Profil Program Studi Kajian Budaya


Pencarian khusus

Nama program studi : Kajian Budaya

Ketua program studi : Prof. Dr. Wakit Abdullah,M.Hum

Website program studi : http://www.spmb.uns.ac.id

Email program studi : wakit.a.rais_1460@staff.uns.ac.id

Daya Tampung : 0

Budaya adalah salah satu aspek yang dewasa ini dipandang penting dalam pembangunan bangsa. Menjawab tantangan tersebut, maka didirikanlah program studi KAJIAN BUDAYA.  Program Studi Magister Kajian Budaya adalah salah satu program studi di Pascasarjana, UNS. Program studi ini berdiri tahun 2007 dengan ijin operasional DIKTI dan terakreditasi A oleh BANPT. Program studi ini diminati mahasiswa dari dalam dan luar negeri. Kurikulum prodi dirancang dapat diselesaikan dalam waktu 1,5 tahun. Program studi ini berada di kota Solo yang merupakan jantung budaya Jawa sehingga sangat sesuai untuk mendapatkan pengalaman budaya yang bernilai.

Berbagai beasiswa dapat ditawarkan untuk program studi ini.

Visi Program Studi S2 Kajian Budaya Pascasarjana Universitas Sebelas Maret adalah menjadi lembaga pengembangan IPTEKS yang bereputasi di tingkat Internasional, khususnya mengembangkan wawasan interdisipliner bagi kajian seni budaya melalui ilmu pengetahuan, teoridan penelitian

 

  1. Menyelenggarakan pendidikan dibidang kajian budaya yang bermutu dan berinovasi;
  2. Menyelenggarakan penelitian dibidang kajian budaya yang menghasilkan inovasidalam pengembanga ilmu, teknologi, dan seni;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat terutama sebagai tindak-lanjut penerapan hasil penelitian kajian budaya;
  4. Menyelenggarakan Tri Darma Perguruan Tinggi (PT) untuk memenuhi kebutuhan SDM tertentu;
  5. Menggali nilai-nilai dan potensi budaya lokal untuk memaksimalkan peran dan aktualitasnya agar bermanfaat bagi kehidupan masyarakat;
  6. Menyiapkan SDM yang dapat bersaing dalam percaturan regional, nasional dan global;
  7. Melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia dan penerapan teori-teori kritis kajian budaya dalam bentuk implementasi praktis.

Ruang kuliah ber-AC, LCD, laboratorium seni dan budaya yang digunakan dengan sharing. Perpustakaan, Perbankan, transportasi, dan pusat-pusat aktivitas budaya yang dapat diakses di kota Solo dan sekitarnya.

Sarana Penunjang Lain:

UNS juga memiliki sarana dan prasarana lain untuk mendukung proses PBM. Fasilitas yang ada di Program Pascasarjana UNS dan UNS adalah sebagai berikut.

Parkir sepeda mtor dan Mobil, Hot Spot Area, kantin, ruang seminar, ruang mahasiswa dengan daya tampung 25 mahasiswa, kantin, toko koperasi karyawan, Lapangan Sepak Bola, Layanan Kesehatan (Medical Center), Bengkel Mobil, Musholla, Medical Center, Bank BNI dan ATM, Bank BTN dan ATM, toko koperasi mahasiswa, asrama mahasiswa. 

Pengajar Program Sudi Kajian Budaya terdiri dari profesor, doktor lulusan dalam dan luar negeri yang bidang ilmunya terkait dengan Kajian Budaya . Para pengajar adalah dosen-dosen yang memiliki reputasi dan karya baik secara nasional maupun internasional

Nama Keahlian Lihat Detail
Prof. Dr. ISMI DWI ASTUTI NURHAENI, M.Si Adm. Negara Lihat Detail
Dr. Supana, , M.Hum. Filologi dan Penerjemahan Lihat Detail
Prof.Dr. Bani Sudardi, , M.Hum. Filologi /Ilmu Budaya Lihat Detail
Dr. Dwi Purnanto, , M.Hum. Linguistik Lihat Detail
Dr. Dwi Susanto, , S.S., M.Hum. Ilmu Sastra/Sastra Indonesia Lihat Detail
Dr. Susanto, , M.Hum. Sejarah Indonesia Lihat Detail
Prof. Dr. MAHENDRA WIJAYA, , M.S. SOSIOLOGI EKONOMI Lihat Detail
Prof. Drs. Mugijatna, M.Si., Ph.D Sastra dan Kajian Budaya Lihat Detail
Prof. Dr. SLAMET SUBIYANTORO, , M.Si. Antropologi Seni Lihat Detail
Dra. Sri Kusumo Habsari, M.Hum.,Ph.D Gender dan Kajian Budaya Lihat Detail
Dr. TITIS SRIMUDA PITANA, S.T,M.Trop.Arch Kajian Budaya Lihat Detail
Prof. Dr. Warto, , M.Hum. Sejarah Lihat Detail
Prof.Dr. ANDRIK PURWASITO, DEA Komunikasi dan Diplomasi Budaya Lihat Detail
Prof. Dr. HEDDY SHRI AHIMSA P, , M.A Lihat Detail
Dr. Istadiyantha, , M.S Kajian Timur Tengah Lihat Detail
Prof. Dr. H. Wakit , , M.Hum. Dilektologi/Etnolinguistik Lihat Detail
Dr. Eva Farhah, S.S., M.A., Ph.D. SASTRA ARAB Lihat Detail
Dr. DENY TRI ARDIANTO, S.Sn., MA. Audio Visual Lihat Detail
Dr. Suryo Ediyono, , M.Hum. FILSAFAT ILMU Lihat Detail
Dr. Prasetyo Adi Wisnu Wibowo, , S.S., M.Hum. Sastra dan Bhasa Lihat Detail

Minat Penelitian Dosen

# Keminatan Riset Nama Dosen

Di bawah naungan Universitas Sebelas Maret, Program Studi Kajian Budaya telah melakukan berbagai kerja sama dengan  lembaga di dalam maupun di luar negeri seperti DIKBUD Jateng, Litbang Depag,Balai Bahasa Semarang, Guangdong University (China), Universitas Kebangsaan Malaysia, Universitas Utara Malaysia, Universitas Yokohama Jepang dan lain-lain.

Posisi dan kualifikasi lulusan Program Studi S2 Kajian Budaya diproyeksikan terutama sebagai tenaga pendidik (dosen), tenaga ahli kebudayaan, staff kepariwisataan, staf ahli pemerintahan pusat/ daerah, staf kedutaan, politisi, praktisi politik(dalam partai politik atau organisasi kemasyarakatan), pekerja sosial/pekerja organisasi nirlaba, analis budaya, jurnalis, negosiator, governance relation officer, PNS pusat/daerah, pekerja lembaga non-pemerintah internasional, peneliti di lembaga-lembaga riset dan/atau survey seperti Pusat Bahasa, LIPI, Bapeda, dan sebagainya.

a.Mampu melakukan penelitian dengan menerapkan jajaran-jajaran metodologis yang kritis terhadap berbagai fenomema sosial dan budaya di masyarakat.

b. Peka terhadap berbagai masalah sosial dan budaya yang terjadi di masyarakat dan mampu melihat secara kritis dan menganalisa serta menawarkan alternatif pemecahan terhadap permasalahan sosial dan budaya.

c.Mampu memberikan ide-ide pemberdayaan terhadap masyarakat berdasarkan pengamatan mendalam terhadap berbagai masalah sosial budaya.

1. Menghasilkan lulusan magister  yang mampu berpikir, berkarya, bersikap, memimpin secara innovatif dan peka terhadap berbagai perubahan sosial dan budaya yang dapat mengimplementasikan dalam menetukan kebijakan pembangunan nasional di bidang budaya.

2. Menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis masalah sosial budaya dengan konsep-konsep dan metode ilmiah dan memberikan solusi pemecahan dari sudut pandang kebudayaan. Kompetensi ini bisa dijabarkan dalam mata kuliah Teori Kebudayaan, Sosiologi Budaya, Semiotik dan Metode Penelitian Kajian Budaya

Mahasiswa Magister Kajian Budaya menunjukan prestasi yang baik dalam kerja diwarnai pengetahuan budaya yang memadai. Beberapa mahasiswa berprestasi dibidang seni budaya seperti peneliti, pengajar, dalang, penari, atau pekerja seni.

Nama Mata Kuliah SKS
KAJIAN SENI 3
METODOLOGI PENELITIAN BUDAYA 4
TEORI ANTROPOLOGI 3
SOSIOLOGI BUDAYA 3
TEORI KEBUDAYAAN 3
TEORI PARIWISATA 3
Nama Mata Kuliah SKS
KAJIAN PARIWISATA 3
BAHASA INDONESIA 2
KAJIAN SASTRA 3
KAJIAN SENI RUPA INDONESIA 3
BUDAYA POPULER 3
SEMIOTIKA 3
KAJIAN GENDER 3
KAJIAN PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA 3
Nama Mata Kuliah SKS
TESIS 8
Tesis I (Proposal Tesis) 2

Naomi Kawasaki dari Jepang sedang penelitian batik di Lasem, Rembang, Jateng.

Mahasiswa Kajian Budaya bersiap melakukan observasi budaya

Kaprodi melakukan observasi di Candi Dieng

Penelitian industri Keramik di Bajarnegara