana pendukung yang memadai.
Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris berasal dari berbagai latar belakang budaya, sosial, dan ekonomi. Mahasiswa dijaring melalui tes tertulis dan melalui jalur khusus (undangan dan penerimaan mahasiswa asing). Saat ini Prodi Pendidikan Bahasa Inggris juga memiliki sejumlah mahasiswa Asing yang mengikuti perkuliahan reguler.
Prodi Bahasa Inggris menyadari bahwa akses untuk pendidikan harus terbuka seluas-luasnya untuk semua lapisan masyarakat. Oleh karena itu, Prodi memfasilitasi mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi dan memiliki prestasi yang baik untuk memperoleh salah satu skema beasiswa yang disediakan universitas maupun pihak swasta. Sejumlah beasiswa yang dapat diraih antara lain: PPA, Djarum, BNI, dll.
Alumni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mayoritas bekerja pada bidang pendidikan baik sebagai guru maupun dosen di institusi pendidikan negeri dan swasta baik dalam maupun luar negeri. Sebagian kecil lulusan memanfaatkan ilmu kependidikan untuk berwirausaha bidang pendidikan atau pada bidang yang terkait dengan pendidikan.
Menjadi pusat pengembangan pendidikan bahasa Inggris yang unggul di tingkat nasional berdasarkan nilai-nilai luhur budaya nasional.
- Menyelenggarakan pendidikan bahasa Inggris yang menuntut pengembangan diri dosen dan mendorong kemandirian mahasiswa dalam mengembangkan kompetensinya.
- Melaksanakan penelitian yang mengarah pada pengembangan pendidikan bahasa Inggris sesuai dengan paradigma mutakhir.
- Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dalam bidang pendidikan bahasa Inggris.
Sarana prasarana penunjang pembelajaran di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris meliputi ruang kelas standar dan ruang kelas laboratorium serta ruang micro teaching yang seluruhnya dilengkapi pendingin ruangan dan LCD Projector. Sebuah ruang Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP), English Student Association (ESA), juga tersedia yang sekaligus sering dimanfaatkan untuk study club.
Untuk menunjang sistem pembelajaran tatap muka dan untuk memudahkan administrasi pendidikan, FKIP menyediakan dukungan sistem IT yang handal termasuk untuk Prodi Bahasa Inggris. Sistem IT tersebut mencakup portal untuk dosen, mahasiswa, dan karyawan, e-learning serta ketersediaan jaringan hotspot yang dapat diakses melalui Single Sign On (SSO) hanya dengan melakukan proses otentifikasi satu kali saja dengan menggunakan akun email UNS.
Selain itu, mahasiswa juga dapat menggunakan resource sharing untuk mengembangkan keilmuan mereka. Resouce sharing yang tersedia antara lain, Unit Pelayanan Teknis Pusat Pengembangan dan Pelatihan Bahasa (UPTP2B), Self Access Centre (SAC), dan Perpustakaan Universitas dan Fakultas.
Gedung E FKIP yang merupakan lokasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki posisi strategis karena dekat dengan semua prasarana kampus, antara lain: Masjid Kampu (Nurul Huda), Gereja, Pura, dan Wihara, Medical Centre, Student Centre, serta GOR UNS.
Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris seluruhnya memiliki kualifikasi latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang. Saat ini, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memilik 21 dosen yang terdiri dari 16 dosen tetap PNS, 1 dosen tetap CPNS, dan 4 dosen tetap non PNS yang berkualifikasi Profesor, Doktor, Magister, dan banyak diantaranya yang sedang menempuh Pendidikan Doktor baik di dalam maupun luar negeri. Saat ini Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris juga memiliki guru besar pada bidang yang relevan.
Nama | Keahlian | Lihat Detail |
---|---|---|
Dr. ABDUL ASIB, M.Pd. | Pendidikan Bahasa Inggris | Lihat Detail |
Drs. AMBROSIUS HANDOKO PUDJOBROTO, | Lihat Detail | |
DEWI CAHYANINGRUM, S.PD., M.PD | Pendidikan Bahasa Inggris | Lihat Detail |
Dra. DEWI ROCHSANTININGSIH, M.Ed.,Ph.D | Teaching English as a Foreign Language, Classroom Action Research, Teachers Proffesional Development | Lihat Detail |
DEWI SRI WAHYUNI, S.Pd., M.Pd. | Pengajaran Bahasa Inggris | Lihat Detail |
DWI ELYONO, S.S,M.TransStud | Translation Studies | Lihat Detail |
ELLISA INDRIYANI PUTRI HANDAYANI, S.PD., M.HUM | Pendidikan Bahasa Inggris | Lihat Detail |
Dr ENDANG SETYANINGSIH, S.Pd., M.Hum | Pendidikan Bahasa Inggris | Lihat Detail |
Drs. Gunarso Susilohadi, M.Ed,TESOL | Pendidikan Bahasa Inggris | Lihat Detail |
HEFY SULISTYAWATI, S.S., M.Pd | English skill, linguistics | Lihat Detail |
Prof. Dr. JOKO NURKAMTO, M.Pd. | Language Curriculum Development dan Teacher Professional Development | Lihat Detail |
KRISTIANDI, SS, MA | Writing, Listening, Syntax, SFL, TEFL | Lihat Detail |
Drs. MARTONO, M.A. | Pronunciation | Lihat Detail |
Drs. MUHAMMAD ASRORI, M.Pd. | Language Teaching | Lihat Detail |
Dr. NGADISO, M.Pd | Pendidikan Bahasa Inggris | Lihat Detail |
DR NUR ARIFAH DRAJATI, MPD | Pendidikan Bahasa Inggris | Lihat Detail |
HASAN ZAINNURI, S.Pd., M.Pd. | Pendidikan Bahasa Inggris | Lihat Detail |
Drs. SISWANTORO, M.Hum. | Lihat Detail | |
Dr. SUPARNO, M.Pd. | Lihat Detail | |
TEGUH SAROSA, S.S., M.Hum. | Pengajaran Bahasa Inggris | Lihat Detail |
Dr. Sri Haryati, S.Pd., M.Pd. | Bahasa Inggris | Lihat Detail |
Minat Penelitian Dosen
# | Keminatan Riset | Nama Dosen |
---|---|---|
1 | English Language Teaching Methods |
1 Drs. Gunarso Susilohadi, M.Ed,TESOL 2 Dr. NGADISO, M.Pd 3 Dr. ABDUL ASIB, M.Pd. 4 Dra. DEWI ROCHSANTININGSIH, M.Ed.,Ph.D 5 DEWI SRI WAHYUNI, S.Pd., M.Pd. 6 TEGUH SAROSA, S.S., M.Hum. 7 DEWI CAHYANINGRUM, S.PD., M.PD |
2 | English Language Teaching Curriculum Development |
1 Prof. Dr. JOKO NURKAMTO, M.Pd. 2 TEGUH SAROSA, S.S., M.Hum. 3 KRISTIANDI, SS, MA 4 HEFY SULISTYAWATI, S.S., M.Pd 5 ELLISA INDRIYANI PUTRI HANDAYANI, S.PD., M.HUM 6 DEWI CAHYANINGRUM, S.PD., M.PD 7 HASAN ZAINNURI, S.Pd., M.Pd. 8 DR NUR ARIFAH DRAJATI, MPD |
3 | English Language Studies |
1 Dr. SUPARNO, M.Pd. 2 Drs. SISWANTORO, M.Hum. 3 Drs. MUHAMMAD ASRORI, M.Pd. 4 DWI ELYONO, S.S,M.TransStud 5 KRISTIANDI, SS, MA 6 HEFY SULISTYAWATI, S.S., M.Pd 7 Dr ENDANG SETYANINGSIH, S.Pd., M.Hum |
4 | English Language Teaching Assessment |
1 Dr. NGADISO, M.Pd 2 Dr. ABDUL ASIB, M.Pd. 3 Drs. MUHAMMAD ASRORI, M.Pd. 4 DEWI SRI WAHYUNI, S.Pd., M.Pd. 5 Dr ENDANG SETYANINGSIH, S.Pd., M.Hum 6 ELLISA INDRIYANI PUTRI HANDAYANI, S.PD., M.HUM 7 HASAN ZAINNURI, S.Pd., M.Pd. 8 Dr. Sri Haryati, S.Pd., M.Pd. |
Prodi Pendidikan Bahasa Inggris membuka kesempatan bekerjasama dengan pihak-pihak lain, khususnya dalam bidang pengembangan profesionalisme guru (dalam bentuk pelatihan dan pengabdian pada masyarakat, serta penyelenggaraan event ilmiah: seminar, workshop, dan konferensi).
Lapangan pekerjaan bagi alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris terbuka luas terutama untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidik baik di lembaga pendidikan formal maupun non formal. Masa tunggu lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris rata-rata kurang dari tiga bulan.
Mayoritas mahasiswa bahkan telah banyak mendapat tawaran pekerjaan sebagai pengajar bahkan sebelum mereka lulus. Sebagian mahasiswa juga telah mengaplikasikan ilmu kepengajaran Bahasa Inggris di luar negeri.Beberapa alternatif pekerjaan bagi alumni setelah menempuh pendidikan di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris adalah sebagai berikut:
- Guru bahasa Inggris di pendidikan formal
- Pelatih bahasa di lembaga dan perusahaan
- Instruktur bahasa Inggris di pendidikan non-formal
- Penerjemah bahasa
- Pemandu wisata asing
Alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mayoritas bekerja sebagai tenaga pendidik baik guru maupun dosen di institusi negeri dan swasta dalam dan luar negeri. Sejumlah kecil alumni bergerak di bidang non formal dengan berwirausaha.
Kompetensi Utama lulusan
Lulusan PSPBIng memiliki kompetensi utama yang terdiri atas: yang meliputi (1) penguasaan bidang studi, (2) pemahaman tentang peserta didik, (3) penguasaan pembelajaran yang mendidik, dan (4) pengembangan kepribadian dan keprofesionalan.
Kompetensi Pendukung
Mata kuliah khusus seperti Language Teaching Management, Language Laboratory Management dan Kewirausahaan sekaligus disajikan untuk mengembangkan kompetensi pendukung berupa kompetensi manajerial-bisnis/kewirausahaan. Mata kuliah khusus lain, terutama Cross-culture understanding, English for Specific Purposes (ESP) dan Program Pengalaman Lapangan (PPL) mengembangkan kompetensi lain yang bersifat afektif, seperti perilaku bersopan santun berdisiplin, kepemimpinan dan toleransi sosial. Sedangkan mata kuliah pilihan disajikan untuk mengembangkan kompetensi sesuai dengan minat mahasiswa pengambilnya.
Kompetensi Tambahan
Lulusan PSPBIng memiliki kompetensi tambahan berupa kompetensi–kompetensi yang dikembangkan melalui mata kuliah pilihan dalam kelompok Mata Kuliah Keahlian Berkarya dan kelompok Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB), yang meliputi bidang-bidang penelitian, ketrampilan berbahasa Inggris, dan kesusastraan bahasa Inggris, serta dikembangkan melalui mata kuliah lain. Selain itu, di dalam setiap mata kuliah terkandung hidden curriculum untuk mengembangkan soft skills yang meliputi kepemimpinan, team work, kejujuran, kerja keras, sopan santun, kepercayaan diri, dan sebagainya, serta life skills yang meliputi kemampuan-kemampuan praktis dan strategis sebagai individu.
Mahasiswa Bahasa Inggris telah berpartisipasi aktif dalam berbagai forum dan kompetesi ilmiah. Mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris berperan aktif sebagai pembicara dalam sejumlah seminar Internasional di manca negara. Selain itu, banyak forum diskusi, students summit dan exchange tingkat nasional dan internasional yang telah diikuti sejumlah mahasiswa. Sejumlah negara manca yang menjadi pernah menjadi tujuan mahasiswa dalam berbagai forum antara lain: Thailand, Malaysia, Jepang, Rusia, Taiwan, dll
Dalam bidang kompetisi, sejumlah mahasiswa Prodi menorehkan prestasi di bidang penulisan (karya tulis ilmiah) baik pada tingkat regional maupun nasional serta pada forum pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional. Kompetisi di bidang non akademik seperti olahraga beladiri dan seni vokal juga telah diikuti beberapa mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.Berikut merupakan prestasi yang diraih mahasiswa dalam lima tahun terakhir:
No. |
Nama Kegiatan dan Waktu Penyelenggaraan |
Tingkat (Lokal, Regional, Nasional, atau Internasional) |
Prestasi yang Dicapai |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
1 |
Kejuaraan Antar Mahasiswa Beladiri Kempo se DIY dan Jawa Tengah |
Regional |
Juara 3 |
2 |
Youth Paper Competition Gebyar Indonesia Berkarya 2012 |
Nasional |
Juara 2 |
3 |
ASEANpreneurs Business Idea Competition 2013 |
International / ASEAN |
Runner Up 1 |
4 |
3rd SSC English Essay Competition 2013 |
Regional |
Juara 2 |
6 |
LKTIN ISRF LEPPIM UPI 2013 |
Nasional |
Juara Harapan 2 |
7 |
The 6th Annual National Ling Art Essay Competition 2013 |
Nasional |
Juara 1 |
8 |
Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Lembaga Pers Mahasiswa Solidaritas UIN Sunan Ampel Surabaya 2013 |
Nasional |
Juara 1 |
9 |
Lomba Paduan Suara Folklore Tingkat Nasional 2012 |
Nasional |
Juara Harapan 3 |
10 |
Biennial Conference of the Comparative Education Society of Asia (CESA) |
ASEAN |
Presenter |
11 |
International Language for Communication Conference (ILCC) 2013 |
International |
Presenter |
12 |
National English Education Debate (NEED) UMY 2013 |
Regional |
Semifinalis |
13 |
International Conference on Business, Economics, and Social Science (ICBESS) 2013 |
International |
Presenter |
14 |
Speech Contest of Education Fair 2013 LSP FKIP UNS |
Lokal |
Juara 1 |
15 |
Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 2014 National Essay Competition |
Nasional |
Juara I |
16 |
USIM Language and Education Conference 2014 |
Internasional |
Presenter |
17 |
Scientific Integrative System for New Acquaintance SISTEMA 2014 |
Lokal |
Pembicara |
18 |
Lomba Essay ”Belajar Merawat Indonesia 3” tahun 2014 |
Lokal |
Juara 1 |
19 |
Lomba Mahasiswa Beprestasi FKIP UNS 2014 |
Lokal |
Juara 1 |
21 |
National English Competition IV (Writing Competition), Universitas Negeri Medan |
Nasional |
Juara 2 |
22 |
ASEAN Speech Contest |
International ASEAN, 2017 |
|
23 |
Edcom English Debate Competition UNS (2016) |
Lokal UNS |
Perempat Final |
24 |
UNISRI Solo English Debate Competition 2016 |
Lokal Surakarta |
Juara 2 |
25 |
Lomba Menulis Biografi Puskomda Soloraya 2016 |
Lokal Surakarta |
Juara 1 |
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
Intensive Reading | 2 |
PENDIDIKAN PANCASILA | 2 |
Sentence Building | 2 |
Sentence Structure 1 | 2 |
PronuncPractice | 2 |
Survival Speaking 1 | 2 |
Bahasa Indonesia | 2 |
Pendidikan Agama | 2 |
Ilmu Pendidikan | 3 |
Sound Identification And Discrimination | 2 |
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
Profesi Kependidikan (Magang I) | 3 |
INTRO. TO LINGUISTICS | 2 |
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK | 2 |
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN | 2 |
Sentence Structure 2 | 2 |
Survival Speaking 2 | 2 |
Intensive Reading 2 | 2 |
Paragraph Development | 2 |
Intensive Listening 1 | 2 |
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
SPEAKING III | 2 |
STRUCTURE III | 2 |
METHODS OF TEACHING | 2 |
ENGLISH PHONOLOGY | 2 |
LISTENING III | 2 |
INTRODUCTION TO LITERATURE | 2 |
ENGLISH MORPHOLOGY | 2 |
INTRO TO ELT RESEARCH | 2 |
WRITING III | 2 |
READING III | 2 |
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
READING IV | 2 |
LISTENING IV | 2 |
PROSE | 2 |
SPEAKING IV | 2 |
STRUCTURE IV | 2 |
WRITING IV | 2 |
ENGLISH SYNTAX | 2 |
LANGUAGE RESEARCH | 2 |
QUALITATIVE RESEARCH | 2 |
TEACHING ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE I | 2 |
QUANTITATIVE RESEARCH | 2 |
Language Research | 2 |
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
SEMANTIC & PRAGMATIC | 2 |
WRITING IV | 2 |
EXTENSIVE READING I | 2 |
SPEAKING V | 2 |
Listening 5 | 2 |
LANGUAGE TEACHING EVALUATION I | 2 |
ELT CURRICULUM | 2 |
ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES | 2 |
STRUCTURE V | 2 |
ELT Material Development | 2 |
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN | 2 |
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
MICROTEACHING | 1 |
BUSINESS ENGLISH CONVERSATION | 2 |
BUSINESS ENGLISH WRITING | 2 |
FUNCTIONAL GRAMMAR | 2 |
ENGLISH LANGUAGE TEACHING FOR CHILDREN | 2 |
LANGUAGE TEACHING MANAGEMENT | 2 |
DISCOURSE ANALYSIS | 2 |
Literature In EFL | 2 |
Cross Cultural Understanding | 2 |
PENDIDIKAN INKLUSI | 2 |
Language Teaching Evaluation 2 | 2 |
Literary Appreciation | 2 |
Classroom Action Research | 2 |
Nama Mata Kuliah | SKS |
---|---|
KULIAH KERJA NYATA | 2 |
PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN | 4 |
KEWIRAUSAHAAN | 2 |
KULIAH KERJA NYATA | 3 |
SKRIPSI | 6 |
SEMINAR ON LANG. TEACHING | 2 |
SEMINAR ON LINGUISTIC | 2 |
ERROR ANALYSIS | 2 |