Program Studi Magister Linguistik didirikan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor 414/DIKTI/KEP/1997 Tanggal 22 Oktober 1997 Tentang Ijin Penyelenggaraan Program Pascasarjana di Lingkungan UNS dan telah mendapat Sertifikat dan Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 057 tertanggal 11 Desember 2001 dengan nilai terakreditasi “U (Unggul)” dan berlaku selama 5 tahun. Sampai saat ini, pengelolaan Program Studi Linguistik berada di bawah Program Pascasarjana UNS dengan payung keilmuan di bawah Fakultas Sastra dan Seni Rupa sebagai cerminan jatidiri yang kuat mengenai konsentrasi disiplin ilmu yang digeluti dan kejelasan lokasi serta keberadaan pengelolanya.

Selamat datang di website Program Studi S2 Linguistik Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. S2 Linguistik merupakan salah satu program studi pada Pascasarjana UNS yang telah berdiri sejak tahun 1998. Segala informasi mengenai profil, layanan akdemik, sejarah, dan program yang ditawarkan serta aktivitas lainnya dapat ditelusuri pada website ini. Website ini dikembangkan guna memenuhi kebutuhan internal kampus dan kebutuhan masyarakat akan informasi mengenai pendidikan magister linguistik.

Kami mengundang Anda meluangkan waktu mengetahui dan mempelajari lebih lanjut tentang S2 Linguistik UNS.  Dengan senang hati kami menerima komentar dan saran dalam rangka perbaikan secara berkesinambungan dalam pengembangan riset dan pengetahuan di Indonesia.

Atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terimkasih

Visi

Mewujudkan Program Studi Magister Linguistik (S2) Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta sebagai Menjadi pusat pendidikan dan pengkajian serta penelitian yang handal dan bereputasi unggul dalam pengembangan ilmu kebahasaan dan penerjemahan di tingkat internasional pada tahun 2030”

1. Menyelenggarakan pendidikan jenjang pascasarjana dalam bidang ilmu Linguistik (S2) yang bereputasi tingkat regional kawasan Asia Tenggara pada        tahun 2020, Asia Pasifik pada tahun 2025, dan dunia pada tahun 2030 yang mendukung pembangunan nasional dengan mengedepankan suasana  akademik yang sehat, kebebasan akademik, dan kebebasan mimbar akademik; dan dengan memanfaatkan teknologi dan informasi yang mutakhir; serta memperhatikan perkembangan budaya masyarakat

2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan ilmu kebahasaan (linguistik) dan penerjemahan untuk menjawab permasalahan yang bertaraf nasional, regional, dan internasional.

3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penerapan dan penyebarluasan ilmu kebahasaan (linguistik) dan penerjemahan.

Informasi Umum

Kepala Program Studi

Prof. Drs. M.R. Nababan, M. Ed, M. A, Ph. D